10 Camilan Sehat Malam Hari Yang Terbukti Tidak Bikin Gemuk
(Ilustrasi Camilan Sehat Malam Hari, Sumber Foto: stockphoto.com)

10 Camilan Sehat Malam Hari Yang Terbukti Tidak Bikin Gemuk

Diposting pada

Kesehatan – Memilih camilan yang sehat untuk dikonsumsi pada malam hari merupakan hal yang sangat penting bagi mereka yang peduli terhadap kesehatan. Hal ini karena banyak orang percaya bahwa mengkonsumsi makanan kecil pada malam hari memiliki dampak negatif terhadap tubuh terutama berat badan yang akan terus naik.

Malam hari memang waktunya untuk beristirahat, bukanlah waktu untuk makan besar. Tapi terkadang kita merasa lapar dan memutuskan untuk ngemil.

Sebuah kondisi yang sedikit membuat frustasi memang, di satu sisi kita lapar tapi di satu sisi kita ingin tetap memiliki tubuh yang ideal.

Kondisi ini umumnya dialami oleh wanita. Akan tetapi tidak sedikit pula para lelaki pun yang perhatian terhadap hal ini.

Jika Anda termasuk orang yang suka ngemil tetapi ingin tetap menjaga bentuk tubuh, maka artikel ini merupakan artikel yang pas untuk Anda baca.

Saya ingin bertanya sesuatu.

Apakah Anda suka dengan kue-kue? Bagaimana dengan keripik atau es krim?

Semua makanan tersebut memang enak tetapi sayangnya mereka memiliki kandungan kalori, lemak dan gula yang tinggi yang tentu saja tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Lalu apakah Anda sering merasa bersalah setelah mengkonsumsi makanan ringan tersebut?

Jika jawabannya iya, maka mulai dari sekarang Anda harus mencari alternatif makanan kecil lainnya yang lebih sehat dan tidak membuat Anda merasa bersalah setelah mengkonsumsinya.

Ngemil memang bukanlah sebuah kesalahan besar dan Anda tidak seharusnya merasa bersalah.

Namun, jika sudah berkaitan dengan masalah kesehatan tubuh dan berat badan, maka makanan tersebut bisa berbahaya untuk Anda.

2 Kesalahan Besar Dalam Mengkonsumsi Makanan Kecil

Sebelum berbicara mengenai camilan sehat malam hari lebih jauh, Anda harus tahu bahwa sebenarnya ada dua kesalahan dalam mengkonsumsi makanan kecil.

Keselahan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Memilih Makanan Kecil Yang Tinggi Lemak dan Gula

Memilih makanan kecil yang tinggi akan lemak dan gula merupakan kesalahan pertama yang orang lakukan.

Orang hanya peduli dengan tampilan dan rasa tanpa perduli dengan kandungan yang dimiliki makanan tersebut.

Makanan yang tinggi lemak dan gula memiliki jumlah kalori yang cukup besar dalam porsi kecil sekalipun. Sehingga mereka tidak akan memberikan rasa kenyang dalam waktu yang cukup lama.

Salah satu contoh makanan kecil yang mengandung lemak dan gula tinggi adalah keripik dan permen.

Jadi, walaupun Anda mengkonsumsi 2 bungkus keripik atau satu bungkus permen, tentu Anda akan cepat merasa lapar kembali karena dalam setiap bungkus tersebut memiliki kurang lebih 320 kalori.

2. Memilih Makanan Kecil Yang Tinggi Karbohidrat

Terkadang kita memilih snack yang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi dengan tujuan agar membuat kita merasa kenyang lebih lama.

Akan tetapi, kita memilih makanan kecil yang salah seperti buah apel dan pear.

Mungkin kita berpikir bahwa kedua makanan tersebut bisa mengenyangkan perut kita lebih lama. Tapi sebaliknya, kedua makanan tersebut memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi dan juga tidak bisa mengenyangkan perut.

Hal ini karena buah apel dicerna lebih cepat di sistem pencernaan kita sehingga Anda akan merasa lapar kembali setelah waktu yang tidak terlalu lama.

Berbeda jika kita menyeimbangkannya dengan beberapa makanan yang berprotein dan berlemak. Itu akan membuat Anda kenyang lebih lama.

Nah jika Anda memperhatikan makanan kecil dan berat badan, sangat penting untuk memilih snack yang kaya akan serat dan nutrisi seperti biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan dan sayur-sayuran.

Anda juga bisa menambahkan beberapa makanan bernutrisi seperti susu dan daging yang rendah lemak.

Jadi, hindarilah kedua kesalahan tersebut jika Anda ingin menjaga kesehatan tubuh.

10 Camilan Sehat Malam Hari Yang Terbukti Tidak Bikin Gemuk

10 Camilan Sehat Malam Hari Yang Terbukti Tidak Bikin Gemuk
(Ilustrasi Camilan Sehat Malam Hari, Sumber Foto: stockphoto.com)

Selanjutnya, saya akan membahas 10 makanan kecil yang bisa dikonsumsi pada malam hari yang terbukti tidak membuat tubuh kita gemuk.

1. Makanan Kecil Yang Tinggi Serat

Pilihlah makanan kecil yang kaya akan serat untuk ngemil di malam hari.

Makanan yang memiliki serat larut yang tinggi akan membuat Anda kenyang lebih lama. Hal ini karena waktu yang dibutuhkan untuk mencerna serat tersebut relatif lebih lama sehingga akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Ada berbagai macam makanan yang memiliki serat larut yang tinggi yang bisa menjadi pilihan Anda untuk ngemil di malam hari.

Salah satunya adalah kacang polong dan kacang tanah seperti edamame, gandum atau bubur gandum yang bisa dikombinasikan dengan susu rendah lemah ataupun serbuk kayu manis sebagai penambah rasa.

Selain itu, kita bisa mulai untuk memilih snacks malam hari yang sehat dengan mengkombinasikan beberapa buah-buahan dan sayur-sayuran seperti jeruk, mangga, buah plum, kiwi, ubi, lobak, kol, kacang hijau, dan asparagus.

Semua buah-buahan dan sayuran tersebut merupakan makanan yang kaya akan serat larut sehingga akan membuat Anda kenyang lebih lama namun tetap membuat tubuh Anda ideal.

2. Makanan Kecil Sehat Yang Anti Lemak

Saya yakin Anda pasti tidak mau kan kebiasaan ngemil di malam hari membuat berat badan Anda naik?

Jadi, pilihlah makanan-makanan yang tidak memiliki lemak atau setidaknya memiliki kandungan yang rendah lemak.

Banyak sekali makanan kecil yang sehat yang tidak memiliki dampak negatif terhadap tubuh kita, misalnya berat badan naik, walaupun kita mengkonsumsinya dalam porsi yang besar.

Ingatlah bahwa kita harus mencari makanan yang tidak hanya masuk ke dalam mulut kita tetapi juga kita ingin membuat perut kita merasa kenyang lebih lama dan tidak lapar lagi setelah selesai mengkonsumsinya.

Berdasarkan jurnal Nutrisi Internasional Amerika tentang Glikemik Indeks dan nilai kandung Glikemik, ada beberapa makanan yang memiliki kandungan glikemik indeks yang normal serta kalori yang tidak memiliki dampak negatif terhadap berat badan.

Beberapa makanan tersebut diantaranya adalah daging burung unggas, ikan air tawar, buah alpukat serta salad sayur-sayuran.

Jika Anda mengkonsumsi makanan tersebut, dalam jumlah atau porsi besar, tidak akan membuat Anda gemuk.

Ini merupakan alternatif terbaik bagi Anda yang ingin ngemil di malam hari tanpa khawatir berat badan bertambah.

3. Kacang Tanah

Makanan kecil sehat yang bisa dikonsumsi pada malam hari selanjutnya adalah kacang tanah.

Satu ons kacang tanah memiliki sekitar 170 kalori, 7 gram karbohidrat, 6 gram protein dan 15 gram lemak.

Kandungan lemak yang ada pada kacang tanah ini akan lebih lama untuk dicerna sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama.

Salah satu contoh kacang tanah terbaik untuk dijadikan camilan adalah hazelnut dan almon. Kedua jenis kacang tanah tersebut memiliki lemak jenuh yang rendah dan tinggi akan lemak tak jenuh.

Tubuh kita membutuhkan lemak tak jenuh tetapi lemak jenis ini tidak membuat berat badan Anda naik secara berlebihan.

Sementara itu, kacang kenari hijau adalah salah satu contoh makanan lainnya yang tinggi akan serat larut. Kenari hijau memiliki sekitar 3 gram serat per satu ons nya.

Selain itu, kacang kenari mengandung asam lemak tak jenus omega-3 terbaik. Sehingga cocok sekali dijadikan camilan untuk malam hari.

4. Yogurt

Yogurt juga merupakan camilan sehat lainnya yang bisa Anda konsumsi pada malam hari tanpa khawatir ada dampak negatif terhadap tubuh kita.

Sebuah cangkir besar atau setara 7 ons yogurt mengandung 14 gram karbohidrat kompleks.

Anda juga bisa menambahkan beberapa buah segar atau mengkombinasikannya dengan beberapa makanan sehat lainnya sehingga membuatnya menjadi makanan sehat kesukaan Anda.

5. Buah-buahan Segar

Buah-buahan segar merupakan pilihan tepat sebagai makanan kecil untuk Anda konsumsi di malam hari.

Beberapa buah-buahan segar yang banyak direkomendasikan oleh para ahli adalah strawberry, jeruk, kiwi, plum, anggur atau bahkan irisan buah melon.

Kandungannya lah yang membuat para ahli merekomendasikannya. Buah-buahan tersebut memiliki kandungan serat yang cukup tinggi.

Tapi berhati-hatilah dalam memilih buah-buahan karena sekarang beredar buah-buahan berformalin. Anda harus lebih jeli dalam memilih buah-buahan segar tersebut.

6. Biji-bijian Yang Bisa Menurunkan Kolesterol

Penelitian terakhir menunjukan bahwa orang-orang yang selalu mengkonsumsi biji-bijian setiap harinya memiliki kadar gula dan kolesterol yang rendah.

Jenis makanan ini memang sangat luar biasa. Mereka bisa meningkatkan produksi insulin dengan sangat efektif sehingga bisa menyeimbangkan kadar gula dalam darah.

Lebih jauh lagi para ahli yakin bahwa sirkulasi insulin yang rendah bisa membantu mencegah berat badan berlebih.

Jadi beristirahatlah Anda pada malam hari sambil menikmati beberapa biji-bijian seperti biji bunga matahati (Kuaci), biji wijen dan biji rami.

7. Sayur-sayuran Segar

Semua jenis sayur-sayuran memang luar biasa bermanfaat bagi tubuh kita.

Dan salah satu cara mengolah sayuran ini menjadi camilan sehat pada malam hari adalah dengan membuat salad sayuran.

Jika Anda memiliki beberapa sayuran di dalam lemari es yang bisa dibuat salad, kenapa tidak Anda keluarkan kemudian potong-potong dan tambahkan perasa seperti susu rendah lemak, keju rendah lemak atau mustard.

Ataupun jika Anda suka dengan masakan yang ditumis, Anda bisa membuat masakan tumisan dari sayur-sayuran yang ada kemudian mengkombinasikannya dengan sedikit daging ayam atau daging sapi.

Intinya sayur-sayuran segar selalu bisa menjadi camilan sehat pada malam hari dan mereka benar-benar sehat dan baik untuk tubuh.

8. Trail Mix

Apa itu trail mix?

Trail mix adalah sejenis makanan yang terbuat dari campuran beberapa buah-buahan yang dikeringkan.

Trail mix ini memiliki serat, karbohidrat, serta kalori dalam jumlah yang cukup.

Anda bisa menambahkan nya dengan keripik pisang ataupun buah nangka kering yang bisa Anda beli di supermarket.

Makanan ini pun cocok untuk Anda konsumsi pada malam hari karena pada dasarnya terbuat dari buah-buahan namun dikeringkan saja.

9. Infus Water

Setelah mengkonsumsi makan kecil, butuh waktu sekitar 20 menit untuk otak mendapatkan pesan bahwa perut Anda sudah kenyang.

Jadi berilah waktu sebentar untuk mendapatkan pesan kenyang tersebut sebelum Anda melanjutkan ngemil.

Sehingga, sangat disarankan untuk ngemil secara perlahan.

Dan ketika ngemil secara perlahan tersebut tidak ada salahnya Anda meminum “infus water” yang sehat dan segar.

Anda bisa membuat “infus water” tersebut dengan buah-buahan kesukaan Anda.

10. Cokelat Hitam

Cokelat hitam adalah alternatif terakhir bagi Anda yang ingin ngemil di malam hari namun tetap sehat.

Kenapa haru cokelat hitam?

Karena cokelat hitam memiliki kadar gula yang rendah sehingga cocok bagi Anda yang tidak ingin khawatir dengan kelebihan berat badan.

Selain itu, cokelat hitam memiliki kandungan anti-oksidan yang cukup tinggi yang bagus untuk kesehatan kulit tubuh Anda.

Kandungan cokelat lainnya yaitu polyphenol bisa menurunkan tekanan darah dan bisa membuat Anda tenang atau rileks setelah mengkonsumsinya.

Cobalah untuk mengkonsumsi sepotong cokelat hitam pada malam hari, maka Anda akan merasakan kualitas tidur Anda menjadi lebih baik.

Kesimpulan

Memilih camilan sehat malam hari merupakan hal yang penting bagi Anda yang ingin kenyang tetapi tidak khawatir dengan kelebihan berat badan dan beberapa masalah kesehatan lainnya.

Namun bagaimanapun, saya tidak merekomendasikan untuk Anda menjadikan snacks sebagai makanan utama Anda karena hanya akan memberikan asupan kalori sekitar 150 sampai 200 kalori untuk tubuh.

Makanan-makanan kecil yang saya tulis diatas merupakan makan pilihan bagi Anda yang sering merasa lapar di malam hari. Makanan tersebut akan membuat Anda kenyang lebih lama dan tetap sehat.

Pastikan Anda menyimpan makanan kecil tersebut di dalam lemari es jika sewaktu-waktu Anda merasa lapar pada malam hari.

Selain itu kombinasikanlah untuk menambah variasi makanan sehingga Anda tidak bosan.

Jadi, itulah 10 camilan sehat malam hari yang bisa membuat Anda kenyang dan telah terbukti tidak akan membuat Anda gemuk. Ke-10 makanan kecil tersebut saya rangkum dari berbagai sumber yang ada.

Jika Anda suka dengan artikel ini, jangan lupa untuk like dan share artikel nya ya.

(Visited 9 times, 1 visits today)
Gambar Gravatar
Hai.. Saya Dindin Hendra. Saya adalah seorang Suami, Ayah, Guru Bahasa Inggris dan juga Blogger. Semoga semua informasi yang saya tulis bisa bermanfaat untuk Anda. Selamat Membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.