4 Bisnis Online Yang Bisa Dilakukan Nyaris Tanpa Modal
(Ilustrasi Bisnis Online Tanpa Modal, Sumber Foto: adobestock.com)

4 Bisnis Online Yang Bisa Dilakukan Nyaris Tanpa Modal

Diposting pada

Mungkin Anda bertanya tentang judul tulisan saya kali ini. Apakah benar-benar ada bisnis online yang bisa kita lakukan nyaris tanpa modal?

Jawabannya tentu saja ada dan memang benar-benar ada. Banyak orang yang telah melakukan dan membuktikannya.

Internet memang luar biasa.

Dalam dunia bisnis, internet telah membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin melakukan bisnis dan menghasilkan uang.

Kini siapa pun bisa dengan mudah memulai bisnis online yang menjanjikan, melakukannya nyaris tanpa keluar uang modal dan bahkan tidak memerlukan pengalaman/keahlian khusus.

Anda bisa tinggal dimanapun, membuat jadwal kerja Anda sendiri, bekerja sesuai dengan keinginan Anda tergantung seberapa cepat dan seberapa besar bisnis tersebut Anda ingin bangun.

Hal ini bisa terjadi karena di internet banyak sekali layanan gratis yang bisa Anda manfaatkan untuk menghasilkan uang sebanyak mungkin.

Seperti misalnya blogger atau wordpress. Mereka menyediakan layanan gratis bagi Anda untuk membuat blog atau situs dimana itu akan menjadi tempat Anda dalam menghasilkan uang.

Atau contoh lainnya beberapa situs e-commerce seperti Lazada, Tokopedia, Shopee yang memberikan layanan gratis untuk Anda membuat toko online dan Anda bisa menjual produk (yang bahkan tidak Anda siapkan) untuk Anda jual.

Di luar sana ada situs besar Amazon, Clickbank, E-Bay dan lainnya yang memberikan kesempatan kepada Anda untuk mempromosikan produk yang mereka miliki dan Anda akan mendapatkan komisi atas penjualan tersebut.

Ini hanya sebagian contoh kecil saja solusi yang diberikan internet bagi Anda yang ingin mendapatkan uang dengan cara yang relatif mudah.

4 Jenis Bisnis Online Nyaris Tanpa Modal

4 Bisnis Online Yang Bisa Dilakukan Nyaris Tanpa Modal
(Ilustrasi Bisnis Online Tanpa Modal, Sumber Foto: adobestock.com)

Sekarang mari kita lihat saja bisnis online apa saja yang bisa Anda lakukan nyaris tanpa uang dan tanpa modal. Mungkin Anda hanya butuh koneksi internet saja.

Bisnis online itu diantaranya sebagai berikut:

1. Blogging

Jika Anda ahli atau memiliki ketertarikan dalam suatu hal, maka Anda sebaiknya harus mulai menulis di blog dan siap menghasilkan uang.

Ada salah satu platform blogging yang memberikan layanan secara gratis bagi para pelanggannya yang ingin membangun sebuah blog atau situs.

Platform blogging tersebut adalah Blogger.

Anda tidak harus memikirkan hosting maupun domain sehingga Anda hanya akan fokus untuk membangun konten di blog Anda itu.

Konten di blog tidak harus hanya berupa tulisan, Anda bisa membuat foto, video atau apapun itu yang sesuai dengan minat Anda.

Kunci kesuksesan dari blogging ini adalah konsisten dalam membuat konten original yang bermanfaat bagi pengunjung blog Anda. Apapun jenis kontenya mulai dari tutorial, tips dan trik, berita atau informasi, semua bisa membuat Anda sukses.

Lalu bagaimana blog bisa menghasilkan uang?

Blog akan menghasilkan uang dari iklan-iklan yang ada di postingan atau di blog itu sendiri. Anda harus mendatfar pada perusahaan penyedia layanan iklan seperti Google Adsense.

Setelah pendaftaran Anda disetujui maka blog Anda siap menampilkan iklan dan perusahaan akan membayar Anda untuk setiap iklan yang diklik pengunjung atau banyaknya pengunjung yang mengunjungi blog Anda.

Dengan kata lain, Anda bisa mendapatkan penghasilan pasif dari setiap konten yang Anda buat di blog.

Luar biasa bukan?

Anda bisa membangun blog dalam hitungan jam kemudian membuat konten lalu menghasilkan uang.

Namun, ada positif dan negatif dari bisnis online ini. Positif nya membuat blog di Blogger tidak membutuhkan biaya sama sekali dan Anda bisa bekerja sesuai dengan waktu yang Anda inginkan.

Sedangkan negatifnya, untuk menghasilkan uang dari blog memerlukan waktu yang cukup lama. Selain itu, menulis dan mempublikasikan sebuah konten merupakan pekerjaan yang menguras waktu.

2. Dropshipping

Dropshipping adalah sebuah bisnis yang bisa Anda jalankan tanpa harus menyetok barang / produk dan tanpa harus mengepak dan mengirimkan barang sendiri kepada pelanggan.

Sehingga Anda tidak akan khawatir rumah Anda penuh dengan barang yang mungkin tidak bisa langsung terjual.

Yang harus Anda lakukan untuk menjalankan bisnis ini adalah mencari produk yang ingin Anda jual dari perusahaan yang membuka layanan dropshipping atau disebut dengan dropshipper.

Selanjutnya Anda tinggal fokus untuk mengiklankan / mempromosikan produk tersebut.

Ketika seorang pelanggan membeli produk Anda, maka Anda harus menghubungi perusahaan tersebut untuk membeli produknya kemudian meminta mereka mengirimkan produk kepada pelanggan.

Anda akan mendapatkan keuntungan dari selisih harga beli barang dari perusahaan dan harga jual yang Anda tentukan kepada pelanggan.

Lebih enak lagi kita bisa menentukan harga sendiri sesuai keinginan berapa keuntungan yang ingin Anda dapatkan.

Asik, bukan?

Untuk media promosi, Anda bisa memanfaatkan gadget atau smartphone yang Anda miliki. Anda bisa mempromosikan produknya di status WA, Facebook bahkan Instagram.

Akan tetapi, jika Anda memiliki kemampuan dan waktu luang, Anda bisa membuat toko online sendiri. Anda bisa menjual barang-barang tersebut disana tanpa Anda harus menyetok barangnya terlebih dahulu.

Selain itu, yang lebih asik dari dropshipping adalah ketika dropshipper memiliki layanan white label dropshipping. Ini artinya Anda bisa mengganti branding produk tersebut dengan merek dagang yang kita miliki.

Anda tinggal fokus meningkatkan citra merek dagang Anda kepada pelanggan agar penjualan produk tersebut bisa meningkat.

3. Affiliate Marketing

Bisnis online selanjutnya yang hampir mirip dengan dropshipping adalah bisnis afiliasi atau affiliate marketing.

Ide nya hampir sama dengan dropshipping, Anda tidak harus menyetok barang maupun mengirimkan barang kepada pelanggan.

Yang harus Anda lakukan adalah mempromosikan produk dari perusahaan yang membukan layanan afiliasi. Perusahaan tersebut akan memberikan link produk dengan kode unik milik Anda.

Ketika ada seorang pelanggan yang membeli produk dari link afiliasi yang Anda punya, maka Anda akan mendapatkan komisi atas penjualan produk tersebut.

Besarnya komisi bisa berbeda-beda antara 30% – 50% dari harga jual produk.

Di luar negeri ada perusahan e-commerce besar yang menyediakan layanan ini yaitu Amazon, E-Bay atau bahkan Clikbank.

Di Indonesia sendiri, setahu saya, Lazada memiliki program ini.

Anda bisa mempromosikan produk tersebut melalui media sosial atau bahkan blog. Yang terpenting adalah Anda membuat konten yang sangat menarik.

Konten itu harus bisa menggiring calon pembeli untuk membeli produk tersebut melalui link afiliasi Anda.

Maka dianjurkan untuk Anda belajar menulis atau copywriting.

4. Membuat Video Online (Youtuber)

Bisnis online terakhir yang bisa dilakukan nyaris tanpa modal adalah membuat video online atau menjadi youtuber.

Youtube adalah salah satu website yang paling populer di dunia. Lebih dari satu milyar orang menonton ratusan juta video secara online di Youtube.

Dan saya yakin, Anda adalah salah satu penonton video di Youtube.

Tetapi mulai sekarang mungkin Anda harus mulai berpikir menjadi Video Creator di Youtube dan menghasilkan banyak uang daripada hanya menonton video orang lain.

Anda tinggal membuat akun youtube dan mulai mengupload video. Ketika akun Anda layak untuk menampilkan iklan dengan persyaratan tertentu, maka Anda bisa mendaftar program Google Adsense.

Dan jika Google Adsense menerima pengajuan Anda, maka video di akun Youtube Anda akan mulai menampilkan iklan. Anda siap mendapatkan penghasilan.

Untuk membuat video, Anda bisa menggunakan hape smartphone atau kamera poket sederhana yang Anda miliki.

Namun, pastikan audio yang dihasilkannya jelas karena video yang baik harus memiliki kualitas audio yang baik pula.

Dan untuk mengedit video, Anda bisa menggunakan software editing video sederhana seperti windows video maker, camtasia studio atau iMovie.

Bahkan sekarang di smartphone android pun banyak aplikasi video editing yang bagus dan mudah dalam pengoprasiannya.

Dengan peralatan yang Anda punya, Anda tentu tidak akan mengeluarkan budget lebih selain kuota internet.

Untuk jenis video yang banyak disukai, Anda bisa mencoba membuat video tips dan trik, video memasak, sampai video review barang.

Agar cepat menghasilkan uang dari video, Anda harus konsisten dalam membuat dan mengupload video.

Untuk mendalami lebih jauh tentang Youtube, Anda bisa membaca artikel saya tentang bagaimana menjadi Youtuber sukses disini.

Kesimpulan

Itulah bisnis online yang bisa dilakukan nyaris tanpa modal.

Ke-empat bisnis online diatas bisa menjadi pilihan. Mungkin Anda hanya butuh mengeluarkan budget untuk membeli kuota internet saja.

Semua bisnis ada sisi positif dan sisi negatif, ada kelebihan dan ada kekurangan. Kembali lagi kepada Anda bisnis apa yang cocok dengan minat.

Tidak ada salahnya pula Anda mencoba semua bisnis online tersebut dari membuat blog, affiliate marketing, dropshipping dan membuat video di Youtube.

Jika Anda sudah menemukan minat Anda, maka Anda putuskan untuk memilih satu bisnis online.

Yang terpenting ketika memulai bisnis, Anda harus fokus dan konsisten agar apa yang Anda mulai bisa cepat menghasilkan uang.

Selamat berbisnis dan salam sukses.

(Visited 57 times, 1 visits today)
Gambar Gravatar
Hai.. Saya Dindin Hendra. Saya adalah seorang Suami, Ayah, Guru Bahasa Inggris dan juga Blogger. Semoga semua informasi yang saya tulis bisa bermanfaat untuk Anda. Selamat Membaca.

2 komentar.

  1. Bagaimana caranya supaya pelanggan tidak tahu kalau barang yang kita jual bukan dari sistem dropshipping dari suplier? Apakah alamat asal barang yang kita kirim menggunakan alamat kita atau alamat suplier?

    1. Setahu saya ada sistem dropshipping yang namanya white label dropshipping dimana kita bisa memasang nama toko/logo toko beserta alamatnya di produk yang dikirim oleh supplier seakan-akan itu dikirim oleh Toko kita langsung dan pelangganpun tidak akan tahu kalau produk tersebut sebenarnya adalah produk dropship. Jadi, kita harus tanya terlebih dahulu ke supplier kita apakah dia mempunyai program White Label Dropship atau tidak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.