10 Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi Secara Alami
(Buah Kiwi, Sumber Foto: pixabay*com)

10 Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

Diposting pada

Kesehatan – Daftar makanan penurun tekanan darah tinggi secara alami ini bisa menjadi pegangan untuk Anda penderita hipertensi dalam memilih makanan yang tepat dan menyehatkan, sehingga bisa membantu Anda dalam menurunkan tekanan darah tinggi secara efektif.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi sekarang banyak dialami oleh berbagai kalangan masyarakat dengan berbagai usia.

Tidak jarang kita menemukan penderita tekanan darah tinggi dari usia yang masih dikatakan relatif muda.

Sangat miris sekali memang, usia produktif tetapi sudah memiliki sebuah penyakit yang bisa dikatakan serius.

Kenapa tidak, karena hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan penyakit atau awal dari berbagai penyakit lainnya seperti serangan jantung dan stroke.

Kedua penyakit tersebut merupakan penyakit yang mematikan didunia.

Hal ini karena serangan jantung dan stroke memiliki kontribusi yang besar terhadap penyebab kematian di dunia.

Di tahun 2012 akhir saja, di Indonesia, sebuah lembaga mencatat bahwa ada sekitar 500.000 kasus penderita stroke dengan angka kematian yang disebabkan olehnya sekitar 12.500 orang.

Sebuah Angka yang cukup tinggi bukan?

Dengan melihat data tersebut, sudah menjadi keharusan bagi seseorang yang menderita hipertensi untuk mencari cara menurunkan tekanan darah tinggi secara alami.

Mereka harus cepat tanggap terhadap penyakit yang diderita jika ingin terbebas dari berbagai gangguan kesehatan lainnya.

Tentu Anda tidak ingin menjalani hidup ini dengan berbagai gangguan kesehatan serius bukan?

Apalagi jika hipertensi terjadi pada seorang ibu hamil, itu bisa membahayakan dua nyawa sekaligus yaitu sang ibu hamil dan juga janin yang dikandung.

Maka mencari cara menurunkan tekanan darah tinggi secara alami selama kehamilan juga merupakan hal yang tidak kalah pentingnya.

Cara alami memang lebih baik daripada dengan menggunakan obat-obatan.

Semua hal yang alami tidak akan memberikan efek samping yang berarti terhadap kesehatan tubuh. Berbeda dengan obat-obatan dimana biasanya dalam jangka waktu yang panjang akan memberikan dampak buruk terhadap kesehatan.

Tahukah Anda bahwa hipternsi atau tekanan darah tinggi ini bisa terjadi karena faktor dari dalam dan faktor dari luar.

Faktor dari dalam bisa berasal dari gen, sedangkan faktor dari luar bisa berasal dari gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat.

Dan makanan memiliki peran atau kontribusi yang besar terhadap penyebab tekanan darah tinggi di masyarakat.

Sekarang, mungkin untuk menemukan makanan yang sehat itu cukup sulit karena hampir semua makanan dimasak atau diolah menggunakan berbagai bumbu atau bahan kimia yang memiliki dampak negatif terhadap kondisi tubuh.

Kandungan garam atau sodium pada makanan merupakan hal yang bisa memicu penyebab terjadinya tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Jadi, jika Anda ingin terhindar dari penyakit ini, Anda harus mengurangi atau bahkan menghilangkan makanan yang memiliki kandungan garam atau sodium yang tinggi.

Penelitian sekarang mengatakan bahwa sangat penting untuk memilih makanan secara alami yang memiliki kandungan sodium rendah tetapi kaya akan setidaknya 2 dari 3 kandungan mineral yaitu kalsium, magnesium dan potasium.

10 Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

10 Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi Secara Alami
(Buah Kiwi, Sumber Foto: pixabay*com)

Makanan yang berada pada daftar ini merupakan makanan yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi secara alami. Hal ini karena kandungan mineral yang dikandungnya cukup tinggi.

Oleh karena itu, menambah semua atau beberapa makanan penurun tekanan darah tinggi secara alami ini pada menu makanan Anda setiap hari bisa mengurangi resiko sebesar 50% terkena penyakit serius seperti serang jantung dan stroke.

1. Buncis

Buncis merupakan makanan yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi secara alami. Hal ini karena buncis menyediakan kandungan mineral yang dibutuhkan tubuh.

Buncis memiliki kandungan 13% kalsium, 30% magnesium dan juga 24% potasium yang merupakan kandungan minimal yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Sehingga buncis sangat tepat sekali untuk dikonsumsi oleh penderita hipertensi.

Anda bisa mengolah buncis ini menjadi berbagai macam masakan yang enak seperti sup.

Selain itu, buncis juga ternyata merupakan sumber protein yang bagus dan ini merupakan pilihan yang bagus pula bagi Anda yang hanya mengkonsumsi sayuran (vegetarian).

Namun perhatikan juga bagaimana Anda mengolahnya, pastikan Anda tidak menambahkan garam dimana garam merupakan sumber sodium yang buruk bagi penderita hipertensi.

Jadi, buatlah masakan olahan dari buncis ini yang bebas sodium.

2. Yogurt Bebas Lemak

Yogurt merupakan makanan yang sangat luar biasa karena memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh Anda.

Makanan olahan fermentasi susu ini tidak hanya bagus untuk membantu menurunkan berat badan, namun juga bagus untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Akan tetapi pilihlah yogurt yang bebas lemak.

Ini karena yogurt bebas lemak mampu memberikan 49% kalsium, 12% magnesium, dan 18% potasium yang dibutuhkan oleh tubuh setiap hari.

Anda bisa mengkonsuminya sebagai sarapan ataupun mengolahnya bersama makanan lain seperti mencampurkannya sebagai saus pada salad.

Beberapa produk olahan yogurt dipasaran terkadang memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi.

Namun, untuk mengontrol lemak dan kandungan nutrisinya, Anda bisa membuat yogurt tanpa lemak sendiri dirumah agar bisa lebih efeketif dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

3. Buah Kiwi

Buah kiwi adalah buah yang bisa dikatakan khas dari New Zealand, dinamai sama dengan burung kiwi dari New Zealand karena memiliki penampilan yang sama yaitu berwarna kecoklatan dan berbulu halus.

Buah kiwi memiliki kandungan 2 % kalsium, 7% magnesium dan juga 9% potasium yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Ternyat buah kiwi tidak hanya bagus untuk pertumbuhan otak anak, akan tetapi bagus juga untuk penderita hipertensi.

Selain itu, kiwi memiliki kandungan vitamin c yang cukup tinggi sehingga sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh.

Buah kiwi yang matang bisa Anda simpan di lemari es untuk Anda makan nantinya.

4. Buah Persik

Mungkin akan jarang sekali orang untuk melirik buah yang satu ini karena memang jarang sekali buah persik untuk ditemukan.

Namun dibalik semua itu, buah persik memiliki kandungan yang luar biasa untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Buah persik memiliki 1% kalsium, 3% magnesium dan juga 9 % potasium dari kebutuhan tubuh kita.

Agar lebih menikmatinya, Anda bisa membuat jus atau smothies buah persik.

5. Pisang

Siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini. Pisang merupakan makanan favorit semua orang.

Dan Indonesia memiliki berbagai macam pisang untuk dikonsumsi.

Ternyata, pisang pun sangat bagus dikonsumsi oleh para penderita hipertensi. Tidak hanya itu, pisang bisa membantu menurunkan hormon stress di dalam tubuh.

Jadi, mengkonsumsi pisang bisa membuat Anda lebih tenang. Hal ini karena pisang mampu memberikan sekitar 1% kalsium, 8% magnesium dan juga 12% potasium yang diperlukan oleh tubuh.

Kabar baiknya, pisang bisa dikonsumsi dengan berbagai variasi menu seperti jus atau smoothies.

6. Sayuran Hijau

Sayuran hijau yang saya maksud disini adalah sayuran hijau seperti kangkung atau bayam.

Kedua jenis sayuran hijau tersebut dipercaya mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi bagi penderita hipertensi.

Sayuran hijau ini memberikan 9% kalsium, 6% magnesium dan juga 9% potasium dari kebutuhan tubuh kita sehari-hari.

Jenis sayuran ini memiliki kandungan kalori yang cukup rendah.

Dan seringkali disebut sebagai “Superfood” karena mengandung dosis antioksidan yang besar dan juga asam alpa-linolenic.

Selain itu, sayuran hijau juga sangat bagus untuk mendinginkan peradangan.

Anda bisa mengkonsumsi sayuran hijau ini dengan berbagai variasi menu masakan.

7. Paprika Merah

Paprika merah adalah makanan selanjutnya yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi Anda. Mungkin Anda tidak menyangka bahwa sayuran yang memiliki rasa yang cukup pedas ini bisa membantu para penderita hipertensi.

Mereka bisa memberikan kebutuhan tubuh akan kalsium sebesar 1%, magnesium 4%, dan juga potasium 5%.

Kabar baiknya jika Anda menyimpan paprika merah didalam lemari es. Paprika merah bisa bertahan sampai 10 hari. Sehingga Anda tidak akan khawatir sayuran ini membusuk.

Anda bisa menambahkan paprika merah ini ke dalam menu masakan Anda dengan catatan masakan tersebut rendah akan kandungan sodium.

8. Brokoli

Brokoli tidak hanya baik dikonsumsi oleh anak-anak untuk masa pertumbuhannya, tetapi juga baik untuk dikonsumsi para penderita hipertensi.

Brokoli memberikan kandungan kalsium sebesar 6%, magnesium sebesar 8%, dan juga potasium sebesar 14% untuk kebutuhan tubuh sehari-hari.

Selain itu, brokoli juga memiliki kandungan yang sangat baik untuk melawan sel kanker yaitu kandungan phytonutrients yang disebut glucosinolates.

Untuk menikmatinya, Anda bisa mencampurkannya sebagai bahan masakan untuk membuat menu masakan favorit keluarga.

9. Ubi Manis

Ubi manis memang semanis khasiatnya. Makanan ini ternyata bisa membantu untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Kandungan kalsiumnya sekitar 4%, magnesium sebesar 8% dan potasium sebesar 15% yang diberikan untuk kebutuhan tubuh kita sehari-hari.

Biasanya ubi manis dikonsumsi sebagai camilan atau makanan penutup. Dan Indonesia, memiliki cara yang unik untuk mengkonsumsi ubi mansi ini.

Anda bisa memanggangnya, sebagai bahan bumbu makanan tradisional dan juga dibuat smoothies.

10. Alpukat

Untuk alpukat, biasanya banyak disajikan di restoran-restoran sebagai menu minuman yaitu jus alpukat.

Namun, siapa sangka ternyata alpukat memiliki kandungan yang bisa membantu penderita hipertensi untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Alpukat ini memberikan kandungan 1.5% kalsium, 15% magnesium, dan 4.5% of potassium untuk kebutuhan tubuh.

Selain itu, alpukat bisa kita buat sebagai rujak alpukat yang sederhana, yaitu hanya dengan menambahkan gula merah.

Kesimpulan

Hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa disebabkan oleh beberapa faktor yaitu faktor dalam dan faktor luar.

Faktor dalam bisa disebabkan karena gen, sedangkan faktor luar bisa disebabkan oleh gaya hidup termasuk pola makan dan makanan itu sendiri.

Makanan yang mengandung terlalu banyak sodium memberikan dampak yang sangat buruk bagi penderita hipertensi.

Namun, sebuah penelitian menunjukan bahwa makanan yang baik untuk penderita hipertensi adalah makanan yang memiliki setidaknya 2 macam dari kandungan kalsium, magnesium dan potasium.

Daftar 10 Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi Secara Alami ini bisa menjadi rujukan Anda dalam memilih makanan yang tepat untuk penderita hipertensi.

Semoga apa yang saya sampaikan pada artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda semua nya.

(Visited 72 times, 1 visits today)
Gambar Gravatar
Hai.. Saya Dindin Hendra. Saya adalah seorang Suami, Ayah, Guru Bahasa Inggris dan juga Blogger. Semoga semua informasi yang saya tulis bisa bermanfaat untuk Anda. Selamat Membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.