Klik Ikon Wordpress - Cara Install WordPress di CPanel dengan Softaculous
(Klik Ikon Wordpress, Sumber Foto: dindin*id doc)

Cara Install WordPress di CPanel Dengan Softaculous

Diposting pada

WordPress – Di artikel ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara install WordPress di CPanel dengan Softaculous. Ini merupakan cara yang termudah, menurut saya, yang bisa Anda lakukan untuk menginstal WordPress di CPanel.

Jika Anda belum membaca artikel saya sebelumnya tentang cara install WordPress di CPanel secara manual, saya sarankan Anda untuk membacanya terlebih dahulu karena disana Anda akan menemukan informasi dasar lainnya yang tidak akan saya tuliskan lagi disini.

Untuk menginstal WordPress di CPanel, penyedia layanan web hosting banyak memberikan kemudahan kepada konsumennya. Salah satunya adalah dengan menyediakan Softaculous di control panel mereka.

Softaculous merupakan sebuah script auto-installer yang paling populer di kalangan blogger. Script ini memberikan kemudahan bagi Anda untuk menginstal berbagai aplikasi web seperti WordPress hanya dengan beberapa klik saja.

Tidak kurang dari 5 menit Anda sudah bisa menginstal WordPress dan juga Anda bisa langsung menggunakan blog WordPress baru Anda.

Cara ini pula yang biasanya saya lakukan untuk menginstall beberapa blog saya sebelumnya. Dan memang cara ini sangat mudah dan cepat.

Dan saya yakin Anda pun bisa melakukannya.

Yuk kita ikuti langkah-langkah dalam menginstall WordPress di CPanel dengan Softaculous berikut ini.

Cara Mudah Install WordPress di CPanel Dengan Softaculous

Dalam tutorial ini, saya asumsikan Anda sudah membeli domain baik itu ketika membeli hosting ataupun membeli di penyedia layanan hosting lainnya dan menambahkannya di hosting Anda.

Untuk cara menambahkan domain baru di CPanel akan dibahas terpisah nanti.

Langkah 1. Jika Anda sudah membeli paket hosting di perusahaan penyedia layanan web hosting pilihan Anda, login ke akun CPanel dengan informasi yang sudah mereka berikan ke alamat email.

Setelah Anda login, Anda akan langsung melihat dashboard CPanel. Saya ingatkan bahwa tampilan CPanel akan sedikit berbeda antara perusahaan web hosting yang satu dengan lainnya.

Setidaknya itu yang saya alami, tampilan dashboard CPanel akan sedikit berbeda dari satu provider dengan provider yang lain.

Karena blog ini hostingnya di NameCheap, jadi berikut ini tampilan dari CPanel di NameCheap.

Tampilan Dashboard CPanel - Cara Install WordPress di CPanel dengan Softaculous
(Tampilan Dashboard CPanel, Sumber Foto: dindin*id doc)

Langkah 2. Selanjutnya cari ikon Softaculous atau ikon WordPress Installer. Biasanya mereka berada di bagian Auto-Installer. Tetapi untuk di Namecheap, Anda bisa langsung melihatnya dibagian “Software”.

Cari dan Klik Ikon Softaculous - Cara Install WordPress di CPanel dengan Softaculous
(Cari dan Klik Ikon Softaculous, Sumber Foto: dindin*id doc)

Jika Anda sudah menemukannya, klik ikon tersebut dan Softaculous akan mulai bekerja dengan membawa Anda ke halamannya.

Langkah 3. Cari ikon WordPress dan klik. Anda juga bisa mencarinya di menu samping kiri dibagian “Blogs”.

Klik Ikon WordPress - Cara Install WordPress di CPanel dengan Softaculous
(Klik Ikon WordPress, Sumber Foto: dindin*id doc)

Langkah 4. Setelah diklik pertama kali Anda akan melihat overview dari WordPress. Untuk menginstal dan melanjutkan ke langkah selanjutnya, Anda harus mengklik tab “Install”.

Klik Install atau Install Now - Cara Install WordPress di CPanel dengan Softaculous
(Klik Install atau Install Now, Sumber Foto: dindin*id doc)

Langkah 5. Softaculous akan meminta Anda dimana Anda ingin menginstal WordPress. Anda bisa memilih protokol http://, atau http://www.

Jika Anda membeli fitur SSL dan HTTPS untuk situs atau blog Anda, maka Anda sebaiknya memilih protokol https:// atau https://www.

Setelah itu, Anda harus memilih nama domain dimana Anda akan menginstal WordPress. Kebanyakan para pengguna ingin menginstall WordPress di direktori root domain mereka seperti abcd.com.

Untuk itu, pastikan pada bagian atau kolom “In Directory” dikosongkan.

Pilih Protokol dan Nama Domain - Cara Install WordPress di CPanel dengan Softaculous
(Pilih Protokol dan Nama Domain, Sumber Foto: dindin*id doc)

Catatan bagi Anda yang membeli nama domain di web hosting berbeda, Anda perlu mengupdate nameserver terlebih dahulu.

Langkah 6. Selanjutnya, skrol ke bawah sedikit ke bagian “Site Settings”.

Disana Anda harus memasukan informasi situs/blog Anda seperti nama situs dan juga deskripsinya. Namun jangan khawatir karena Anda masih bisa mengubahnya nanti di area admin blog.

Kemudian, Anda juga akan diminta untuk memasukan username, password dan juga alamat email.

Masukan Informasi Situs - Cara Install WordPress di CPanel dengan Softaculous
(Masukan Informasi Situs, Sumber Foto: dindin*id doc)

Secara default, Softaculous akan mengisi username untuk anda. Disamping itu, Anda juga bisa membuat password yang kuat dengan mengklik tombol “generate password”.

Namun, Anda bisa mengubah username dan password sesuai dengan keinginan agar lebih mudah diingat. Sebagai saran, Anda sebaiknya membuat password yang kuat untuk blog Anda.

Hal ini sangat perlu dilakukan untuk menjaga keamanan dari blog WordPress Anda.

Setelah itu, pastikan juga Anda mengisi alamat email yang benar karena WordPress akan memberikan beberapa pemberitahuan melalui email seperti link untuk mereset password jika Anda lupa.

Langkah 7. Bagian Setting selanjutnya seperti pengaturan bahasa dan tema WordPress merupakan opsional. Anda bisa merubahnya nanti di area admin.

Langkah 8. Sekarang Anda tinggal mengklik tombol “Install”. Dan jangan lupa untuk mengisi alamat email Anda dimana WordPress nantinya akan memberikan email pemberitahuan instalasi jika sudah berhasil.

Masukkan Email dan Klik Install - Car Install WordPress di CPanel dengan Softaculous
(Masukkan Email dan Klik Install, Sumber Foto: dindin*id doc)

Softaculous akan memulai proses instalasi WordPress dengan pengaturan yang sudah Anda buat. Anda akan melihat progress bar dengan status instalasi.

Proses ini tidak akan lama, hanya berkisar antara 3 – 4 menit. Apalagi jika koneksi internet Anda sangat bagus, Anda melihat proses instalasi ini begitu cepat.

Mohon untuk tidak menutup browser Anda sebelum proses instalasi mencapai 100 % atau hal itu akan memberikan dampak buruk terhadap instalasi WordPress Anda.

Tunggu sampai proses mencapai 100% dan Anda akan melihat pesan berhasil setelah proses instalasi selesai.

Disana juga Anda akan mendapatkan informasi link situs/blog (domainanda.com) dan juga informasi link area admin situ/blog Anda (domainanda.com/wp-admin).

Langkah 9. Proses instalasi WordPress pun selesai.

Selanjutnya Anda tinggal menuju link area admin dan login.

Apa saja yang harus kita lakukan setelah berhasil menginstall WordPress?

Setelah kita berhasil menginstall WordPress, ada beberapa hal yang harus kita lakukan seperti pemilihan tema dan seting lainnya.

Saya akan bahas mengenai hal itu pada tulisan selanjutnya.

Kesimpulan

Cara install WordPress di CPanel dengan Softaculous merupakan cara yang paling sederhana, mudah dan juga cepat. Anda hanya membutuhkan beberapa klik dan sedikit waktu saja untuk menginstall WordPress.

Cara ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang tidak mau ribet dengan proses instalasi WordPress.

Dan cara ini pula yang sering digunakan oleh kebanyakan pengguna WordPress, termasuk saya pribadi.

Nah itu dia bagaimana cara install WordPress di CPanel dengan Softaculous Installer Apps.

Mudah-mudahan Anda bisa memahami apa yang saya sampaikan dan bisa membantu dalam proses instalasi WordPress untuk blog Anda.

Jangan lupa untuk like dan share artikel ini di sosial media yang Anda miliki.

(Visited 80 times, 1 visits today)
Gambar Gravatar

Hai.. Saya Dindin Hendra. Saya adalah seorang Suami, Ayah, Guru Bahasa Inggris dan juga Blogger. Semoga semua informasi yang saya tulis bisa bermanfaat untuk Anda. Selamat Membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *