5 Cara Mudah Mendapatkan Passive Income dari Blog
(Ilustrasi Mendapatkan Passive Income dari Blog, Sumber: shutterstock*com)

5 Cara Mudah Mendapatkan Passive Income dari Blog

Diposting pada

Mendapatkan passive income dari blog? Kenapa tidak. Di artikel ini, saya akan memberi tahu bagaimana caranya untuk mendapatkan penghasilan pasif dari sebuah blog.

Blogger kini menjadi salah satu profesi yang diminati oleh banyak orang terutama oleh anak muda milenial zaman sekarang.

Selain sebuah gengsi, menjadi seorang blogger bisa menjanjikan sebuah pendapatan yang tidak sedikit bahkan penghasilan yang didapatkan bisa terus mengalir ketika Anda sudah selesai membangun blog itu.

Sehingga, ada sebuah istilah yang terkenal dikalangan para blogger yaitu “make money while you sleep” artinya menghasilkan uang ketika Anda sedang tidur.

Mungkin ini terdengar impossible atau too good to be true.

Pada kenyataanya, ada beberapa blogger yang bisa menghasilkan uang walaupun mereka tidak selalu bekerja di depan laptop mereka.

Gimana, asik bukan?

Akan tetapi, semua itu tidak bisa mereka dapatkan hanya dengan kerja biasa saja. Mereka harus bekerja dengan keras untuk mencapai titik tersebut.

Membangun sebuah blog yang berpenghasilan tetap setiap harinya perlu usaha ekstra. Tak ayal mereka pun harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit dalam prosesnya.

Namun, bagi Anda seorang pemula yang ingin mengikuti bisnis ini, jangan khawatir.

Anda bisa membaca tutorial membuat blog bagi seorang pemula yang telah saya tulis di kategori blogging. Anda bisa membuat blog dengan platform blogger/blogspot atau bahkan dengan platform wordpress sekalipun.

Ketika Anda sudah membangun blog yang diinginkan, Anda sudah siap untuk mendapatkan uang dari blog yang Anda buat.

Cara Mudah Dan Legal Mendapatkan Penghasilan Pasif dari Blog

5 Cara Mudah Mendapatkan Passive Income dari Blog
(Ilustrasi Mendapatkan Passive Income dari Blog, Sumber: shutterstock*com)

Lalu, apa saja yang bisa kita lakukan?

Berikut ini adalah beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan penghasilan dari blog Anda.

Memasang Iklan di Blog

Memasang iklan di blog merupakan cara umum yang biasanya blogger lakukan untuk mendapatkan penghasilan.

Ada banyak sekali penyedia layanan iklan tetapi yang paling populer adalah Google Adsense.

Ya, Google memiliki sistem periklanan yang bagus dimana seorang blogger bisa memasang iklan di blog mereka dan mendapatkan penghasilan dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

Seorang blogger akan mendapatkan uang atas banyaknya jumlah pengunjung (Cost Per Mille atau CPM) / impresi iklan dan jumlah klik iklan yang dilakukan oleh pengunjung (Cost Per Click atau CPC).

Agar bisa bergabung dengan Google Adsense pun, blog Anda harus memenuhi beberapa kriteria yang telah ditetapkan oleh Google itu sendiri.

Jadi, tidak semua blog bisa Anda daftarkan untuk mendapatkan iklan.

Google Adsense hanyalah salah satu contohnya saja. Masih banyak platform periklanan lainnya yang bisa Anda jadikan alternatif selain Google Adsense.

Mungkin lain kali saya akan membahas hal ini.

Oleh karena itu, jika Anda ingin mendapatkan uang dari tulisan yang telah Anda publikasikan, Anda bisa mencoba beberapa platform periklanan yang ada untuk memulai memasang iklan dan mendapatkan penghasilan walaupun Anda sedang tidur.

Mempromosikan Produk Orang Lain dan Mendapatkan Komisi Tetap

Jika Anda sudah memiliki blog namun masih bingung dengan konten yang bisa menghasilkan uang, Anda bisa mencoba mempromosikan produk orang lain untuk mendapatkan komisi dari penjualan produk itu.

Ini dinamakan Affiliasi atau blogger menyebutnya dengan Affiliate Marketing.

Produk apa saja yang bisa kita promosikan?

Ada banyak sekali produk di internet baik itu produk fisik maupun produk digital yang bisa Anda promosikan di blog Anda.

Sebagai contoh, untuk produk fisik, Anda bisa bekerja sama dengan Lazada yang memiliki program afiliasi.

Anda bisa memilih produk yang Anda inginkan kemudian mendapatkan link dengan kode afiliasi Anda.

Setelah itu, Anda bisa mulai mengulas produk tersebut di blog dan “mempengaruhi” pengunjung untuk membelinya.

Jika pengunjung membelinya maka selamat, Anda bisa mendapatkan komisi dari penjualan produk itu.

Di luar negeri, banyak sekali blogger yang tertarik dengan program afiliasi ini. Dan yang paling terkenal adalah Amazon Affiliate dan Click Bank.

Banyak blogger yang berhasil menjual barang-barang dari dua marketplace tersebut dan mendapatkan komisi dari setiap penjualannya.

Komisi ini bisa bervariasi, tergantung dari ketentuan si marketplace nya.

Nah, jika Anda tertarik, kenapa tidak untuk mencoba nya.

Menjadi Dropshipper

Dropshipper ini hampir sama dengan program afiliasi. Keduanya sama-sama tidak memerlukan stok barang untuk dijual.

Nah perbedaanya, di program afiliasi, Anda bisa mempromosikan produk dan mendapatkan komisi sesuai dengan presentase yang telah ditentukan oleh marketplace.

Sedangkan menjadi dropshipper, Anda bisa mempromosikan produk dan mendapatkan komisi yang bisa Anda tentukan sendiri.

Tentu Anda harus memiliki kerjasama terlebih dahulu dengan marketplace yang memiliki program dropship.

Sedikit penjelasan tentang dropship bagi Anda yang belum mengenalnya.

Anda hanya mempromosikan produk di blog Anda kemudian jika ada pengunjung yang membeli produk tersebut maka Anda harus meneruskannya pada si penjual agar si penjual mengirimkan produknya kepada pembeli dan kita hanya mengambil keuntungannya saja dari harga yang sudah kita naikkan.

Sederhana bukan?

Yang lebih asik lagi kita bisa mengganti nama dan logo perusahaan pemilik produk tersebut dengan nama dan logo milik kita. Ini dinamakan dropship whitelabel.

Jadi, seakan-akan kita-lah yang menjual dan mengirimkan produknya.

Menjadi seorang dropshipper bisa Anda pertimbangkan karena Anda tidak perlu pusing stok barang, keuntungan bisa Anda tentukan sendiri dan produk yang kita promosikan di blog seakan-akan milik kita sendiri.

Menerbitkan Buku atau EBook Karya Sendiri

Dengan blog, Anda bisa memperluas cakupan konsumen untuk menjual buku hasil karya Anda sendiri.

Jika Anda seorang penulis yang sudah memiliki karya seperti buku, ebook, modul atau apapun itu. Anda bisa mempromosikannya melalui blog.

Anda bisa membangun blog profil dengan portofolio buku-buku atau hasil karya Anda didalamnya.

Berikan deskripsi mengenai buku yang Anda buat semenarik mungkin kemudian promosikan blog Anda di media sosial untuk menarik banyak pengunjung.

Apabila Anda memiliki uang untuk beriklan, maka penjualan buku atau ebook Anda akan semakin meningkat.

Selain itu, memiliki blog pribadi bagi penulis akan membuat Anda lebih profesional dan kepercayaan konsumen pun akan lebih meningkat.

Jadi, blog bisa menjadi sarana untuk Anda menjual sekaligus memperluas penjualan buku, ebook, modul atau apapun itu yang telah Anda buat.

Menjual Kursus Yang Mengajarkan Keterampilan Khusus

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan passive income dari blog adalah dengan membuat kursus yang mengajarkan keterampilan khusus kemudian Anda menjualnya melalui blog.

Contohnya Anda bisa membuat kursus make up dari tingkat pemula sampai tingkat mahir. Anda bisa membuat kursus ini melalui video atau tulisan yang menarik.

Setelah semua nya siap, baru Anda jual di blog Anda.

Bagi pengunjung yang ingin belajar make up dari Anda, maka dia harus membayar terlebih dahulu untuk mengakses semua pembelajaran.

Dan cara ini pun yang banyak dilakukan oleh para internet marketer untuk mendapatkan penghasilan secara online.

Contoh lainnya adalah kursus Si Tukang Tidur Main Adsense. Apakah Anda pernah mendengarnya?

Menurut saya ini adalah kursus online yang paling fenomenal diantara para blogger dan internet marketer dimana kita bisa belajar membuat blog dengan platform wordpress dari nol sampai menghasilkan uang.

Dan kursus online ini merupakan salah satu yang sukses memberikan penghasilan luar biasa bagi pembuatnya. Bahkan, sang pembuat menjadi sangat terkenal.

Jika mereka bisa, maka kita pun seharusnya bisa bukan?

Anda bisa memulainya dari keterampilan yang Anda miliki sekarang. Buat kursus nya lalu promosikan kursus Anda di blog.

Kesimpulan

Bagi blogger pemula, seperti saya dan Anda, ada banyak sekali cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan passive income secara online melalui blog.

Kita bisa memasang iklan di blog, mempromosikan produk orang lain untuk mendapatkan komisi, menjadi dropshipper, menjual buku atau ebook karya sendiri dan bahkan membuat kursus keterampilan khusus.

Dan yang harus Anda ingat adalah untuk mendapatkan semua itu kita perlu kerja keras dan kerja cerdas. Ada proses yang harus kita lalui untuk mendapatkan passive income yang diinginkan.

Semua ini hanya ide atau saran, semua kembali lagi kepada keputusan Anda.

Seperti yang saya lakukan, saya memilih memasang iklan Google Adsense di blog saya ini untuk mendapatkan passive income secara online.

Jika Anda memiliki cara lain untuk mendapatkan penghasilan dari blog, silahkan tulis di kolom komentar ya.

(Visited 10 times, 1 visits today)
Gambar Gravatar
Hai.. Saya Dindin Hendra. Saya adalah seorang Suami, Ayah, Guru Bahasa Inggris dan juga Blogger. Semoga semua informasi yang saya tulis bisa bermanfaat untuk Anda. Selamat Membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.