9 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami
(9 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami, Sumber Foto:commons*wikimedia*org)

9 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

Diposting pada

Kesehatan – Jika Anda memiliki anggota keluarga penderita tekanan darah tinggi, maka Anda harus mencari cara menurunkan tekanan darah tinggi secara alami. Hal ini karena obat bisa memberikan efek samping yang bahkan lebih buruk.

Dan Anda berada di tempat yang tepat, karena kali ini saya akan membahas tentang cara menurunkan tekanan darah tinggi secara alami yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah dengan tingkat kefektifitasan yang cukup baik.

Semua informasi yang saya tulis di artikel ini merupakan informasi yang saya dapat dari berbagai sumber terpercaya termasuk dari sebuat situs kesehatan internasional prevention*com.

Tekanan darah tinggi memberikan kontribusi yang luar biasa terhadap 15% kematian di Amerika Serikat. Jumlah persen ini didapat berdasarkan sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard University.

Walapun tidak memiliki gejala, tekanan darah tinggi bisa meningkatkan resiko terkena berbagai penyakit mematikan seperti serangan jantung, stroke, pembengkakan pembuluh darah, penurunan fungsi kognitif tubuh, dan gagal ginjal.

Berdasarkan informasi yang di dapat dari Asosiasi Jantung Amerika, diketahui bahwa sekitar 28% dari penduduk Amerika Serikat memiliki tekanan darah tinggi dan parahnya mereka tidak menyadari hal itu.

Ini sebuah data yang mengejutkan. Di satu negara saja seperti Amerika, populasi orang yang memiliki penyakit tekanan darah tinggi sungguh cukup besar.

Bagaimana dengan Anda?

Jika, Anda tidak memeriksakan kesehatan selama kurang lebih 2 tahun, para ahli menyarankan untuk segera memeriksakan kesehatan kepada dokter Anda.

Melihat data dan fakta demikian, tentu saja kita tidak ingin memiliki penyakit tekanan darah tinggi.

Namun, apa jadinya jika kita sudah terlanjur memiliki penyakit tekanan darah tinggi? Apa yang harus kita lakukan?

Setelah diperiksakan ke dokter, mungkin Anda akan diberi berbagai obat untuk menurunkan tekanan darah tinggi Anda.

Obat memang bisa melakukan hal tersebut, akan tetapi obat memiliki efek samping yang buruk bagi kesehatan, apalagi efek samping untuk jangka panjang. Bisa saja Anda malah memiliki penyakit lain selain tekanan darah tinggi.

Salah satu contoh efek samping yang bisa timbul karena penggunaan obat adalah kram kaki, sakit kepala bahkan sampai susah tidur atau insomnia.

Sebenarnya, tekanan darah tinggi ini bisa timbul karena berbagai hal seperti gaya hidup termasuk pola makan, dan juga makanan.

Oleh karena itu, dokter tidak hanya akan memberikan obat tetapi dia juga akan memberikan saran untuk tidak mengkonsumsi jenis makanan tertentu agar tekanan darah bisa menurun dan stabil.

Nah sebenarnya ada cara alami untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Informasi ini saya dapatkan dari situs prevention*com.

Apa saja cara yang bisa kita lakukan?

Mari kita bahas Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi secara Alami pada penjelasan selanjutnya.

9 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

9 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami
(9 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami, Sumber Foto:commons*wikimedia*org)

Cara ini merupakan cara yang sederhana dan tanpa kita sadari ternyata memiliki efek yang sangat luar biasa terhadap penurunan tekanan darah bagi penderita tekanan darah tinggi.

Dan cara ini termasuk cara yang alami, Anda tidak perlu khawatir dengan efek samping karena tidak ada efek samping yang ditimbulkan.

1. Lakukan Olahraga Kardio di Pagi Hari

Lakukan Olahraga Kardio di Pagi Hari
(Olahraga Kardio, Sumber Foto: pixabay*com)

Apakah Anda sering melakukan olahraga jalan santai pada pagi hari?

Orang yang memiliki masalah tekanan darah tinggi sangat dianjurkan sekali untuk melakukan hal ini.

Olahraga jalan santai merupakan salah satu olahraga kardio yang sangat bagus untuk menurunkan tekanan darah.

Sebuah penelitian menunjukan bahwa orang yang selalu melakukan olahraga jalan santai di pagi hari memiliki penurunan tekanan darah sampai 8 mmHg bahkan sampai 6 mmHg.

Dengan olahraga seperti ini bisa membantu jantung dalam memanfaatkan oksigen lebih efisien.

Sehingga jantung tidak bekerja terlalu keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Lakukanlah olahraga kardio seperti ini minimal 30 menit dalam sehari untuk menurunkan tekanan darah.

Dan cobalah untuk menambahkan kecepatan berjalan Anda dan juga menambah jarak yang ditempuh sehingga Anda selalu tertantang melakukan olahraga ini.

Mulai dari sekarang, cobalah untuk berolahraga jalan-jalan pada pagi hari untuk menurunkan tekanan darah Anda.

2. Konsumsi Buah dan Sayuran yang Kaya akan Potasium

Konsumsi Buah dan Sayuran yang Kaya akan Potasium
(Sayuran dan Buah kaya Potasium, Sumber Foto: commons*wikimedia*org)

Mengkonsumsi buah dan sayuran merupakan hal yang sangat baik untuk kesehatan. Namun, untuk menurunkan tekanan darah, kita harus mengkonsumi buah dan sayur yang lebih spesifik yaitu buah dan sayur yang mengandung banyak potasium.

Salah satunya adalah kentang.

Tentu Anda tidak asing lagi dengan kentang. Bahkan mungkin orang Indonesia sangat dekat sekali dengan kentang.

Biasanya kita mengolah kentang ini menjadi berbagai makanan yang enak seperti perkedel, sayur bahkan siomay pun menggunakan kentang.

Dan ternyata kentang sangat bagus untuk menurunkan tekanan darah.

Seperti yang telah dikatakan oleh Linda Van Horn, PhD, RD, seorang profesor pencegahan obat di Northwestern University Feinberg School of Medicine.

Dia mengungkapkan bahwa mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya akan potasium merupakan bagian yang sangat penting dalam program penurunan tekanan darah.

Dia pun menganjurkan untuk mengkonsumsi 2000 – 4000 mg potasium per hari agar bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Beberapa buah dan sayuran lain yang merupakan sumber potasium yang bagus untuk menurunkan tekanan darah terdapat pada ubi manis, tomat, jus jeruk, kentang, pisang, buncis, kacang polong, belewa, semangka manis, dan buah-buahan kering seperti buah prem dan kismis.

3. Kurangi Asupan Garam

Kurangi Asupan Garam
(Garam, Sumber Foto: pixabay*com)

Asupan garam berlebih ternyata bisa memicu timbulnya tekanan darah tinggi.

Beberapa orang di Amerika dengan sejarah keluarga yang memiliki masalah tekanan darah tinggi ternyata sensitif terhadap garam (atau sodium).

Oleh karena itu, menurut Eva Obarzanek, PhD, seorang peneliti nutrisi di National Heart, Lung, and Blood Institute, Amerika, setiap orang harusnya mengurangi asupan sodium.

Lalu berapa banyak soidum yang boleh dikonsumi oleh setiap orang?

Dia menambahkan jika Anda ingin menurunkan tekanan darah, batasan jumlah sodium yang baik untuk dikonsumsi adalah 1.500 mg per hari, sekitar setengah dari rata-rata asupan garam orang Amerika.

Setengah sendok teh garam mengandung 1.200 mg sodium. Jadi, setengah sendok teh garam per hari merupakan batasan asupan garam yang baik untuk menurunkan tekanan darah.

Selain itu, Obarzanek memperingatkan kita untuk memperhatikan asupan sodium dari makanan-makanan yang diproses.

Hal ini karena dari situlah kebanyak asupan sodium berasal.

Jadi, bumbui makanan Anda dengan alternatif lain seperti bumbu rempah-rempah, bumbu herbal, air perasan lemon atau campuran bumbu yang bebas garam.

4. Mengkonsumi Dark Chocolate

Mengkonsumi Dark Chocolate
(Dark Chocolate, Sumber Foto: pixabay*com)

Dark chocolate merupakan varian coklat dimana jenis coklat ini memiliki kandungan gula yang lebih sedikit dan kandungan flavanols yang lebih banyak.

Mengkonsumsi coklat memang bisa membuat kita lebih rileks dan tenang.

Penjelasan ilmiahnya karena dark coklat mengandung flavanol yang bisa membuat pembuluh darah menjadi lebih elastis dan menurunkan tekanan darah.

Hal ini diperkuat dengan sebuah penelitian yang menunjukan bahwa 18 % pasien penderita tekanan darah tinggi yang mengkonsumsi dark chocolate setiap hari berhasil menurunkan tekanan darah mereka.

Jika Anda ingin mulai mencoba mengkonsumsinya, setengah ons per hari merupakan jumlah yang cukup untuk dikonsumi dan pastikan coklatnya mengandung setidaknya 70% kandungan cocoa.

5. Konsumsi Kopi Tanpa Kandungan Kafein

Konsumsi Kopi Tanpa Kandungan Kafein
(Kopi Tanpa Kafein, Sumber Foto: pixabay*com)

Para peniliti telah berdebat cukup panjang mengenai pengaruh kafein terhadap tekanan darah.

Beberapa penelitian menunjukan tidak ada pengaruh. Akan tetapi, sebuah penelitian dari Duke University Medical Center menunjukan hasil yang berbeda.

Mereka menemukan bahwa mengkonsumsi 500 mg kafein, atau secara kasarnya 8 ons kopi, bisa meningkatkan tekanan darah sebesar 4 mmHg dan pengaruh ini terus berlangsung sampai waktu tidur.

Sebagai referensi, 8 ons kopi mengandung sekitar 100 sampai 125 mg kafein. Dengan jumlah yang sama, teh hanya memiliki 50 mg kafein sedangkan cola hanya sekitar 40 mg kafein.

Jim Lane, PhD, seorang profesor asosiasi penelitian di Duke University sekaligus sebagai pimpinan penelitian, mengatakan bahwa kafein bisa meningkatkan tekanan darah dengan cara mengencangkan pembuluh dan memperbesar pengaruh stress.

Dia menambahkan “Ketika Anda sedang stress, jantung Anda mulai memompa lebih banyak darah, meningkatkan tekanan darah dan kafein memperbesar pengaruh tersebut”.

Sehingga sangat disarankan sekali untuk mengganti kopi yang biasa Anda konsumsi menjadi kopi yang bebas kafein.

Ini juga merupakan langkah yang sederhana untuk menurunkan tekanan darah.

6. Kurangi Jam Kerja Anda di Kantor

Kurangi Jam Kerja Anda di Kantor
(Kurangi Jam Kerja di Kantor, Sumber Foto: pixabay*com)

Mengurangi jam kerja Anda di kantor mungkin bagi sebagian orang akan sangat sulit untuk dilakukan dimana setiap perusahaan memiliki aturan tersendiri.

Dan mungkin sebagian orang akan bertanya mengenai apa hubungannya antara tekanan darah tinggi dan juga kerja di kantor?

Perlu Anda ketahui bahwa ada hubungan antara jam kerja yang padat dengan tekanan darah tinggi.

Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian terhadap 24.205 penduduk California yang dilakukan oleh University of California di Irvine, Amerika Serikat.

Penelitian tersebut menunjukan bahwa bekerja selama 41 jam lebih dikantor bisa meningkatkan resiko hipertensi atau tekanan darah tinggi sebesar 15%.

Ini angka yang cukup besar, bukan?

Bekerja berlebihan akan membuat kita sulit untuk berolahraga dan makan makanan yang sehat, tambah Haiou Yang, PhD, seorang pemimpin penelitian.

Mungkin akan sulit dilakukan dimana orang menganggap waktu adalah uang.

Tetapi cobalah untuk pulang kerja lebih awal sehingga Anda bisa pergi berolahraga dan memasak masakan yang sehat.

Lakukan hal itu sesering mungkin untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, manfaatkan dengan baik hari libur Anda untuk tidak memikirkan pekerjaan kantor terlebih dahulu.

7. Bersantai Dengan Mendengarkan Musik

Bersantai Dengan Mendengarkan Musik
(Mendengarkan Musik, Sumber Foto: pixabay*com)

Hampir semua orang menyukai musik dan banyak dari mereka yang mendengarkan musik dimana saja dan kapan saja.

Musik ternyata bisa membuat Anda lebih santai dan menurunkan tekanan darah dimana hasilnya lebih baik daripada mengkonsumsi obat-obatan.

Hal ini diperkuat oleh sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peniliti di University of Florence, Italia.

Para peniliti meminta sekitar 28 orang dewasa untuk mendengarkan lagu-lagu klasik selama 30 menit setiap harinya selama satu minggu.

Dan hasilnya menunjukan bahwa tekanan darah mereka menurun ditunjukan dengan nilai systolic reading menurun 3, 2 poin daripada nilai rata-rata sebelumnya.

Sebulan kemudian nilai systolic reading mereka turun sampai 4,4 poin.

Ini merupakan hasil yang luar biasa dan menunjukan bahwa mendengarkan musik bisa membantu Anda menurunkan tekanan darah.

8. Cari Bantuan Untuk Masalah Mendengkur Anda

Cari Bantuan Untuk Masalah Mendengkur Anda
(Mendengkur, Sumber Foto: pixabay*com)

Saatnya mendengarkan komplen dari pasangan Anda dan periksakan dengkuran Anda.

Dengkuran yang keras dan tidak berhenti merupakan salah satu gejala utama dari Obstructive Sleep Apnea (OSA) / gangguan tidur.

Para peniliti di University of Alabama menemukan bahwa banyak sekali penderita Sleep Apnea / gangguan tidur juga memiliki tingkat aldosterone yang tinggi.

Aldosterone ini merupakan sebuah hormon yang bisa memicu/meningkatkan tekanan darah.

Dan pada kenyataanya, setengah dari orang-orang penderita Sleep Apnea memiliki masalah tekanan darah tinggi.

Jadi, jika Anda memiliki masalah mendengkur, sebaiknya Anda pergi dan periksakan ke dokter apakah masalah ini bisa diatasi.

Karena dengan mengobati Sleep Apnea akan mengurangi tingkat aldosterone yang pada akhirnya akan menurunkan tekanan darah Anda.

9. Konsumsi Makanan dan Minuman Yang Berasal dari Kedelai

Konsumsi Makanan dan Minuman Yang Berasal dari Kedelai
(Susu Kedelai, Sumber Foto: pixabay*com)

Siapa sangka ternyata kedelai juga sangat bagus untuk menurunkan tekanan darah.

Penelitian dari Circulation: Journal of the American Heart Association menemukan bahwa mengganti karbohdirat dengan makanan yang tinggi akan kedelai atau protein susu seperti susu rendah lemak, menurunkan tekanan darah.

Hal ini merupakan kabar baik bagi Anda penderita hipertensi atau prehipertensi.

Selain susu rendah lemak beberapa olahan kedelai seperti tahu dan tempe juga sangat baik untuk dikonsumsi penderita hipertensi.

Kesimpulan

Menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi bukan sebuah keinginan dari setiap orang. Banyak faktor yang membuat orang memiliki masalah tekanan darah tinggi dari mulai gen sampai makanan pemicu hipertensi.

Namun, bukan berarti masalah ini tidak bisa diatasi. Masih banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menurunkan tekanan darah di dalam tubuh.

Banyak orang yang memilih dengan obat-obatan dan tidak pula sedikit orang yang ingin mencari cara alami menurunkan tekanan darah.

9 cara menurunkan tekanan darah tingi secara alami yang sudah saya jelaskan diatas bisa menjadi solusi alternatif bahkan solusi terbaik untuk Anda daripada menggunakan obat-obatan.

Hal ini mengingat obat-obatan bisa memiliki efek samping yang malah bisa memperburuk keadaan kita di masa yang akan datang.

Semoga apa yang saya sampaikan di artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua khusunya bagi mereka penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.

(Visited 50 times, 1 visits today)
Gambar Gravatar
Hai.. Saya Dindin Hendra. Saya adalah seorang Suami, Ayah, Guru Bahasa Inggris dan juga Blogger. Semoga semua informasi yang saya tulis bisa bermanfaat untuk Anda. Selamat Membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *