Mengaktifkan Ads.txt Google Adsense di Blogger/Blogspot
(Mengaktifkan Ads.txt Google Adsense di Blogger/Blogspot, Sumber Foto: dindin*id doc)

Cara Mengaktifkan Ads.txt Google Adsense di Blogger / Blogspot

Diposting pada

Mengaktifkan fitur ads.txt di blogger / blogspot merupakan hal yang harus dilakukan jika Anda mendapatkan notifikasi atau pemberitahuan di akun Google Adsense Anda.

Notifikasi ini memberitahu kita bahwa salah satu dari situs yang tertaut dengan akun Google Adsense kita tidak memiliki file ads.txt.

Selain itu, tidak adanya file ads.txt pada blog kita memiliki resiko terhadap penurunan pendapatan dari kegiatan blogging karena iklan tidak akan muncul atau bahkan hanya mendapatkan iklan dengan konversi klik yang rendah.

Pada konteks blogger, fitur ads.txt sebenarnya sudah ada cukup lama. Jadi, kita tinggal mengaktifkannya dan memasukan baris informasi yang diperlukan ke dalam ads.txt editor tersebut.

Mari kita bahas sedikit mengenai ads.txt ini.

Apa itu Ads.txt?

Ads.txt adalah sebuah proyek yang diprakarsai oleh IAB Tech Lab (Interactive Advertising Bureau Tech Lab) di tahun 2017 lalu.

Ads.txt itu sendiri singkatan dari Authorized Digital Sellers yang memiliki tujuan untuk memberikan lingkungan program periklanan yang lebih baik, lebih transparan dan mengurangi berbagai macam tindakan curang.

Ads.txt mampu memberikan solusi terbaik bagi inventaris iklan (Advertiser) dan penayang iklan (Publisher) mengenai periklanan digital.

Bagi inventaris iklan, ads.txt akan membantu mereka memastikan bahwa iklan yang mereka buat ditayangkan oleh penayang / penjual iklan digital resmi pada sebuah program periklanan seperti Google Adsense.

Selain itu, mereka bisa meminimalisir adanya kecurangan seperti klik iklan palsu.

Sedangkan bagi publisher, ads.txt akan membantu mereka mendapatkan iklan terbaik dengan konversi klik yang tinggi sehingga mampu meningkatkan pendapatan mereka.

Ya ini merupakan sebuah ‘win win solution’ menurut saya.

Bagaimana Cara Mengaktifkan Ads.txt Google Adsense di Blogger / Blogspot?

Mengaktifkan Ads.txt Google Adsense di Blogger/Blogspot
(Mengaktifkan Ads.txt Google Adsense di Blogger/Blogspot, Sumber Foto: dindin*id doc)

Saya tidak akan berbicara lebih detail mengenai ads.txt di artikel ini karena saya sudah membuat artikel sebelumnya dimana saya menjelaskan lebih jauh mengenai ads.txt, seberapa pentingkah ads.txt pada sebuah situs sampai apa dampak yang bisa kita dapatkan jika kita tidak memasangnya.

Dan untuk cara mengaktifkan ads.txt Google Adsense di Blogger maupun di WordPress, pada dasarnya kita melakukan hal yang sama yaitu memasukan baris informasi yang dibutuhkan ke dalam file ads.txt.

Perbedaannya, di wordpress, kita bisa mengakses CPanel dan menyimpan file nya langsung di root domain (karena memang ads.txt ini harus ada pada root domain). Bahkan kita bisa menginstall sebuah plugin tambahan untuk membuatnya.

Sedangkan, di blogger, kita bisa mengelola ads.txt di dashboard blogger tepatnya berada di pengaturan.

Nah, jika Anda ingin membaca lebih jauh mengenai ads.txt, Anda bisa membaca artikel saya yang berjudul Cara Membuat Ads.txt Google Adsense di WordPress.

3 Langkah Mudah Mengaktifkan Ads.txt di Blogger/Blogspot

Time needed: 3 minutes.

Dan untuk cara mengaktifkan ads.txt di Blogger, Anda bisa mengikuti langkah-langkah mudahnya berikut ini.

  1. Login ke Dashboard Blogger.

    Silahkan untuk masuk ke dashboard blogger Anda menggunakan gmail dan password yang Anda miliki.

  2. Aktifkan Ads.txt Custom.

    Setelah Anda log in, langsung saja menuju Setelan (Settings) lalu pilih Preferensi Penelusuran. Dibagian Monetisasi dan ads.txt kustom klik Edit. Pilih “Ya” untuk mengaktifkannya dan masukkan baris informasi yang dibutuhkan yaitu google.com, pub-0000000000000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0 (Penjelasan mengenai baris informasi atau kode ini, Anda bisa baca di artikel saya sebelumnya).Mengaktifkan Ads.txt di Blogger

  3. Klik simpan dan selesai.

    Sampai tahap ini, proses pengaktifkan ads.txt sudah selesai. Anda bisa memeriksanya apakah sudah aktif atau belum.

Yang harus Anda perhatikan adalah menyesuaikan ID Penayang (Pub ID) yang sesuai dengan ID Penayang yang ada di akun Google Adsense.

Anda bisa menemukannya di menu Informasi Akun dibawah menu Settings. Disana tertera jelas nomor penayang Anda.

Dan untuk mengecek apakah ads.txt sudah aktif, Anda bisa mengetikkan url dibawah ini di tab pencarian browser.

https://www.nama_domainmu.com/ads.txt

Jika ads.txt sudah aktif, maka Anda bisa melihat kode atau baris informasinya di halaman itu.

Perlu diingat lagi bahwa ads.txt harus diaktifkan pada root domain bukan subdomain. Jadi, bagi Anda yang tidak memiliki blogspot custom domain, Anda tidak perlu melakukan hal ini.

Kesimpulan

Ads.txt merupakan sebuah proyek dari Interactive Advertising Bureau Tech Lab yang bertujuan untuk memberikan lingkungan program periklanan yang lebih baik dan menghilangkan praktik kecurangan seperti penipuan dan klik iklan palsu.

Ini bisa memberikan keuntungan baik itu bagi Inventaris Iklan (Advertiser) ataupun bagi Penjual Iklan (Publisher).

Bagi Advertiser, ads.txt bisa memberikan bantuan untuk memastikan iklan ditayangkan pada penjual iklan yang resmi untuk menghindari berbagai macam tindakan kecurangan.

Sedangkan, bagi Publisher, ads.txt bisa meningkatkan pendapatan dari iklan karena bisa memperbesar peluang mendapatkan iklan dengan konversi klik yang tinggi.

Untuk mengaktifkan ads.txt di Blogger / Blogspot, kita bisa dengan mudah melakukannya karena dashboard blogger sudah memberikan fitur ini.

Anda bisa menuju ke menu pengaturan di dashboard, lalu masukkan baris informasi yang dibutuhkan termasuk Pub ID akun Google Adsense Anda lalu simpan pengaturan yang telah dibuat.

Anda pun bisa mengeceknya dengan menambahkan ads.txt setelah nama root domain Anda.

(Visited 46 times, 1 visits today)
Gambar Gravatar
Hai.. Saya Dindin Hendra. Saya adalah seorang Suami, Ayah, Guru Bahasa Inggris dan juga Blogger. Semoga semua informasi yang saya tulis bisa bermanfaat untuk Anda. Selamat Membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.