Alasan Kenapa Harus Menggunakan Custom Domain Blogspot
(Ilustrasi Kenapa Anda Harus Menggunakan Custom Domain Blogspot, Sumber Foto: dindin.id)

Alasan Kenapa Harus Menggunakan Custom Domain Blogspot

Diposting pada

Di artikel ini saya akan menjelaskan mengenai custom domain blogspot sekaligus beberapa alasan kenapa Anda harus mulai menggunakan nya jika Anda benar-benar serius di dunia Blogging.

Saya masih ingat dahulu ketika pertama kali mengenal dunia blogging dari seorang teman, saya memulainya dengan membuat blog di blog platform gratis yaitu Blogger.com.

Blogger atau sering juga disebut sebagai blogspot merupakan blog platform yang paling terkenal selain dari wordpress.com.

Banyak orang membuat blog dan memulai karir nya dari blogspot.

Namun tidak sedikit dari mereka yang memutuskan untuk merubah alamat blog mereka menggunakan domain sendiri sehingga blog nya disebut sebagai custom domain blogspot.

Custom domain blogspot ini artinya kita memasang sebuah domain di hosting blogger.

Lalu kenapa orang memilih custom domain blogspot ketimbang menggunakan subdomain blogspot itu sendiri?

Apakah subdomain yang diberikan oleh blogger.com itu tidak bagus?

Jawabannya tentu saja tidak karena banyak juga blogger lain yang sukses hanya bermodalkan subdomain blogspotnya dan bisa bersaing di SERP.

Silahkan Anda cek di Google, tidak sedikit blog dengan subdomain blogspot gratis yang bercokol di halaman satu Google yang memberikan kita banyak informasi yang kita inginkan.

Bahkan tidak sedikit pula blogspot gratisan ini bisa mengalahkan situs-situs besar.

Itulah bukti nya kalau subdomain blogspot tidaklah seburuk yang dibayangkan.

Namun, ada beberapa manfaat lain yang bisa kita dapatkan jika menggunakan domain sendiri di blog blogspot kita terutama bagi Anda yang benar-benar ingin serius menjalankan bisnis di dunia blogging.

Untuk itulah, saya akan mengulas beberapa alasan kenapa Anda harus mulai menggunakan custom domain blogspot.

9 Alasan Kenapa Anda Harus Menggunakan Custom Domain Blogspot

Alasan Kenapa Harus Menggunakan Custom Domain Blogspot
(Ilustrasi Kenapa Anda Harus Menggunakan Custom Domain Blogspot, Sumber Foto: dindin.id)

Penggunaan custom domain blogspot memiliki berbagai macam manfaat yang bisa kita rasakan. Manfaat atau alasan-alasan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

Terlihat Lebih Profesional

Sebuah kepercayaan dari para pembaca atau pengunjung blog bisa kita dapatkan jika kita membuat sebuah blog atau situs yang terlihat profesional.

Dan salah satu indikator sebuah situs terlihat profesional adalah penggunaan domain bukan subdomain yang kita dapatkan dari blogspot.

Jadi, ketika kita meng-custom domain blogspot, kepercayaan pembaca terhadap blog kita akan terus meningkat dan diiringi pula dengan peningkatan jumlah pengunjung.

Apalagi jika dibarengi dengan penggunaan SSL pada domain tersebut. Pengunjungpun kan merasa aman ketika membaca artikel di blog Anda.

Kabar baiknya kini blogger menyediakan SSL gratis khusus untuk pengguna setia nya. Dan saya sudah membuat artikel tutorial tentang bagaimana cara mengaktifkan SSL di Blogger yang bisa Anda baca.

Meningkatkan Reputasi Blog

Manfaat yang kedua ini masih ada kaitannya dengan manfaat di poin sebelumnya.

Selain pengunjung akan lebih percaya terhadap informasi yang kita berikan, reputasi blog kita di kalangan blogger pun akan terbangun.

Karena pada dasarnya, para blogger akan lebih menghormati blog yang menggunakan TLD (Top Level Domain) dibandingkan mereka yang tidak menggunakannya.

Walaupun ini tidak jadi ukuran mutlak.

Akan tetapi, reputasi blog kita di blogosphere akan lebih baik jika menggunakan domain sendiri.

Blog Menjadi Mudah Diingat

Penggunaan domain akan lebih memudahkan orang untuk mengingat blog kita.

Hal ini tentu saja masuk akal karena subdomain blogspot itu bisa dibilang cukup panjang untuk diingat oleh seseorang.

Bayangkan saja pengunjung Anda harus mengetikan alamat blog Anda di browser “iniblognyakamu.blogspot.com” dan pengunjung Anda pasti tidak hanya mengunjungi blog Anda saja.

Jadi agar mereka bisa mengingatnya dengan baik kita harus memiliki domain yang mudah diingat.

Oh ia, ngomong-ngomong masalah domain, domain itu ada dua macam.

Pertama ada yang disebut domain branding seperti misalnya menggunakan nama kita “dindin.id”, “ujang.com” atau mengunakan domain yang eye catching serta berbeda dari yang lain.

Yang kedua adalah domain yang di sebut KOD (Keyword On Domain) dimana kita menggunakan kata kunci yang ingin kita targetkan di Google menjadi nama domain kita misalnya “caramembuatblog.com”.

Nah baik Domain Branding atau pun KOD, jika kita menggunakannya, orang-orang akan lebih mudah untuk mengingatnya sehingga ketika mereka ingin mencari informasi di internet, mereka akan langsung bisa masuk ke blog kita dengan mengetikkan nama domain blog kita di browser.

Meningkatkan Score SEO Blog di Search Engine

SEO atau Search Engine Optimization merupakan hal terpenting yang harus diperhatikan oleh para blogger jika ingin blognya masuk di halaman pertama mesin pencari.

Dan Google menyatakan bahwa penggunaan Top Level Domain adalah salah satu faktor dari SEO tersebut.

Jadi mau tidak mau kita harus mulai menggunakan domain sendiri jika kita ingin bersaing dengan blog lainnya di halaman satu mesin pencari.

Peningkatan Jumlah Pengunjung atau Pelanggan

Jika orang-orang menyukai apa yang Anda tulis di blog Anda. Apalagi jika tulisan Anda itu unik dan menarik serta menawarkan sesuatu yang mereka butuhkan.

Namun, ketika mereka tahu bahwa blog yang mereka baca menggunakan subdomain blogspot misalnya, mereka cenderung ragu akan keabsahan sumber informasi yang mereka baca.

Mereka beranggapan bagaimana mereka bisa mempercayai sebuah blog atau situs jika pembuat konten tersebut masih menggunakan sumber yang gratis.

Dan sebaliknya, mereka beranggapan bahwa situs yang menggunakan Top Level Domain merupakan situs komersial dimana blog tersebut dikelola secara profesional.

Selain itu mereka beralasan bahwa orang yang mengelola blog dengan domain sendiri cukup membuktikan bahwa mereka serius dalam mengelola kontennya karena berinvestasi pada domain yang mereka beli.

Dan pada akhirnya jumlah pengunjung pun akan terus meningkat.

Budget Yang Terjangkau

Dengan budget yang terbatas kita bisa membuat blog profesional yang kita inginkan karena kita hanya membeli domain saja tanpa hosting.

Untuk itulah kenapa banyak orang memilih membangun blog di blogger karena blogger memberikan layanan hosting secara gratis dan yang terpenting adalah bisa meng-custom subdomain menjadi domain yang kita mau.

Ini tentu berbeda jika kita ingin membangun blog dengan wordpress selfhosted dimana kita pun harus membeli layanan hosting per tahun.

Dan itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Jadi ini sangat cocok bagi blogger pemula yang memiliki minim budget.

Kita tinggal fokus pada pengisian konten blog saja tanpa harus memikirkan layanan hosting atau lainnya.

Bisa Dipindah Ke WordPress

Ada kalanya kita bosan dengan apa yang kita lakukan. Sama halnya dengan aktifitas nge-blog.

Jika suatu saat Anda sudah bosan dengan blogger dan berpikir untuk mencoba membangun blog di wordpress selfhosted, maka Anda bisa bermigrasi atau mengekspor semua konten yang ada di blogger dengan cara yang tepat ke platform wordpress tanpa kehilangan trafic.

Hal ini karena semua link postingan yang ada di blogger tidak akan mengalami perubahan sedikit pun jika dipindah ke wordpress dengan pengaturan permalink yang sesuai.

Mudah Untuk Di-Monetize

Blog yang kita buat bisa menghasilkan uang dengan memasang iklan.

Kita bisa mendaftarkannya melalui situs layanan iklan dan mulai mendapatkan uang dari iklan tersebut.

Nah kebanyakan situs layanan iklan tidak menerima blog bersubdomain, mereka hanya difokuskan untuk blog dengan TLD.

Salah satunya adalah situs layanan iklan BuySellAds.

Sehingga kesempatan kita untuk mendapatkan iklan dari situs-situs layanan iklan tersebut menjadi sangat terbatas walaupun kita masih bisa mendapatkannya dari Google Adsense.

Google Adsense bisa menerima situs bersubdomain blogspot maupun juga blog ber-TLD.

Namun blog tersebut akan mendapatkan jenis akun yang berbeda (Hosted dan Non Hosted) dengan pembatasan fitur-fitur tertentu.

Hosted hanya diperuntukan bagi para pengguna subdomain blogspot sedangkan non hosted tidak hanya diperuntukan blog atau situs ber-TLD tetapi juga untuk blog bersubdomain.

Dan kita bisa meng-upgrade akun hosted menjadi non hosted dengan blog yang menggunakan domain sendiri.

Meningkatkan Semangat Untuk Mengisi Konten

Nah ini nih yang bikin beda antara menulis konten di blog bersubdomain blogspot dengan nulis konten di blog yang sudah custom domain.

Semangatnya.

Akan ada perbedaan rasa semangat menulis disini.

Tidak percaya??

Silahkan buktikan sendiri.

Blog yang sudah kita custom domainnya akan memberikan semangat baru kepada kita untuk mengisi konten dan mendapatkan penghasilan dari blog tersebut.

Kesimpulan

Sudah saatnya Anda menggunakan custom domain blogspot karena bisa memberikan berbagai macam manfaat positif.

Mulai dari penampilan profesional blog, meningkatkan reputasi blog, mudah diingat, peningkatan score SEO, jumlah pengunjung yang meningkat, bisa didapatkan dengan budget yang terbatas, bisa migrasi ke wordpress tanpa kehilangan trafic, kesempatan untuk mendapatkan penghasilan sampai meningkatkan semangat mengisi konten blog.

Anda bisa membaca artikel saya sebelumnya tentang tutorial setting custom domain blogspot.

Dan jika Anda masih bingung mencari dimana situs yang menyediakan domain murah dan mudah, maka saya sangat menyarankan situs ini dimana Anda bisa mendapatkan domain dengan mudah dan harga yang murah serta masuk akal.

Silahkan cek domain yang Anda inginkan di situs ini.

Jangan lupa untuk share artikel ini ya.

(Visited 44 times, 1 visits today)
Gambar Gravatar
Hai.. Saya Dindin Hendra. Saya adalah seorang Suami, Ayah, Guru Bahasa Inggris dan juga Blogger. Semoga semua informasi yang saya tulis bisa bermanfaat untuk Anda. Selamat Membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.