5 Situs Terbaik Untuk Menjual Hasil Fotografi Secara Online
(Ilustrasi Fotografi Menghasilkan Uang, Sumber Foto: istockphoto.com)

Foto bisa jadi Duit? Inilah 5 Situs Terbaik Untuk Menjual Hasil Fotografi Secara Online

Diposting pada

Kamu punya hobi fotografi dan ingin menghasilkan banyak uang? Kenapa tidak kamu coba untuk menjual semua hasil fotografi terbaik kamu secara online di beberapa situs yang akan saya bahas ini.

Menjalankan sebuah hobi yang bisa menghasilkan pundi-pundi uang adalah pekerjaan terbaik. Dan sekarang, dengan teknologi yang ada semua itu bisa terwujud dengan mudah.

Salah satunya bagi kamu yang sangat menyukai dunia fotografi, kini kamu bisa dengan mudah menjual hasil jepretan kamu di beberapa situs yang bisa membayar dengan tarif yang cukup tinggi.

Seperti yang kita ketahui bahwa lebih dari 33% dari populasi dunia sudah memiliki gadget yang bernama smartphone. Ini artinya jumlah tersebut merupakan jumlah orang yang sama yang memiliki akses internet.

Internet ini sudah membuat komunikasi menjadi lebih mudah daripada sebelumnya bahkan dikatakan bahwa internet telah menyatukan seluruh dunia dimana pertukaran informasi menjadi sangat cepat menyebar.

Dan bagi para fotografer di seluruh dunia, internet bukan hanya sebagai sarana berbagi foto tetapi juga menghasilkan uang dari pekerjaan mereka.

Lalu, dari mana kita harus memulai bisnis ini?

5 Situs Terbaik Untuk Menjual Hasil Fotografi Secara Online

5 Situs Terbaik Untuk Menjual Hasil Fotografi Secara Online
(Ilustrasi Fotografi Menghasilkan Uang, Sumber Foto: istockphoto.com)

Yuk kita lihat beberapa situs terbaik yang bisa kamu gunakan untuk menjual foto-foto Anda secara online.

Situs Web Kamu Sendiri

Ya, untuk memulai, kamu bisa menjual semua hasil fotografi di situs web kamu sendiri. Dan platform terbaik untuk membangun website adalah WordPress.

WordPress adalah situs platform terbaik dan cocok bagi fotografer karena kita memiliki kontrol penuh atas gambar atau foto yang kita miliki. Selain itu, kamu bisa membangun branding fotografi sendiri sehingga tampak lebih profesional.

Dengan sekitar 30.000 plugin, kamu bisa membangun toko online dimana kamu bisa menjual karya sendiri sesuai dengan keinginan kamu sendiri.

Sebagian orang mungkin akan berpendapat bahwa membuat situs sendiri memerlukan waktu yang terlalu lama, akan tetapi sebagian orang lainnya akan berpendapat bahwa itu merupakan hal yang sangat mudah dan cepat.

Kamu jangan khawatir, karena kamu bisa belajar membuat website sendiri dengan tutorial wordpress yang saya tulis di situs ini.

Tak dipungkiri, menjual hasil fotografi di situs sendiri memiliki beberapa hal positif dan hal negatif.

Untuk hal negatif, misalnya, ini akan terlihat lebih sulit untuk menjual foto di situs kamu sendiri kecuali jika kamu sudah cukup terkenal dan sudah membangun komunitas sendiri di sekitar pekerjaanmu.

Hal ini karena pasti sebagian besar pebisnis atau individu akan lebih memilih untuk membeli foto atau gambar dari situs stok fotografi yang sudah mereka ketahui.

Akan tetapi, menjual foto atau gambar di situs sendiri pun memiliki beberapa keuntungan. Misalnya, kamu bisa menetapkan harga yang kompetitif kemudian tidak adanya potongan apapun dari hasil penjualan.

Selain itu, kamu bisa mengontrol penuh atas semua pekerjaan yang ingin kamu tampilkan sekaligus membuat syarat dan ketentuan layanan sendiri.

Dan intinya, sekali lagi, kamu memiliki kendali penuh atas bisnis yang Anda jalankan ini.

Adobe Stock

Adobe Stock
(Adobe Stock, Sumber Foto: dindin.id doc)

Jika Anda belum memiliki kemampuan untuk membangun sebuah website sendiri, maka tidak ada salahnya Anda mencoba untuk menjual hasil karya Anda di Adobe Stock.

Adobe Stock sudah ada selama sekitar kurang lebih 10 tahun. Dia tidak hanya memiliki kredibilitas sebagai pembuat perangkat lunak pengedit foto yang sangat populer di pasaran, tetapi juga setiap foto yang Anda unggah di situs ini akan mudah diakses melalui produk Adobe lainnya.

Sehingga, menggunakan Adobe Stock memiliki sebuah keuntungan dan kemudahan, yaitu bisa meningkatkan visibilitas pekerjaan Anda karena foto dapat dengan mudah di akses oleh siapapun dari perangkat lunak lainnya seperti Adobe Lightroom, Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator.

Selain itu, kebebasan yang diberikan oleh Adobe Stock merupakan keuntungan lainnya jika Anda memilih Adobe Stock sebagai tempat menjual semua hasil karya kreatif fotografi Anda.

Anda bisa menjual foto yang sama di tempat lain karena Adobe Stock tidak mengharuskan Anda untuk memberi mereka hak penjualan ekslusif. Jadi, dari 1 foto saja Anda bisa mendapatkan uang dari situs lain selain Adobe Stock.

Dan yang paling penting adalah Adobe Stock memberikan presentasi laba antara 20% dan 60%.

Lumayan cukup besar bukan?

Kini saatnya Anda mengubah hasil fotografi Anda menjadi sebuah keuntungan yang bisa menghidupi Anda untuk tetap menjalankan hobi kesayangan Anda.

Untuk bergabung menjadi kontributor Adobe Stock, Anda hanya perlua menyiapkan akun nya lalu masuk dengan Adobe ID yang Anda punya atau membuat akun yang baru.

Ini semudah membuat akun di situs-situ lainnya.

Namun, menjadi kontributor di Adobe Stock memiliki tantangan tersendiri. Anda harus bersaing dengan banyak fotografer handal dan berbakat di dunia.

Ini artinya Anda harus bekerja lebih keras untuk membuat banyak orang memberikan perhatian kepada hasil pekerjaan kreatif Anda.

Shutterstock

Shutterstock
(Shutterstock, Sumber Foto: dindin.id doc)

Shutterstock merupakan situs web stok foto yang saya sangat sukai. Ini karena disana kita bisa menemukan hasil karya kreatif para fotografer yang bagus dan ternyata kita pun bisa menjual hasil fotografi kita di situs ini.

Shutterstock sudah ada lebih dari 15 tahun dan telah menjadi web stok foto yang paling populer di dunia. Mereka tidak hanya memiliki jutaan gambar / foto, tetapi juga memiliki jenis konten kreatif lainnya seperti video dan trek musik.

Dan yang paling terpenting adalah ada banyak jutaan pelanggan yang membeli berbagai macam karya kreatif tersebut di Shutterstock.

Berdasarkan data yang mereka berikan, mereka mengklaim telah melakukan pembayaran kepada para kontributor mereka lebih dari $500 juta.

Dan artinya Anda bisa mendapatkan penghasilan yang cukup besar dari penjualan karya kreatif Anda di pasar Shutterstock.

Selain itu, Anda masih bisa mengendalikan foto-foto Anda karena mereka mempertahankan hak cipta gambar Anda di situs mereka.

Kemudian mereka pun mengharuskan pelanggan mereka memberikan kredit kepada pemilik gambar/foto sehingga ini akan memberikan manfaat yang besar jika Anda ingin mencoba membangun branding melalui karya kreatif Anda.

Anda akan mendapatkan penghasilan sekitar 20 – 30 % dari beberapa kali konten Anda yang telah diunduh oleh pelanggan mereka pada setiap akhir bulan.

Namun, Anda harus siap dengan tantangan yang ada jika Anda ingin menjual karya Anda disini.

Sebagai situs besar dan terkenal di Industri ini tentu saja membuat Anda harus bekerja lebih keras karena tingkat persaingan yang ketat dengan fotografer handal lainnya di dunia.

Menjual hasil karya Anda di Shutterstock layak untuk dicoba. Ini karena mereka tidak membatasi Anda untuk menjual secara ekslusif menjual karya Anda melalui situs mereka saja.

500px

500px
(500px, Sumber Foto: dindin.id doc)

Situs selanjutnya dimana Anda bisa menjual karya kreatif fotografi Anda adalah 500px. Situs ini memberikan banyak kemudahan kepada para pelanggan/penggunanya.

Salah satunya adalah bagi Anda pengguna smarthphone, Anda bisa dengan mudah menginstal aplikasi 500px ini di Android dan iPhone yang kemudian Anda dengan mudah bisa mengambil gambar dan langsung mengunggahnya ke situs saat bepergian.

Aplikasi 500px ini memiliki kemudahan semudah masuk ke aplikasi Gmail. Anda harus membuat akun terlebih dahulu dan segera setelah membuat akun, Anda langsung bisa mengunggah foto Anda dan membagikannya untuk mendapatkan uang.

Selain itu, adanya paket keanggotaan berbayar yang memberikan fasilitas seperti mengiklankan hasil karya Anda merupakan peluang terbesar untuk dapat menghasilkan banyak uang dari situs ini.

Jadi, jika Anda ingin merasakan kepraktisan dalam menjual hasil karya Anda, maka 500px bisa menjadi pilihan Anda.

Foap

Foap
(Foap, Sumber Foto: dindin.id doc)

Foap adalah situs lain yang bisa Anda manfaatkan untuk menjual semua hasil fotografi Anda.

Sebagaimana yang telah dikabarkan oleh ABC News bahwa Foap merupakan sebuah situs atau aplikasi yang sangat menguntungkan dalam industri penjualan hasil fotografi.

Tidak heran dikatakan demikian, karena pengguna bisa mendapatkan penghasilan sekitar 50% dari penjualan mereka. Bahkan perusahaan besar seperti Sony dan MasterCard pun membeli konten fotografi dari situs ini.

Cara kerja Foap ini sangat menarik jika kita bandingkan dengan situs fotografi lainnya. Mereka mengklain bahwa mereka merupakan platform konten visual yang didukung oleh para profesional kreatif.

Ini maksudnya bahwa cara kerja mereka berbeda dengan platform lainnya.

Sebuah perusahaan maupun individual yang ingin mencari sebuah foto di Foap akan mengirimkan rincian foto yang mereka inginkan mulai dari estetika sampai target audiens nya.

Kemudian fotografer akan bersaing membuat foto yang mereka inginkan dan hal ini disebut dengan Misi Foap.

Jadi, yang harus Anda lakukan adalah menghasilkan foto yang sesuai dengan ringkasan Misi Foap yang ada dan Anda berkesempatan untuk mendapatkan ratusan dollar atas satu foto yang mereka gunakan.

Ini adalah cara termudah dan menarik untuk menghasilkan uang dari foto Anda.

Dan bagi Anda yang sedang mencari konten foto atau video, layanan pelanggan mereka selalu tersedia 24 jam sehari sepanjang tahun.

Mereka akan memberikan pelayanan terbaik untuk Anda.

Alamy

Alamy
(Alamy, Sumber Foto: dindin.id doc)

Situs terakhir yang menjadi rekomendasi saya jika Anda ingin menjual hasil fotografi adalah Alamy.

Mungkin Alamy tidak sepopuler situs lainnya seperti Shutterstock dan Adobe Stock, akan tetapi itu bukan berarti mereka tidak memiliki banyak pelanggan.

Berdasarkan data yang mereka publikasikan bahwa mereka telah menghasilkan $180 juta untuk pembayaran kepada fotografer yang telah berkontibusi luar biasa kepada mereka.

Alamy adalah tempat yang luar biasa untuk menjual foto Anda secara online tanpa ribet dengan berbagai aturan yang rumit.

Dan Anda bisa mempertimbangkan hal ini karena Anda bisa menghasilkan 50% dari setiap penjualan dimana presentasi ini sangat besar yang mereka tawarkan.

Jadi, tidak ada salahnya Anda mencoba platform ini sebagai tempat menjual semua hasil fotografi terbaik Anda.

Kesimpulan

Kini Anda telah mendapatkan referensi dimana Anda bisa menjual semua karya kreatif fotografi Anda secara online. Dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing, Anda bisa memilih situs yang sesuai dengan Anda.

Dan yang paling penting yang harus Anda ingat bahwa target pelanggan Anda saat menjual foto secara online ini adalah para blogger dan pemilik usaha kecil hingga menengah.

Lalu, ada beberapa jenis gambar yang paling banyak dibeli, yaitu seperti pekerja atau profesi, makanan, peralatan, kota-kota, pemandangan alam, lanskap, bangunan, dan travelling atau tempat-tempat menarik.

Salah satu cara untuk mencari situs web stok foto yang tepat untuk Anda dalam menjual hasil fotografi Anda adalah dengan menelusuri kategori populer mereka lalu lihatlah apakah kategori tersebut sesuai dengan karya-karya Anda.

Ini harus Anda lakukan agar Anda bisa memiliki kesempatan yang besar untuk mendapatkan penghasilan dari situs tersebut.

Baik, itulah beberapa tempat atau situs terbaik untuk menjual hasil fotografi Anda secara online yang patut Anda coba.

Semoga panduan ini bisa memberikan inspirasi dan mempermudah Anda dalam memutuskan dimana Anda bisa menghasilkan uang dari hasil fotografi Anda.

(Visited 29 times, 1 visits today)
Gambar Gravatar
Hai.. Saya Dindin Hendra. Saya adalah seorang Suami, Ayah, Guru Bahasa Inggris dan juga Blogger. Semoga semua informasi yang saya tulis bisa bermanfaat untuk Anda. Selamat Membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.