Login ke CPanel - Cara Instal WordPress di CPanel Secara Manual
( CPanel Login, Sumber Foto: dindin*id doc)

Cara Install WordPress Di Cpanel Secara Manual

Diposting pada

Blogging (WordPress) – Artikel ini membahas tentang cara instal WordPress di Cpanel secara manual. Manual dalam arti kita akan menginstal WordPress di Cpanel hosting dengan cara yang sederhana yaitu upload file dan membuat database sendiri.

WordPress adalah sebuah blogging platform dan CMS (Content Management System) yang sangat terkenal didunia. Banyak para blogger yang lebih memilih WordPress untuk membangun blog karena kemudahan yang ditawarkannya.

Hal ini termasuk juga kemudahan dalam menginstal WordPress di CPanel hosting. Dan semua perusahaan web hosting yang terbaik menawarkan Anda untuk bisa menginstalnya dengan hanya beberapa klik saja.

Menginstal WordPress merupakan sebuah proses sederhana dimana kita hanya membutuhkan waktu kurang lebih 5 menit sampai proses instalasi selesai.

Sebenarnya kita bisa menginstal WordPress dengan berbagai cara yang mudah. Kita bisa menginstalnya melalui Softaculous, MOJO Marketplace, Quickinstall, Fantastico, dan juga melalui akun FTP.

Dan saya akan memberikan tutorial instal WordPress secara menyeluruh dan bertahap di blog ini. Namun, pada kesempatan kali ini saya akan membahas terlebih dahulu tentang bagaimana cara install WordPressdi Cpanel secara manual.

Bagi Anda yang ingin memulai blognya dengan WordPress jangan khawatir karena prosesnya mudah dan sederhana. Anda pasti bisa mengikutinya dengan baik.

Agar lebih mudah mengikuti pembahasan, berikut ini saya berikan daftar isi tutorial ini untuk Anda.

Hal-Hal Yang Anda Butuhkan Sebelum Menginstall WordPress

Sebelum menginstal WordPress, ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan. Pertama, Anda akan membutuhkan nama domain.

Untuk nama domain, saya sarankan Anda untuk memilih nama domain yang sesuai dengan topik atau niche blog yang akan Anda bangun nanti karena hal ini nantinya akan berkaitan dengan SEO (Search Engine Optimization).

Namun, Anda juga bisa memilih branding sebagai nama domain Anda seperti nama Anda sendiri. Contohnya adalah blog saya ini (dindin.id).

Kedua, Anda membutuhkan web hosting terbaik, baik itu web hosting lokal maupun web hosting terbaik di dunia.

Ada banyak sekali pilihan web hosting terbaik yang bisa Anda pilih. Untuk lokal, menurut saya, Anda bisa memilih web hosting seperti Nagahoster, Rumahweb dan juga Ardetamedia.

Untuk internasional atau web hosting luar, ada beberapa rekomendasi bagus untuk Anda. Web hosting seperti Namecheap, Hawkhost, dan juga Bluehost merupakan web hosting terbaik saat ini.

Tentu semua kembali lagi kepada kemampuan Anda sendiri, semua tergantung dengan budget yang Anda miliki.

Bagi Anda yang hanya sekedar ingin mencoba atau belajar menginstal sebelum Anda benar-benar serius menggunakan WordPress sebagai blogging platform, beberapa web hosting juga menawarkan paket hosting gratis.

Ketiga, Anda harus menyiapkan file WordPress versi terbaru yang harus Anda download terlebih dahulu di situs WordPress.org atau Anda bisa mendownloadnya disini.

Setelah Anda mempersiapkan ketiga hal tersebut, Anda sudah siap tempur untuk menginstall WordPress di Cpanel.

Bagaimana Cara Install WordPress di CPanel Secara Manual

Selanjutnya, kita sudah sampai pada pembahasan cara install WordPress secara manual. Saya asumsikan bahwa Anda sudah menyiapkan ketiga hal yang sudah saya sebutkan diatas.

Ketika Anda membeli paket hosting di sebuah penyedia layanan web hosting, Anda akan diminta untuk memasukan nama domain yang nanti akan Anda gunakan.

Jika Anda membeli domain di satu penyedia layanan web hosting yang sama, Anda tinggal memasukan nama domainnya, namun jika Anda membeli di penyedia layanan web hosting yang berbeda Anda harus merubah nameserver dari domain tersebut nantinya.

Baiklah setelah semuanya siap, berikut ini langkah-langkahnya:

1. Login ke CPanel dengan memasukan username dan password yang diberikan oleh penyedia layanan web hosting Anda

Login ke CPanel - Cara Instal WordPress di CPanel Secara Manual
( CPanel Login, Sumber Foto: dindin*id doc)

2. Setelah berhasil login Anda akan dibawa ke tampilan dashboard CPanel. Dan berikut ini tampilan dari dashboard CPanel dimana saya membeli layanan webosting disana.

Dashboard CPanel - Cara Instal WordPress di CPanel Secara Manual
( CPanel Dashboard, Sumber Foto: dindin*id doc )

Setiap tampilan mungkin Akan sedikit berbeda dari penyedia layanan web hosting yang satu dengan lainnya.

3. Cari File Manager ikon kemudian klik.

File Manager Icon - Cara Install WordPress di CPanel Secara Manual
( File Manager Icon, Sumber Foto: dindin*id doc )

4. Anda akan dibawa ke tampilan File Manager.

File Manager - Cara Install WordPress di CPanel Secara Manual
( File Manager, Sumber Foto: dindin*id doc )

5. Klik /public_html/ dan Anda akan diarahkan ke bagian /public_html/ dimana Anda harus mengupload file WordPress versi terbaru Anda disana. /public_html/ merupakan root website directory dari domainanda.com.

Public_html - Cara Install WordPress di CPanel Secara Manual
( Public_html, Sumber Foto: dindin*id doc )

Jadi, jika Anda ingin menginstal WordPress di sebuah subfolder seperti domainanda.com/blog/, maka Anda harus mengupload file nya di folder /public_html/blog/.

Tampilan public_html - Cara Install WordPress di CPanel Secara Manual
( Tampilan public_html, Sumber Foto: dindin*id doc )

6. Klik upload kemudian upload file WordPress versi terbaru yang sudah Anda download sebelumnya.

Upload File - Cara Install WordPress di CPanel Secara Manual
( Upload File, Sumber Foto: dindin*id doc )

7. Setelah selesai di upload, kemudian ekstrak file nya.

Ekstrak File - Cara Install WordPress di CPanel Secara Manual
( Ekstrak File, Sumber Foto: dindin*id doc )

8. Kemudian kembali lagi ke dashboard CPanel untuk membuat sebuah database. Cari ikon MySQL Databases lalu klik dan Anda akan diarahkan ke halaman database.

MySQL Database - Cara Install WordPress di CPanel Secara Manual
( MySQL Database, Sumber Foto: dindin*id doc )

9. Anda akan melihat kolom untuk membuat database. Masukkan nama database Anda dan klik “Create Database”.

Create Database - Cara Install WordPress di CPanel Secara Manual
( Create Database, Sumber Foto: dindin*id doc )

10. Sekarang Anda telah berhasil membuat Database, tetapi MySQL masih membutuhkan username untuk mengakses database tersebut. Jadi, skrol ke bawah ke bagian MySQL Users untuk membuat username.

11. Anda akan melihat kolom “Username” dan “Password”. Silahkan masukkan username dan password Anda lalu klik tombol “Create a User”. Username pun sudah berhasil Anda buat namun masih belum bisa mengakses database secara penuh.

Username dan Password - Cara Install WordPress di CPanel Secara Manual
( Username dan Password, Sumber Foto: dindin*id doc )

12. Masih dihalaman MySQL Database, skrol ke bawah ke bagian “Add a User to a Database”. Pilih User dan Database yang sudah Anda buat dengan cara memilih di menu dropdown. Kemudian klik tombol “add”.

Add User dan Database - Cara Install WordPress di CPanel Secara Manual
( Add User dan Database, Sumber Foto: dindin*id doc )

13. Sekarang Anda diminta untuk memilih “privileges” untuk user yang telah Anda buat. Centang semua “privileges” dan klik tombol “Make Changes”.

Privileges - Cara Install WordPress di CPanel Secara Manual
( Privileges, Sumber Foto: dindin*id doc )

14. Dan MySQL User dan Database Anda pun sudah siap dan saatnya untuk Anda menjalankan Install WordPress.

15. Buka browser Anda dan ketikan nama domain Anda (domainanda.com) atau root dimana Anda telah mengupload file WordPress.

Klik enter dan Anda akan melihat halaman pemilihan bahasa. Anda bisa memilih bahasa yang ingin digunakan sesuai kehendak atau pilih English sebagai pengaturan default karena Anda masih bisa mengubahnya nanti.

Halaman Bahasa - Cara Install WordPress di CPanel Secara Manual
( Halaman Bahasa, Sumber Foto: dindin*id doc )

Klik “Continue” untuk memproses.

16. Selanjutnya Anda akan melihat halaman instruksi. Pada dasarnya WordPress akan memberitahu Anda bahwa WordPress membutuhkan nama database, username, password, dan juga informasi host MySQL.

Halaman Instruksi - Cara Install WordPress di CPanel Secara Manual
( Halaman Instruksi, Sumber Foto: dindin*id doc )

Klik tombol “Let’s Go” untuk melanjutkan.

17. Kemudian WordPress akan menunjukan halaman isian. Anda harus mengisi nama database, username, dan password yang sudah Anda buat sebelumnya. Untuk informasi database host dan table prefix biasanya sudah ada dalam pengaturan default tetapi jika Anda ragu isikan sesuai gambar.

Halaman Isian - Cara Install WordPress di CPanel Secara Manual
( Halaman Isian, Sumber Foto: dindin*id doc )

Setelah semua terisi dengan benar, klik tombol “Submit” dan WordPress akan menghubungkan database Anda dan akan menunjukan sebuah pesan berhasil.

18. Klik pada tombol “Run the Install” untuk melanjutkan proses selanjutnya. WordPress akan membuat “tables” di database Anda dan akan membawa Anda ketahap instalasi berikutnya.

Run the Install - Cara Install WordPress di CPanel Secara Manual
( Run the Install, Sumber Foto: dindin*id doc )

19. Sekarang Anda harus memberikan beberapa Informasi yang dibutuhkan WordPress untuk mengatur blog Anda seperti Judul Blog (Site Title), username dan password untuk log ini ke blog Anda dan juga email.

Pada bagian “Search Engine Visibility” biarkan saja jangan di centang karena hal ini akan membuat blog Anda tidak di indeks oleh search engine seperti google.

Halaman Informasi Blog - Cara Install WordPress di CPanel Secara Manual
( Halaman Informasi Blog, Sumber Foto: dindin*id doc )

Klik tombol “Instal WordPress” untuk melanjutkan dan membereskan instalasinya.

20. Anda akan melihat pesan bahwa WordPress sudah berhasil di instal berikut informasi username dan password yang sudah Anda buat untuk mengaksesnya.

Halaman Berhasil Instalasi - Cara Install WordPress di CPanel Secara Manual
( Halaman Berhasil Instalasi, Sumber Foto: dindin*id doc )

21. Untuk mengakses blog atau situs Anda, klik “login” pada halaman berhasil instalasi tersebut atau anda cukup ketikan domainanda.com/wp-admin pada browser lalu masukkan username dan passwordnya.

22. Blog WordPress pun siap untuk digunakan dan diisi dengan konten menarik.

Hal-hal Yang Harus Dilakukan Setelah Menginstall WordPress

Sekarang Anda sudah berhasil menginstall WordPress di CPanel secara manual. Selanjutnya, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan setelah menginstal WordPress blog Anda.

Memilih Tema WordPress/ WordPress Theme

Kekuatan dari penamapilan visual dari blog Anda ditentukan oleh tema/theme. Secara default, blog WordPress yang sudah Anda buat memiliki tema standar.

Agar tampilan blog Anda lebih menarik dan berbeda, tentu saja Anda harus menggantinya.

Di situs wordpress.org, ada ribuan lebih WordPress Theme gratis yang bisa Anda pilih. Belum lagi situs-situs yang lain yang menyediakan atau menjual WordPress theme premium.

Namun, memilih WordPress theme yang tepat bukanlah hal yang mudah. Anda pasti akan bingung dalam memilihnya.

Untuk itulah saya akan memberikan panduan atau tips dalam memilih WordPress theme yang tepat untuk blog Anda.

Menginstal dan Menyeting Plugin

Kekuatan sebenarnya dari WordPress berasal dari koleksi plugin yang luar biasa banyaknya. Plugin inilah yang bisa memperluas berbagai kegunaan dan juga fitur dari WordPress itu sendiri.

Di direktori plugin WordPress saja sudah ada sekitar 40.000 plugin gratis yang bisa Anda gunakan dengan berbagai fungsi dan kegunaanya masing-masing.

Sedangkan plugin yang disediakan oleh situs-situs lain biasanya merupakan plugin berbayar atau plugin premium dengan fungsi yang lebih spesifik dan fitur menarik.

Jika Anda ingin mengetahui tentang plugin apa saja yang penting dan harus digunakan dalam blog WordPress, saya akan memberikan panduan dan tips dalam memilih plugin yang Anda butuhkan di artikel selanjutnya.

Selain itu, saya juga akan memberikan langkah-langkah mudah dalam menginstal plugin WordPress.

Mulai Pelajari WordPress

WordPress merupakan Content Management System (CMS) yang sangat mudah digunakan dan jutaan orang di dunia telah menggunakannya setiap hari.

Namun, tentu saja bagi Anda yang baru mengenal WordPress akan sedikit kesulitan dan membutuhkan bantuan.

Blog Dindin.id akan memberikan pengalamannya dalam menggunakan WordPress dengan membuat berbagai macam tutorial WordPress, panduan yang sederhana bagi para pemula, dan juga artikel.

Dan saya berharap, semua yang saya tulis di blog ini bisa bermanfaat dan membantu para blogger pemula untuk belajar dan memahami lebih jauh tentang WordPress.

Kesimpulan

Menginstal WordPress secara manual merupakan hal yang tidak sulit untuk dilakukan. Meskipun ada berbagai cara yang lebih mudah lagi yang bisa Anda pilih.

Namun, jika Anda memahami dan mengikuti langkah-langkah yang sudah saya berikan diatas dengan penuh ketelitian, Anda akan berhasil melakukannya.

Mudah-mudahan tutorial yang saya buat tentang bagaimana cara install WordPress di CPanel secara manual bisa bermanfaat untuk Anda dan para newbie di luar sana.

Nantikan tulisan saya selanjutnya mengenai dunia blogging.

Jika Anda suka dengan artkel saya ini, mohon untuk memberikan Like dan Share ke media sosial yang Anda punya.

(Visited 81 times, 1 visits today)
Gambar Gravatar

Hai.. Saya Dindin Hendra. Saya adalah seorang Suami, Ayah, Guru Bahasa Inggris dan juga Blogger. Semoga semua informasi yang saya tulis bisa bermanfaat untuk Anda. Selamat Membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *