Minyak Chamomile - 7 Herbal Untuk Perawatan Kulit Secara Alami
(Minyak Chamomile, Sumber Foto: pixabay.com)

7 Herbal Untuk Perawatan Kulit Secara Alami

Diposting pada

Kesehatan – Merawat kulit merupakan suatu hal yang penting bagi sebagian besar wanita karena memiliki kulit yang halus dan sehat dianggap sebagai investasi. Tidak sedikit wanita yang melakukan banyak perawatan kulit di spa dengan harga yang tidak murah.

Apakah Anda termasuk orang yang selalu melakukan perawatan di spa? Berapa biaya yang Anda keluarkan untuk satu kali perawatan?100 ribu? 200 ribu? Atau mungkin 1 juta?

Sungguh uang yang tidak sedikit untuk sebuah perawatan kulit.

Bagaimana jika Anda melakukan perawatan sendiri dan uang tersebut bisa Anda alokasikan untuk hal-hal penting lainnya.

Jika Anda ingin merubah kebiasaan tersebut, tidak ada salahnya Anda mencoba perawat kulit di rumah sendiri dengan bahan alami yang lebih aman.

Menggunakan bahan-bahan alami memang lebih aman dibanding dengan bahan-bahan kimia yang biasanya digunakan di berbagai tempat perawatan atau spa.

Anda tidak perlu khawatir dengan efek jangka panjang yang akan timbul karena herbal ini tidak memiliki efek samping sama sekali dan ini telah dibuktikan oleh berbagai penelitian yang dilakukan para ahli.

Bahkan, bahan herbal alami ini tidak hanya memperindah kulit, mereka bisa menyembuhkan kulit dari berbagai kerusakan seperti kekeringan, peradangan seperti jerawat sampai proses penuaan.

Memang hasil penggunaan herbal alami ini tidak akan langsung terlihat, ada proses yang memerlukan waktu tidak sebentar.

Tetapi hasil yang didapat bisa dirasakan dalam jangka waktu yang lama. Inilah investasi yang sebenarnya untuk masa depan Anda.

Anda tentu ingin memiliki kulit yang indah, sehat dan tampak lebih muda.

Yang perlu Anda lakukan hanya ketekunan dalam melakukan perawatan herbal alami ini dan yakinlah hasilnya akan membuat Anda puas.

7 Bahan Alami Untuk Perawatan Kulit

Lalu bahan alami apa saja yang sudah terbukti berkhasiat untuk perawatan kulit?

Berikut saya uraikan beberapa bahan alami atau herbal yang bisa Anda gunakan untuk merawat kulit yang aman dan menyehatkan.

1. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun - 7 Herbal Untuk Perawatan Kulit Secara Alami
(Minyak Zaitun, Sumber Foto: pxhere.com)

Sudah tidak diragukan lagi bahwa minyak zaitun memang memiliki khasiat yang luar biasa untuk kulit. Bahkan di dalam kitab suci Al-Qur’an terdapat sebuah surat dengan nama buah zaitun ini.

Minyak zaitun memang diperoleh dari buah pohon zaitun. Buah yang memiliki nama latin Olea Europaea ini dipanaskan dengan suhu maksimum 40’ Celcius sebelum kemudian diperas untuk mendapatkan minyaknya.

Banyak berbagai macam produk kecantikan yang menggunakan minyak zaitun sebagai bahan utama nya. Bahkan minyak zaitun ini bisa digunakan sebagai minyak untuk memasak makanan.

Untuk perawatan kulit, minyak zaitun ini bisa digunakan sebagai minyak mandi atau cukup dioleskan pada bagian kulit yang kering seperti wajah, siku, tangan dan kaki untuk membantu melembabkan serta mendapatkan keseimbangan minyak alami pada kulit.

Jika Anda memiliki cuka, maka Anda bisa membuat ramuan yang terdiri dari minyak zaitun, sedikit cuka dan air untuk perawatan kulit di rumah.

Minyak zaitun sebagai pelembab kulit sedangkan cuka bisa membantu mencerahkan kulit serta membantu proses pengelupasan sel-sel kulit mati.

Dalam hasil sebuah penelitian, minyak zaitun memiliki berbagai macam kandungan nutrisi seperti asam lemak tak jenuh tunggal, polifenol dan juga vitamin E dimana kandungan ini bisa melindungi kulit kita dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Sehingga, jika Anda sering menggunakan minyak zaitun untuk merawat kulit secara teratur maka minyak zaitun akan memperlambat tanda-tanda penuaan seperti garis-garis keriput di wajah.

Dan yang luar biasa adalah minyak zaitun ini bisa mencegah kanker kulit serta mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

2. Minyak Chamomile

Minyak Chamomile - 7 Herbal Untuk Perawatan Kulit Secara Alami
(Minyak Chamomile, Sumber Foto: pixabay.com)

Selain minyak zaitun, ada minyak lainnya yaitu minyak chamomile yang bisa Anda aplikasikan untuk merawat kulit kesayangan Anda.

Tidak seperti minyak zaitun yang di ekstrak dari buah zaitun, minyak chamomile ini diekstrak dari bunga chamomile.

Bunga chamomile ini memiliki reputasi yang baik atas khasiatnya untuk tubuh di masa lampau karena bungan chamomile yang sudah dikeringkan sering digunakan sebagai obat tradisional oleh masyarakat di zaman Mesir, Yunani bahkan Romawi Kuno.

Di Romawi Kuno, bunga chamomile kering ini sering dikonsumsi sebagai teh.

Selain itu, di abad pertengahan, popularitas penggunaan chamomile sebagai obat tradisional ini semakin meningkat karena sudah terbukti bisa menangani berbagai macam masalah medis seperti asma, demam, radang, mual, keluhan syaraf, penyakit kulit sampai kanker.

Dan pembuktian dilakukan oleh para peniliti di zaman sekarang yang mengatakan bahwa kandungan chamomile ini bisa digunakan sebagai anti-bakteri, anti-inflamasi, anti-alergi bahkan sebagai obat penenang.

Sehingga, jelaslah bahwa bunga chamomile ini memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh termasuk untuk kulit.

Sebenarnya ada dua jenis chamomile dengan kandungan dan khasiatnya masing-masing. Pertama, ada jenis Chamomile Romawi atau Chamaemelum Nobile dan yang kedua yaitu Chamomile Jerman/Chamomile Biru atau Matricaria Recutica.

Minyak yang diekstrak dari kedua jenis chamomile tersebut memiliki kandungan atau sifat yang berbeda.

Minyak Chamomile Romawi lebih dikenal sebagai minyak aromatherapy karena memiliki sifat yang menenangkan.

Sedangkan, Chamomile Jerman lebih dikenal untuk pengobatan karena memiliki senyawa anti-inflamasi yang disebut Azulene yang bisa membantu mengurangi pembengkakan pada kulit serta membersihkan pori-pori dari kotoran yang menempel pada kulit.

Selain itu, Chamomile Jerman ini juga mengandung senyawa yang disebut alpha-bisabolol yang bisa membantu meregenasi kulit dan masalah kulit lainnya seperti ruam, kulit sensitif, eksim, jerawat sampai kondisi alergi.

3. Minyak Almond

Minyak Almond - 7 Herbal Untuk Perawatan Kulit Secara Alami
(Minyak Almond, Sumber Foto: pixabay.com)

Selanjutnya, Anda juga bisa menggunakan minyak almond untuk perawatan kulit di rumah.

Hampir sama dengan kedua minyak sebelumnya, minyak ini di ekstrak dari buah pohon almond dengan tekanan pada suhu dingin.

Minyak almond ini sudah digunakan oleh masyarakat dunia sebagai minyak perawatan kulit karena pohon buah almond ini telah dibudidayakan sejak sekitar 4000 tahun yang lalu.

Terdapat dua jenis almond yaitu almond manis dan juga almond pahit.

Minyak dari almond manis yang memiliki nama latin Prunus dulcis inilah yang sering digunakan untuk perawatan kulit.

Asam lemak tak jenuh seperti asam linoleat membuat kulit menjadi lebih tahan terhadap infeksi serta melindungi dari paparan sinar ultraviolet. Kemudian asam palmitat bisa membantu melembabkan kulit dan menghaluskan kulit.

Dan kandungan vitamin E nya merupakan anti-oksidan yang mampu meregenasi kulit serta menunda proses penuaan.

4. Minyak Argan

Minyak Argan - 7 Herbal Untuk Perawatan Kulit Secara Alami
(Minyak Argan, Sumber Foto: pixabay.com)

Bahan alami lainnya yang bisa Anda gunakan untuk perawatan kulit adalah minyak Argan.

Minyak Argan ini diambil dari biji pohon argan atau Argania spinosa.

Sayangnya pohon ini hanya tumbuh di daerah Maroko sehingga sejak tahun 1998, daerah tersebut dinyatakan sebagai Cagar Biosfer oleh UNESCO.

Untuk mendapatkan minyak tersebut, biji argan harus diolah sedemikian rupa mulai dari harus dipanggang kemudian di tekan dalam suhu yang dingin.

Minyak Argan ini memiliki warna kuning keemasan serta memiliki aroma yang sangat harum sehingga banyak digunakan sebagai bahan untuk industri makanan dan kosmetik.

Beberapa kandungan minyak Argan antara lain, asam linoleat, squalene, dan tokoferol.

Asam linoleat mampu membantu proses regenerasi kulit serta mendukung proses imunologinya. Squalene mampu melindungi kulit dari kanker serta menangkal radikal bebas dan radiasi sinar ultraviolet.

Lalu, tokoferol mempunyai efek anti-inflamasi dan juga anti-oksidan.

Selain itu, minyak Argan juga memiliki beberapa zat yang dikenal efektif melawan penuaan kulit.

5. Lidah Buaya

Lidah Buaya - 7 Herbal Untuk Perawatan Kulit Secara Alami
(Lidah Buaya, Sumber Foto: pixabay.com)

Tidak sedikit produk kecantikan yang menggunakan lidah buaya sebagai bahan utamanya. Hal ini karena lidah buaya telah terbukti memiliki sifat-sifat penyembuhan dan sudah dikenal selama kurang lebih 1000 tahun.

Dan sekarang banyak sekali masyarakat yang membudidayakan lidah buaya ini. Mengambil batang lidah buaya nya lalu kemudian diolah menjadi berbagai produk termasuk makanan.

Jika gel lidah buaya di terapkan pada kulit sebagai perawatan, kulit akan menjadi lembab dan halus karena sifatnya sebagai pelembab, disinfektan serta bisa merangsang proses regenerasi kulit.

Selain itu, lidah buaya juga mampu mengurangi peradangan pada kulit seperti jerawat atau memar melalui penghambatan pembentukkan hormon bradikinin dan prostaglandin.

Efek tabir surya yang dimiliki oleh lidah buaya menjadikannya sebagai aditif dalam berbagai macam produk tabir surya.

6. Teh Hijau

Teh Hijau - 7 Herbal Untuk Perawatan Kulit Secara Alami
(Teh Hijau, Sumber Foto: pixabay.com)

Teh hijau telah dikonsumsi oleh masyarakat luas sejak 5000 tahun yang lalu terutama adalah orang jepang. Kebiasaan orang Jepang dalam meminum teh hijau membuat mereka memiliki kulit yang putih dan halus.

Fakta ini sudah menjelaskan bahwa teh hijau pun ternyata memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan kulit.

Tidak seperti teh hitam, kandungan enzim yang terdapat pada teh hijau tidak dilemahkan sehingga khasiat teh hijau ini lebih terasa.

Teh hijau memiliki beberapa kandungan seperti tanin, polifenol, fluoride dan juga kafein.

Ekstrak teh hijau bisa melindungi kulit dari paparan radikal bebas, melawaan penuaan kulit serta melindungi dari sinar ultraviolet.

Jadi, jika waktu senggang, Anda bisa mengkonsumsi teh hijau ini sembari mengaplikasikan ekstrak teh hijau pada kulit. Khasiat yang dirasakan akan lebih maksimal.

7. Bengkoang

Bengkoang - 7 Herbal Untuk Perawatan Kulit Secara Alami
(Bengkoang, Sumber Foto: flickr.com)

Bengkoang atau Pachyrhizus erosus merupakan umbi tanaman yang telah terbukti secara turun temurun digunakan sebagai masker, lulur, pembersih wajah serta pelembab kulit oleh masyarkat Indonesia.

Saya yakin Anda pun pernah mencoba menggunakan bengkoang ini untuk perawatan kulit. Biasanya masyarakat Indonesia menggunakannya sebagai masker wajah.

Ya karena memang bengkoang sudah dipercaya bagus untuk kesehatan kulit, terutama kulit wajah. Kandungan air bengkoang mampu melembabkan, merelaksasi serta menyegarkan kulit wajah.

Berdasarkan penelitian kandungan bengkoang seperti vitamin c, saponin dan juga flavanoid bisa membantu menceah kerusakan kulit akibat radikal bebas.

Selain itu, bengkoang memiliki zat fenolik yang memiliki manfaat sebagai pemutih dengan menghambat proses pembentukan melanin atau pigmentasi akibat paparan sinar ultraabilet matahari, efek samping kosmetik serta bekas jerawat atau luka.

Anda bisa membuat ramuan bengkoang ini di rumah dengan cara menghaluskannya lalu mengaplikasikannya pada kulit wajah dan wajahpun akan menjadi segar kembali.

Kesimpulan

Merawat kesehatan kulit tidak perlu menggunakan perawatan mahal, Anda bisa menggunakan beberapa herbal atau bahan alami yang bisa didapatkan dengan mudah yang tentu saja lebih aman dan tidak memiliki efek samping.

Anda bisa memilih satu dari beberapa bahan alami seperti minyak Zaitun, minyak Chamomile, minyak Almond, minyak Argan, lidah buaya, teh hijau ataupun bengkoang.

Semua herbal tersebut alami dan aman digunakan setiap hari. Dan yang terpenting adalah Anda akan mendapatkan hasil yang luar biasa jika Anda rajin dalam melakukan perawatan.

Nah demikianlah yang bisa saya bahas mengenai herbal untuk perawatan kulit secara alami.

Jika Anda suka dengan artikel ini jangan lupa untuk like dan share.

(Visited 13 times, 1 visits today)
Gambar Gravatar
Hai.. Saya Dindin Hendra. Saya adalah seorang Suami, Ayah, Guru Bahasa Inggris dan juga Blogger. Semoga semua informasi yang saya tulis bisa bermanfaat untuk Anda. Selamat Membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.