6 Strategi Pemasaran Online
(Strategi Pemasaran Online, Sumber Foto: adobestock.com)

6 Strategi Pemasaran Online Yang Dibutuhkan Setiap Pengusaha

Diposting pada

Setiap pengusaha memerlukan sebuah strategi pemasaran yang tepat untuk mengembangkan dan memajukan bisnis mereka. Jadi, strategi pemasaran inilah yang merupakan kunci keberhasilan bisnis mereka.

Seperti yang kita ketahui bahwa banyak sekali strategi pemasaran yang bisa kita lakukan baik itu secara konvensional maupun secara online seperti zaman sekarang.

Sekarang strategi pemasaran secara online menjadi pilihan banyak pengusaha yang ingin mengembangkan bisnis mereka.

Karena perkembangan teknologi informasi atau dunia online sekarang ini sudah berkontribusi banyak terhadap pola pikir konsumen secara menyeluruh.

Sehingga, internet pun telah mengubah secara radikal cara pengusaha yang ingin membangun dan mempromosikan bisnisnya. Dengan internet, kita bisa memiliki akses pasar yang jauh lebih banyak, lebih luas dan jauh lebih potensial dibandingkan dengan strategi pemasaran konvensional.

Namun tidak sedikit pula pengusaha yang beranggapan bahwa strategi pemasaran secara online ini tidak perlu bahkan menganggap sebagai pengeluaran yang tidak perlu.

Padahal mereka sebenarnya mengabaikan peluang yang sangat bermanfaat ini.

Kriteria Strategi Pemasaran Online Yang Anda Butuhkan

6 Strategi Pemasaran Online
(Strategi Pemasaran Online, Sumber Foto: adobestock.com)

Sejenak mungkin Anda berpikir apakah bisa kita membangun sebuah bisnis tanpa melakukan pemasaran secara online?

Secara teknis, itu semua bisa dilakukan, akan tetapi yang harus Anda pikirkan adalah apakah Anda ingin kehilangan potensi yang sangat besar dari strategi pemasaran online ini?

Adapun dalam menjalankan strategi pemasaran secara online haruslah memiliki beberapa kriteria tertentu yang akan membuat strategi ini efektif dalam membangun bisnis kita.

Dan kriteria atau karakteristik itu adalah sebagai berikut:

Dimiliki oleh semua orang. Kini internet menjadi sesuatu hal yang dimiliki oleh hampir semua orang. Orang mengakses berbagai macam informasi dari internet tersebut. Hal lainnya adalah membeli produk yang mereka butuhkan.

Mudah diakses. Strategi pemasaran secara online ini mudah diakses dan dilakukan oleh siapapun. Mungkin Anda harus belajar terlebih dahulu akan tetapi ini bukanlah sebuah hal yang rumit.

Terjangkau. Strategi pemasaran yang dilakukan secara online tidak akan perlu menghabiskan banyak uang jika dibandingkan dengan strategi konvensional. Bahkan anggaran bisa disesuaikan.

Berharga. Strategi ini merupakan investasi yang sangat berharga bagi perusahaan Anda karena disana terdapat potensi yang tinggi untuk mengembangkannya.

Waktu yang cepat. Semakin Anda menghabiskan waktu untuk melakukan strategi ini maka strategi ini akan semakin kuat. Semakin Anda cepat terlibat maka semakin besar pula hasil potensi yang akan Anda dapatkan.

Karakteristik inilah yang menjadi faktor kenapa Anda harus melakukan strategi ini.

Strategi Pemasaran Secara Online Yang Anda Butuhkan

Adapun strategi yang Anda butuhkan untuk mengembangkan atau memasarkan perusahaan Anda secara online adalah sebagai berikut:

1. Personal Branding

Strategi pertama adalah personal branding. Anda harus mulai memunculkan citra pribadi yang dapat dipercaya untuk mempromosikan produk-produk Anda.

Dengan personal branding yang baik, maka itu akan memberikan kesempatan luar biasa kepada perusahaan untuk lebih cepat berkembang.

Selain itu, citra diri yang baik akan memberikan kesempatan kepada Anda untuk berjejaring dengan orang lain, membentuk kemitraan yang solid.

Sehingga, pada akhirnyam personal branding yang telah terbangun dengan baik akan membawa perusahaan Anda ke dalam gerbang kesuksesan.

2. Pemasaran Konten

Pemasaran Konten bisa dilakukan dalam berbagai bentuk. Misalnya Anda bisa membuat ebook atau video untuk menarik calon konsumen melakukan pendaftaran dan konversi.

Bahkan Anda bisa memasarkan konten Anda pada sebuah blog yang memiliki banyak pengunjung sehingga pengunjung bisa mengenal perusahaan dan produk yang Anda miliki.

Buatlah konten yang muncul sebagai bentuk bantuan atau pemecahan atas masalah. Sehingga, jika konten yang Anda buat bermanfaat, calon konsumen tentu akan memiliki rasa ingin tahu yang lebih besar terhadap bisnis yang sedang Anda jalankan.

3. Optimisasi Mesin Pencari (SEO)

Seach Engine Optimisation atau SEO merupakan hal yang sangat penting dan harus Anda lakukan agar situs bisnis Anda bisa terlihat dengan baik di mesin pencari. Calon konsumen akan lebih mudah dalam mencari produk yang mereka inginkan dan mesin pencari akan mengarahkannya ke situs Anda.

Hal ini karena sebagian besar orang lebih memilih menggunakan mesin pencari untuk mencari sebuah produk yang mereka inginkan.

Oleh karena itu, SEO bukan hanya sebagai strategi tetapi juga sebagai investasi yang harus Anda pikirkan agar bisnis yang Anda miliki bisa terus berkembang dan luas.

4. Optimasi Konversi

Mungkin saja situs perusahaan Anda memiliki jumlah pengunjung yang lebih banyak. Akan tetapi, hanya sedikit saja orang yang membeli produk Anda.

Itu artinya Anda harus mulai mengoptimasi konversi di situs Anda. Konten yang ada di situs perusahaan harus bisa mengarahkan calon konsumen untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

5. Pemasaran Media Sosial

Kini semua orang yang memiliki akses internet pasti memiliki media sosial. Ini artinya media sosial memiliki potensi yang sangat besar untuk memasarkan produk Anda.

Media sosial adalah potensi yang sangat menjanjikan.

Disini Anda harus membuat konten yang baik dan menarik sehingga perusahaan/merek dagang Anda bisa dilirik oleh pengguna media sosial sekaligus meningkatkan reputasinya.

Anda mungkin tahu bahwa di media sosial, seseorang yang membuat konten menarik bisa dengan cepatnya menjadi viral atau bahan pembicaran pengguna media sosial.

Begitupun dengan bisnis Anda.

Anda harus memberikan konten yang luar biasa, agar nama perusahaan Anda bisa lebih dikenal dan tentunya bisa meningkatkan penjualan produk yang Anda miliki.

6. Pemasaran Email

Pemasaran produk melalui email merupakan hal lainnya yang memiliki potensi yang luar biasa bahkan hampir tidak ada biaya yang dikeluarkan untuk melakukannya.

Yang perlu Anda lakukan adalah mengumpulkan atau membangun database pelanggan Anda yang bisa Anda dapatkan dari pengikut di media sosial dari form langganan di situs Anda.

Selanjutnya Anda bisa membuat konten dengan konversi tinggi dan mulai mengirimkannya kepada pelanggan Anda dan closing pun bisa terjadi.

Anda bisa melakukannya dengan jadwal yang Anda buat sendiri.

Kesimpulan

Melakukan strategi pemasaran secara online untuk memasarkan produk perusahaan Anda memiliki potensi yang luar biasa. Jangkauan yang lebih luas akan membuat perusahaan Anda lebih berkembang.

Selain itu, strategi ini bisa saling berkaitan satu sama lain sehingga akan lebih memudahkan Anda dalam mengatur semuanya.

Jadi, jika Anda memaksimalkan semua strategi pemasaran online ini, maka Anda akan mendapatkan potensi penjualan yang tinggi dan perkembangan perusahaan yang cepat.

(Visited 12 times, 1 visits today)
Gambar Gravatar
Hai.. Saya Dindin Hendra. Saya adalah seorang Suami, Ayah, Guru Bahasa Inggris dan juga Blogger. Semoga semua informasi yang saya tulis bisa bermanfaat untuk Anda. Selamat Membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.