Cara Membuat Ads.txt Google Adsense di Wordpress
(File Ads.txt di WordPress, Sumber Foto; dindin*id doc)

Cara Membuat Ads.txt Google Adsense di WordPress

Diposting pada

File Ads.txt merupakan hal penting yang harus ada pada sebuah blog atau situs yang menampilkan sebuah iklan seperti iklan dari Google Adsense.

Sehingga, pemiliki situs harus membuat file ads.txt agar blog atau situsnya bisa tetap menampilkan iklan berkualitas.

Saya ingin sedikit bercerita mengenai awal mulanya kenapa saya membuat artikel ini.

Kegiatan blogging saya sedikit terhambat ketika saya menemukan sebuah notifikasi atau pemberitahuan di akun Google Adsense saya bahwa blog wordpress saya tidak memiliki file ads.txt yang mengakibatkan pendapatan saya turun.

Notifikasi di Akun Google Adsense
(Notifikasi di Akun Google Adsense, Sumber Foto: dindin*id doc)

Pertama kali saya merasa kaget juga karena ternyata selama ini penghasilan saya menurun dari Adsense ini karena adanya masalah tidak adanya file ads.txt di blog wordpress saya.

Saya takut masalah ini terus berlanjut dan memiliki dampak yang cukup luas terhadap performa iklan atau pun blog nya.

Dan saya pun menemukan di grup dan juga forum yang membahas masalah ini, ternyata, ada beberapa teman yang tidak mendapatkan pemberitahuan di akun Adsense-nya untuk membuat ads.txt dan mereka tidak melakukan apapun.

Nampaknya, ini harus dilakukan oleh mereka yang mendapatkan notifikasi tersebut saja.

Kemudian saya melakukan sedikit penelitian kecil mengenai file ads.txt dan hasilnya saya tuliskan di artikel ini sekaligus berbagi sehingga Anda pun bisa belajar.

Apa Itu Ads.txt?

Saya mulai dengan sebuah pertanyaan yaitu apa sebenarnya ads.txt itu. Dan saya menemukannya pada halaman support google.

Di halaman tersebut tertulis bahwa ads.txt itu singkatan dari Authorized Digital Sellers atau penjual digital resmi dalam bahasa Indonesia.

Ini adalah sebuah proyek yang digagas oleh IAB Tech Lab pada tahun 2017 lalu. IAB Tech Lab adalah sebuah perusahaan nirlaba yang memiliki fokus terhadap pengembangan serta peningkatan standar periklanan digital.

Mereka membuat proyek ini dengan tujuan untuk memberikan proteksi terhadap pengiklan dan publisher iklan itu sendiri.

Bagi pengiklan, dengan ads.txt, mereka bisa memastikan bahwa iklan digital yang mereka buat dijual melalui penjual resmi seperti Google Adsense yang telah diidentifikasi keresmiannya.

Sedangkan bagi publisher iklan, mereka bisa memiliki kontrol yang lebih besar terhadap siapa saja atau iklan apa saja yang bisa ditampilkan di situs mereka untuk mencegah inventaris iklan palsu yang dapat merugikan publihser iklan.

Dengan kata lain, ads.txt bisa membantu Google Adsense dalam meningkatkan program mereka menjadi lebih baik lagi sehingga tidak adanya saling merugikan antara pengiklan dan publisher iklan.

Apakah Ads.txt Itu Penting?

Lalu pertanyaan selanjutnya adalah seberapa pentingkah ads.txt. Berdasarkan informasi yang saya baca, ads.txt itu sangat penting dan sangat disarankan pula oleh Google Adsense bagi semua publisher.

Hal ini karena dengan ads.txt, pembeli inventaris iklan atau pengiklan bisa mengidentifikasi inventaris palsu sehingga para publisher yang sudah memiliki ads.txt ini akan mendapatkan lebih banyak iklan berkualitas di situs mereka.

Selain itu, sebelumnya banyak terjadi penipuan iklan dengan biaya yang tidak sedikit yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab terhadap platform penyedia iklan seperti Google Adsense.

Mereka banyak melakukan penipuan dengan domain spoofing, tayangan palsu, klik iklan palsu dan lain sebagainya.

Dan file ads.txt ini mampu meningkatkan transparansi iklan online yang publisher dapatkan dengan menyatakan siapa saja yang dapat menjual inventaris iklan yang mereka miliki.

Jadi, ads.txt ini sangat penting sekali bagi publisher iklan untuk menghindari berbagai macam penipuan iklan yang marak sekali terjadi.

Apa Yang Terjadi Jika Kita Tidak Membuat Ads.txt?

Jika Anda tidak membuat memasang file ads.txt pada situs / blog Anda, maka hal tersebut akan memberikan dampak negatif yang sangat besar.

Dampak negatif yang bisa Anda dapatkan adalah penurunan penghasilan.

Jika Anda tidak memasang file ads.txt pada root domain situs Anda, tingkat keberhasilan dalam proses lelang iklan untuk situ Anda cenderung rendah bahkan iklan tidak akan muncul pada halaman di situs Anda.

Namun, jika Anda menemukan sebuah situs yang tidak memasang ads.txt tetapi masih memunculkan iklan, sudah dipastikan bahwa iklan tersebut memiliki kualitas rendah dengan konversi iklan yang kecil bahkan tidak ada harganya sama sekali.

Dengan demikian, penghasilan dari iklan pun akan terus menyusut dan hilang. Tentu saja, Anda tidak mau hal itu terjadi bukan?

Informasi Apa Sajakah Yang Harus Dimasukan Ke Dalam File Ads.txt?

Sebenarnya, kita hanya perlu memasukan satu baris informasi penting ke dalam file ads.txt ini. Di satu baris itu, kita membutuhkan 3 data ditambah 1 data opsional.

Ilustrasinya sebagai berikut ini:

<Field #1>, <Field #2>, <Field #3>, <Field #4>

Field pertama berisi nama domain dari sistem periklanan. Field kedua berisi ID akun penayangan yang bias Anda dapatkan di dashboard akun dari sistem periklanan.

Field ketiga merupakan jenis akun/hubungan dengan sistem periklanan yang harus diisi antara DIRECT atau RESELLER.

Direct artinya pemilik akun memiliki kontrol secara langsung dari akun yang berada di field kedua dan Reseller memiliki arti bahwa pemilik akun telah mengizinkan entitas lain untuk mengontrol akun yang dijelaskan di field kedua dan menjualnya kembali melalui sistem periklanan yang dijelaskan di field pertama.

Sedangkan, field keempat, yang merupakan field opsional, berisi ID Otoritas Sertifikat. Ini berupa kombinasi huruf dan angka unik dari sistem periklanan yang telah teridentifikasi yang disebut sebagai Trustworthy Accountability Group (TAG).

Dan karena konteks yang sedang kita bicarakan adalah Google Adsense, maka format informasi yang harus kita masukkan ke dalam file ads.txt adalah sebagai berikut:

google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Kita harus memasang ads.txt ini di Root Domain (namadomain.com) bukan di subdomain blog atau situs Anda (blog.namadomain.com).

Untuk memasang dan mengaktifkan file ads.txt ini di situs atau blog wordpress, kita bisa menggunakan dua cara yang mudah yang saya jelaskan selanjutnya.

Untuk pengguna blogger / blogspot, Anda bisa membaca artikel tentang cara mengaktifkan ads.txt Google Adsense di Blogger yang telah saya buat.

Cara Mudah Membuat Ads.txt Secara Manual Melalui CPanel?

Cara Membuat Ads.txt Google Adsense di WordPress
(File Ads.txt di WordPress, Sumber Foto; dindin*id doc)

Dan sekarang saya akan memberikan tutorial tentang bagaimana cara membuat file ads.txt secara manual dan memasangnya di root domain melalui CPanel.

Time needed: 5 minutes.

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam membuat file ads.txt yang dilakukan secara manual dengan membuat file ads.txt dan menguploadnya melalui CPanel.

  1. Membuat File ads.txt

    Buka aplikasi Notepad Anda, masukkan satu baris informasi yang dibutuhkan (google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0) dan simpan lalu beri nama ads.txt. Pastikan pub ID yang Anda masukkan sesuai dengan ID penayang di akun Google Adsense yang Anda punya.Buat File Ads.txt di Notepad

  2. Upload File ads.txt ke Root Domain Melalui CPanel

    Log in ke CPanel kemudian pilih Pengelola File / File Manager lalu ketik public_html di search bar atau klik Public_html jika domain Anda merupakan domain utama dan pilih folder domain jika domain Anda bukan merupakan domain utama.Upload File Ads txt Melalui CPanel

  3. Selesai

    Sampai tahap upload selesai maka proses pembuatan file ads.txt secara manual pun telah selesai.

Cara Mudah Membuat Ads.txt Menggunakan Plugin?

Jika Anda males untuk log in ke CPanel, Anda masih punya pilihan lainnya untuk mengaktifkan ads.txt di blog/situs WordPress yaitu menggunakan plugin.

Dan berikut adalah langkah-langkahnya

Install Plugin Ads.txt Manager.

Pertama, Log in ke WordPress Anda, pilih Plugin dan Tambah Baru / Add New. Kemudian ketik Ads.txt Manager di kotak pencarian lalu Pasang / Install dan Aktifkan.

Install Ads.txt Manager
(Install Plugin Ads.txt Manager, Sumber Foto: dindin*id doc)

Jika sudah terinstal, kembali ke Dashboard lalu pilih Settings/Pengaturan dan klik Ads.txt. Selanjutnya, masukan baris informasi yang dibutuhkan. Anda bisa mengcopy-nya pada contoh yang saya berikan diatas dan menyesuaikannya dengan ID Penayang di akun Google Adsense Anda.

Masukan Baris Informasi dan Simpan
(Masukan Baris Informasi di Ads.txt, Sumber Foto: dindin*id doc)

Masukkan Baris Informasi melalui Pengaturan Ads.txt Manager.

Terakhir, Klik Simpan dan selesai.

Bagaimana Cara Memeriksa Apakah Ads.txt Yang Telah Dibuat Bekerja Dengan Baik?

Untuk mengaktifkan ads.txt di WordPress, Anda bisa memilih salah satu dari dua cara yang saya tuliskan diatas.

Dan untuk memastikan bahwa ads.txt yang kita buat sudah terinstall dan bekerja dengan baik, Anda bisa mengakses nya dengan mengetikan namadomain.com/ads.txt di search bar browser Anda.

Hasilnya adalah sebagai berikut:

Cek Keaktifan Ads.txt di Domain
(Cek Keaktifan Ads.txt di Domain, Sumber Foto: dindin*id doc)

Kesimpulan

Ads.txt (Authorized Digital Sellers) merupakan sebuah proyek dari IAB Tech Lab sebuah perusahaan nirlaba yang bertujuan untuk memberikan standar atau proteksi bagi pengiklan dan penayang iklan guna menghindari berbagai macam bentuk penipuan iklan.

Bagi pengiklan, dengan adanya ads.txt, mereka mampu memastikan bahwa iklan yang mereka buat di tayangkan di situs yang sudah teridentifikasi dan resmi sebagai penayang iklan dari sistem periklanan yang mereka percayakan.

Jika seorang penayang iklan memiliki ads.txt di situsnya, maka dia memiliki kontrol penuh terhadap inventaris iklan dan memiliki potensi untuk mendapatkan iklan yang berkualitas pada proses lelang iklan dari sistem periklanan (Google Adsense).

Dan pada akhirnya, dia akan mendapatkan peningkatan pendapatan.

Adapun jika seseorang tidak memilih untuk mengaktifkan ads.txt di situsnya, maka sudah dipastikan bahwa situs tersebut tidak akan mendapatkan iklan yang berkualitas bahkan cenderung tidak memiliki harga sama sekali dan berpotensi menghilangkan pendapatan.

Intinya, file ads.txt ini penting untuk digunakan dan sangat disarankan oleh Google terutama bagi partner Google Adsense.

Di dalam file ads.txt itu sederhana dan hanya berisi satu baris dengan 3 kolom wajib ditambah 1 kolom opsional.

Ada dua macam cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk membuat file ads.txt di situs / blog WordPress.

Pertama, kita bisa membuat file ads.txt di notepad lalu menguploadnya ke root domain melalui CPanel. Dan yang kedua, kita bisa menginstal plugin ads.txt manager lalu menyimpan baris informasi yang dibutuhkan di pengaturannya.

Anda bisa mengakses namadomain.com/ads.txt untuk memastikan bahwa cara yang dilakukan telah berhasil dan bekerja dengan baik.

(Visited 158 times, 2 visits today)
Gambar Gravatar
Hai.. Saya Dindin Hendra. Saya adalah seorang Suami, Ayah, Guru Bahasa Inggris dan juga Blogger. Semoga semua informasi yang saya tulis bisa bermanfaat untuk Anda. Selamat Membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.