Cara Membuat Daftar Isi di Halaman dan Postingan Wordpress
(Ilustrasi Cara Membuat Daftar Isi di Halaman dan Postingan Wordpress, Sumber Foto: shutterstock*com)

Cara Membuat Daftar Isi di Halaman dan Postingan WordPress

Diposting pada

Blogging (WordPress) – Jika Anda pernah mengunjungi sebuah situs atau blog yang memiliki artikel yang panjang, terkadang mereka menambahkan sebuah daftar isi pada artikel tersebut.

Daftar isi ini memuat sub pembahasan dari apa yang kita bahas pada sebuah artikel dan biasanya sub pembahasan ini diberi yang namanya heading (baik itu H2, H3, H4 sampai H5).

Anda bisa melihat daftar isi ini dibeberapa situs besar misalnya Wikipedia.

Wikipedia selalu memiliki kotak berisi sebuah daftar isi dari artikel yang mereka publish. Atau contoh lainnya, Anda bisa melihat beberapa postingan saya.

Saya menggunakan daftar isi ini pada hampir semua artikel yang saya buat, terutama artikel yang memiliki pembahasan yang panjang.

Sebagai contoh untuk Anda, saya membuat daftar isi artikel ini dan Anda bisa melihatnya dibawah.

Nah, di artikel ini saya akan membahas bagaimana cara kita membuat atau menambahkan daftar isi pada halaman dan postingan di blog wordpress kita.

Sebenarnya, ada dua cara yang bisa kita lakukan untuk membuat daftar isi. Pertama, kita bisa membuatnya secara manual yaitu dengan menuliskan kode CSS dan HTML.

Akan tetapi, cara pertama ini akan sangat sulit dilakukan bagi para pemula.

Dan yang kedua, kita bisa membuat daftar isi artikel ini dengan cara menginstal sebuah plugin wordpress yang sudah banyak digunakan oleh para pengguna wordpress.

Cara yang kedua ini merupakan cara yang paling mudah bagi pemula dan cara inilah yang akan saya bahas pada artikel kali ini.

Kenapa Harus Menggunakan Daftar Isi Artikel?

Cara Membuat Daftar Isi di Halaman dan Postingan WordPress
(Ilustrasi Cara Membuat Daftar Isi di Halaman dan Postingan WordPress, Sumber Foto: shutterstock*com)

Ada beberapa alasan kenapa kita harus menggunakan daftar isi pada setiap artikel yang kita buat. Daftar isi memberikan beberapa keuntungan tersendiri bagi situs atau blog wordpress kita.

Alasan yang pertama adalah daftar isi pada artikel akan mempermudah pembaca yang ingin meloncat menuju sub pembahasan yang ingin mereka baca, terutama jika artikel kita memiliki pembahasan yang panjang misalnya terdiri dari 1000 sampai 3000 kata.

Ya Anda tahulah, kalau sebagian orang Indonesia memiliki minat baca yang kurang. Mereka lebih menyukai hal-hal yang praktis tanpa perlu membaca terlalu lama.

Dengan mengklik sub pembahasan yang ada di daftar isi, maka secara otomatis kita akan dibawa menuju sub pembahasan tersebut.

Dan alasan yang kedua, pembuatan daftar isi pada halaman atau postingan akan membantu meningkatkan skor SEO blog kita.

Hal ini karena Google menambahkan sebuah jump to section link atau link yang membuat kita langsung melompat pada bagian di artikel tersebut secara otomatis ketika blog atau situs kita muncul di mesin pencari.

Artinya, jika seseorang sedang mencari sebuah informasi dan informasi itu ternyata ada pada bagian atau menjadi sub pembahasan di artikel kita, maka Google akan memunculkan link itu pada hasil pencarian.

Itu maknanya, Anda akan mendapatkan ekstra pengunjung.

Kedua alasan inilah yang membuat saya memutuskan untuk membuat daftar isi pada halaman dan postingan di blog wordpress saya ini.

Dan keuntungan itu pun yang saya rasakan selama ini.

Bagaimana Cara Membuat Daftar Isi Pada Halaman dan Postingan WordPress?

Selanjutnya, saya akan memberikan panduan kepada Anda bagaimana caranya membuat daftar isi di wordpress.

Time needed: 5 minutes.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya

  1. Instal Table of Contents Plus WordPress Plugin

    Di dashboard WordPress Anda, Klik menu plugin kemudian pilih tambah baru dan ketikan kata kunci “Table of Contents Plus by Michael Tran” lalu klik Install Now / Pasang Sekarang.Instal TOC Plus by Michael Tran

  2. Melakukan Pengaturan Table of Contents Plus

    Selanjutnya, klik menu settings / pengaturan lalu pilih TOC+ untuk melakukan pengaturan daftar isi yang Anda inginkan.Lakukan Pengaturan TOC Plus

  3. Memahami Menu Pengaturan di TOC Plus

    Ada 3 menu utama di pengaturan TOC+ yaitu Main Options, Sitemap dan Help.

  4. Mengatur Posisi

    Di menu Main Options, Anda akan menemukan Position dimana Anda bisa mengatur posisi daftar isi itu diletakan. Secara default, daftar isi akan muncul sebelum heading pertama. Namun, Anda bisa mengaturnya apakah daftar isi muncul sebelum dan sesudah heading pertama, di atas ataupun dibawah. Kemudian Anda bisa mengatur kapan daftar isi akan muncul, apakah ketika artikel memiliki 2 sampai 10 heading. Anda pun bisa mengatur daftar isi ini agar muncul secara otomatis pada halaman atau postingan Anda. Selain itu, Anda bisa mengatur heading text nya dan memunculkan efek smooth scroll.

  5. Mengatur Tampilan

    Masih di menu Main Options, dipaling bawah Anda bisa menemukan pengaturan Appearance untuk mengatur tampilan daftar isi. Anda bisa mengatur ukuran kotaknya, ukuran huruf serta mengatur tampilan daftar isi dengan warna-warna yang bisa Anda sesuaikan.

  6. Pengaturan Advanced

    Masih di menu Main Options, Anda akan menemukan pengaturan Advanced dimana Anda bisa mengatur beberapa pengaturan huruf sampai penggunaan. Disana mengatakan bahwa Anda bisa menambahkan daftar isi ini dibagian manapun di artikel Anda dengan menyisipkan kode .

  7. Pengaturan Sitemap

    Lanjut ke menu Sitemap. Disini Anda bisa membuat sitemap pada halaman wordpress untuk semua halaman, postingan dan kategori. Anda bisa mengatur sitemap yang muncul apakah berdasarkan halaman/postingan atau kategori. Anda cukup menyisipkan kode-kode tertentu yang ada disana.

  8. Menu Help

    Untuk menu Help, ketika Anda mengklik menu Help ini, Anda akan dibawa ke situs pengembang plugin wordpress ini dan Anda bisa membaca berbagai macam informasi yang ada mengenai plugin ini disana.

  9. Simpan Pengaturan

    Dan ketika Anda sudah puas dengan pengaturan yang Anda lakukan, jangan lupa untuk mengklik tombol save/simpan untuk menyimpan semua perubahan.

Bagaimana Cara Kerja Plugin TOC+ ini?

Dengan pengaturan yang telah Anda buat sebelumnya, plugin ini akan menghasilkan daftar isi secara otomatis.

Jika Anda menggunakan pengaturan default, plugin ini akan menghasilkan daftar isi jika halaman atau postingan Anda memiliki setidaknya empat heading tag dan ini bisa berupa h1, h2, h3, h4 dan heading tag lainnya.

Selanjutnya, ketika Anda mengatur daftar isi muncul secara otomatis lalu kemudian Anda tidak ingin memunculkan daftar isi ini pada salah satu postingan atau halaman, maka Anda cukup menyisipkan sebuah kode yaitu [no toc] pada halaman atau postingan tersebut.

Namun, menurut saya dan ini merupakan saran saya, sebaiknya Anda tidak mengatur daftar isi ini untuk muncul secara otomatis pada halaman atau postingan.

Ini akan lebih baik jika Anda menyisipkan kode saja pada halaman atau postingan yang memang sangat memerlukan daftar isi.

Untuk itu Anda harus menonaktifkan fitur auto-insertion pada menu pengaturan dan Anda cukup menyisipkan kode pada halaman atau postingan Anda.

Selain itu, Anda pun bisa menampilkan kotak daftar isi ini pada widget di sidebar. Anda cukup pergi ke pengaturan tampilan (appearance) kemudian pilih widget dan drag widget TOC+ ke bagian sidebar.

Selanjutnya, Anda ceklis pada “tampilkan daftar isi hanya pada sidebar(Show the table of contents only in the sidebar)” untuk menampilkan daftar isi ini hanya pada sidebar bukan pada halaman atau postingan.

Cukup sederhana bukan?

Kesimpulan

Bagi pemula, Anda bisa membuat daftar isi pada setiap halaman atau postingan yang Anda inginkan menggunakan plugin wordpress bernama Table of Contents Plus by Michael Tran.

Plugin TOC+ ini merupakan salah satu plugin pembuat daftar isi yang populer dan banyak digunakan oleh para pengguna wordpress karena cara penggunaan nya yang mudah.

Menggunakan daftar isi pada halaman atau postingan itu sendiri memberikan beberapa keuntungan yaitu mempermudah pembaca untuk langsung menuju informasi yang ingin mereka baca pada satu halaman atau postingan dan daftar isi ini akan membantu kita meningkatkan skor SEO di mesin pencari seperti Google.

Semoga artikel yang saya tulis mengenai bagaimana cara membuat daftar isi pada halaman dan postingan di wordpress bisa bermanfaat untuk Anda, terutama pengguna wordpress pemula.

Jangan lupa untuk share artikel ini jika Anda merasa artikel ini bermanfaat.

(Visited 55 times, 1 visits today)
Gambar Gravatar
Hai.. Saya Dindin Hendra. Saya adalah seorang Suami, Ayah, Guru Bahasa Inggris dan juga Blogger. Semoga semua informasi yang saya tulis bisa bermanfaat untuk Anda. Selamat Membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.