Tempat Wisata Alam di Tasikmalaya - Gunung Galunggung
(Gunung Galunggung, Sumber Foto: traveller*com)

Daftar Tempat Wisata Di Tasikmalaya Yang Seru dan Wajib Dikunjungi

Diposting pada

Travel – Apakah Anda sedang mencari tempat wisata yang asik, seru dan lagi ngehits di Tasikmalaya? Artikel ini bisa menjadi referensi Anda dalam mencari tempat liburan yang pas untuk keluarga.

Tasikmalaya merupakan salah satu wilayah di Jawa Barat yang berada 106 km ke arah timur dari Kota Bandung.

Tasikmalaya sering dijuluki sebagai Sang Mutiara dari Priangan Timur karena banyak menyimpan keindahan alam yang eksotis.

Ada banyak sekali tempat di Tasikmalaya dengan pesona wisata alam yang indah seperti pantai, gunung, goa serta air terjun.

Beberapa wisata air pun untuk keluarga, bisa Anda temui disini.

Sebagai panduan Anda dalam menjelajahi wilayah Tasikmalaya, berikut ini saya tuliskan beberapa tempat wisata di Tasikmalaya yang harus Anda kunjungi.

Beberapa tempat wisata ini saya klasifikasikan ke dalam tiga jenis wisata yaitu wisata air, wisata pantai dan wisata alam.

Dan untuk menghemat waktu Anda, saya sudah menyediakan daftar isi dari artikel ini sehingga Anda bisa langsung menuju topik atau tempat yang ingin Anda ketahui.

Yuk kita lihat tempatnya satu per satu.

Wisata Air di Tasikmalaya

Tasikmalaya memiliki beberapa tempat wisata air yang tidak kalah seru dengan beberapa wilayah lainnya. Beberapa tempat menawarkan wisata air panas dan beberapa lainnya menawarkan wisata bermain air yang cocok untuk keluarga.

Berikut ini saya berikan 5 rekomendasi tempat wisata air yang seru dan sudah cukup terkenal di Tasikmalaya.

Pemandian Air Panas Ciawi Gajawong

Tempat Wisata Air di Tasikmalaya - Pemandian Cipanas Ciawi Gajawong
(Pemandian Cipanas Ciawi Gajawong, Sumber Foto: traveller*com)

Pemandian ari panas ciawi ini merupakan tempat yang cocok bagi Anda yang ingin melepas kepenatan dan merelaksasi tubuh.

Mereka menawarkan beberapa fasilitas menarik mulai dari pemandian air panas, kolam pemancingan, penginapan, bahkan Anda bisa mengisi perut Anda kembali setelah berendam di restoran yang ada di lokasi.

Anda tidak akan kesulitan untuk menemukan tempat ini karena pemandian air panas ini berada di jalur mudik selatan.

Jika Anda wisatawan yang melakukan perjalanan mudik dari arah Bandung ke Tasikmalaya atau sebaliknya, Anda wajib mampir ke tempat ini untuk beristirahat sambil melepas penat Anda selama perjalanan.

Pemandian yang terletak di Kecamatan Kadipaten, tepatnya di daerah Pamoyanan, memiliki beberapa tempat pemandian air panas baik itu berupa kamar-kamar khusus dan juga kolam.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir kehabisan tempat di saat banyak pengunjung yang mengunjungi tempat ini.

Ampera Waterpark Ciawi

Tempat Wisata Air di Tasikmalaya - Ampera Waterpark Ciawi
(Ampera Waterpark, Sumber Foto: traveller*com)

Masih di daerah Pamoyanan-Kadipaten, Anda sekarang bisa menemukan tempat wisata air yang lagi hits atau lagi trend di Tasikmalaya, yaitu Ampera Waterpark.

Bagi masyarakat Ciawi, Kadipaten dan sekitarnya, tempat ini merupakan tempat yang menjadi favorit untuk mengajak keluarga berlibur.

Anak-anak Anda akan menyukai tempat ini karena banyak kolam dan permainan yang dikhususkan untuk anak-anak.

Di Ampera Waterpark, Anda bisa menikmati kolam besar dengan perosotan airnya, ember tumpah, dan permainan air lainnya.

Bahkan, mereka pun menawarkan dua kolam khusus untuk anak balita dengan air hangat dan beberapa objek/mainan air lainnya.

Selain itu, bagi orang dewasa, Anda tetap masih bisa menikmati air panas di kamar-kamar khusus pemandian air panas.

Dan sambil menunggu anggota keluarga Anda berenang dan bermain air, Anda bisa menunggu di tempat lesehan khusus gratis atau tempat khusus yang bisa Anda sewa per jam nya.

Anak-anak pun bisa menyewa beberapa mainan seperti mobil-mobilan, motor-motoran dan kereta api jika mereka tidak ingin berenang.

Kabar gembira nya, mereka sedang memperluas areal ini dan ingin menambahkan beberapa spot wisata menarik lainnya seperti kolam arus dan spot foto-foto menarik bagi mereka yang suka dengan fotografi.

Anda bisa menikmati spot-spot menarik untuk mengajak keluarga Anda menghabiskan hari libur mereka di satu tempat ini.

Jadi, jika Anda sedang mengunjungi Tasikmalaya, Anda harus mengunjungi Ampera Waterpark.

Waterboom Maarif Garden

Tempat Wisata Air di Tasikmalaya - Waterboom Maarif Garden
(Waterboom Maarif Garden, Sumber Foto: traveller*com)

Sebelum Ampera Waterpark, warga Tasikmalaya memiliki tempat wisata air yang cukup terkenal yaitu Waterboom Maarif Garden yang berlokasi di Jl. Sukarindik, Bungursari, Tasikmalaya.

Tempat wisata air ini bisa menjadi pilihan pas untuk Anda menghabiskan waktu luang bersama keluarga. Maarif Garden mempunyai wahana lengkap yang pasti akan membuat anak-anak Anda semakin betah.

Selain kolam berenang, perosotan dan air mancur, Anda bisa menaikki becak kayuh untuk mengelilingi waterboom ini.

Dan sambil menunggu anak-anak Anda bermain air, Anda bisa melakukan terapi ikan dan menikmati berbagai macam kuliner khas sunda di saung-saung yang ada.

Teejay Waterpark

Tempat Wisata Air di Tasikmalaya - Teejay Waterpark
(Teejay Waterpark, Sumber Foto: traveller*com)

Selain Maarif Garden, wisata air selanjutnya yang harus Anda sambangi adalah Teejay Waterpark.

Teejay waterpark merupakan wahana air yang terletak di jantung kota Tasikmalaya, tepatnya di daerah Tuguraja, Cihideung Tasikmalaya atau dibelakang areal tempat berbelanja Asia Plaza.

Mereka memilik fasilitas yang menarik, konsep yang mewah serta permainan air seperti kolam arus, ember tumpah, kolam anak dan kolam ombak.

Apabila hari libur tiba biasanya Teejay Waterpark penuh di serbu warga masyarakat yang ingin mengajak keluarga nya berlibur.

Dan jika Anda sudah puas bermain air, Anda bisa melanjutkan wisata Anda dengan berbelanja di Mall Asia Plaza.

Mangkubumi Waterpark

Tempat Wisata Air di Tasikmalaya - Mangkubumi Waterpark
(Mangkubumi Waterpark, Sumber Foto: traveller*com)

Satu lagi wisata air populer di Tasikmalaya yaitu Mangkubumi Waterpark yang tidak boleh Anda lewatkan.

Mangkubumi Waterpark berlokasi di daerah Mangkubumi Tasikmalaya dimana waterpark ini masih berada di daerah taman Mangkubumi dengan luas kurang lebih 6 hektar.

Dengan luas seperti itu, Mangkubumi Waterpark tidak hanya menawarkan kolam berenang dan permainan air saja karena terdapat hutan wisata juga di dalamnya.

Disini, Anda akan merasa sejuk dan nyaman karena mereka melengkapi areal ini dengan kolam renang, area bermain anak-anak, sepeda air, gazebo, track ATP, flying fox, dan adventure area.

Selain itu, Anda akan merasa terhibur karena Anda bisa menikmati berbagai macam hiburan musik karena terdapat panggung hiburan, restoran serta kantin di sini.

Mengenai kolam berenang, Mangkubumi Waterpark memiliki kolam untuk dewasa, anak dan balita. Jadi, semua anggota keluarga bisa merasakan serunya bermain air.

Wisata Pantai Di Tasikmalaya

Selain wisata air, Tasikmalaya pun memiliki wisata pantai yang tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai di wilayah tetangganya yaitu Pangandaran.

Ada beberapa pantai yang sudah cukup terkenal dan sering dikunjungi oleh para wisatawan baik dalam dan luar negeri.

Ingin tahu pantai apa saja yang ada di Tasikmalaya? Simak penjelasannya berikut ini.

Pantai Selatan Cipatujah

Tempat Wisata Pantai di Tasikmalaya - Pantai Selatan Cipatujah
(Pantai Selatan Cipatujah, Sumber Foto: traveller*com)

Pantai yang pertama yang harus Anda kunjungi di Tasikmalaya adalah Pantai Selatan Cipatujah. Seperti namanya, Pantai Selatan Cipatujah ini merupakan pantai yang berlokasi di pesisir selatan Tasikmalaya, tepatnya daerah Cipatujah.

Pantai ini sering dikunjungi oleh para wisatawan lokal dan luar negeri karena memiliki berbagai macam keunggulan.

Pantai Cipatujah merupakan sebuah pantai yang masih asri dengan panorama alam yang mempesona. Dengan tebing-tebing yang curam dan terjal di sekeliling pantai menjadikannya sebuah daya tarik yang luar biasa.

Selain itu, di Pantai Cipatujah, Anda bisa menikmati berbagai fasilitas lengkap seperti gazebo, warung makan, panggung hiburan, pondok wisata dan penginapan.

Dengan fasilitas yang ada, Anda dan keluarga akan menjadi sangat betah untuk menghabiskan waktu liburan di pantai ini.

Jadi, buktikan sendiri indahnya Pantai Selatan Cipatujah dengan datang sendiri ke lokasi.

Pantai Karang Tawulan

Tempat Wisata Pantai di Tasikmalaya - Pantai Karangtawulan
(Pantai Karangtawulan, Sumber Foto: traveller*com)

Selain Pantai Cipatujah, Tasikmalaya memiliki pantai lain yang patut untuk Anda kunjungi yaitu Pantai Karang Tawulan.

Pantai ini berlokasi di daerah Kalapagenep Cikalong Tasikmalaya dimana daerah ini merupakan daerah perbatasan antara kabupaten Ciamis dan kabupaten Tasikmalaya.

Jika Anda pergi ke pantai ini, mungkin Anda akan menemukan pantai ini cukup sepi karena memang pantai karang tawulan merupakan pantai yang masih jarang dikunjungi oleh wisatawan.

Sehingga, pantai ini merupakan destinasi yang cocok bagi Anda yang ingin menghabiskan liburan di pantai yang memiliki suasana tenang dan sunyi.

Selain itu, Pantai Karang Tawulan masih memiliki alam yang bersih, alami dengan airnya yang masih jernih.

Berbicara mengenai panorama pantainya, pantai ini tidak kalah dengan pantai Cipatujah ataupun Pantai Pangandaran karena memiliki pantai berkarang dan landai.

Disini Anda bisa menikmati sunset dengan nuansa warna merah kekuningan di atas batu karang yang berada di sisi pantai. Ini akan menjadi pengalaman yang menarik dan tidak akan Anda lupakan.

Dan jika Anda lapar, Anda bisa menyambangi beberapa warung makan yang berada tak jauh di sekitar pantai ini.

Pantai Pamayangsari

Tempat Wisata Pantai di Tasikmalaya - Pantai Pamayangsari
(Pantai Pamayangsari, Sumber Foto: traveller*com)

Selain pantai Cipatujah, di daerah Cipatujah masih ada sebuah pantai yang tidak kalah menariknya yaitu Pantai Pamayangsari.

Pantai Pamayangsari merupakan pantai yang berlokasi tidak jauh dengan konservasi penyu. Konservasi penyu ini bisa menjadi daya tarik yang luar biasa bagi pantai ini.

Anda bisa mengajak anak-anak Anda untuk berkeliling di pantai ini sekaligus mengajarkan mereka untuk mencintai hewan di area konservasi penyu.

Ini akan menjadi pengalaman yang menarik bagi mereka.

Selain itu, Anda pun bisa menyewa perahu-perahu nelayan disana untuk berkeliling melihat keindahan pantai pamayangsari.

Dengan pantai yang landai dan pemandangannya yang memikat mata, Anda akan merasa fresh kembali setelah berlibur disini.

Jadi, cobalah untuk mampir ke Pantai Pamayangsari.

Pantai Sindangkerta

Tempat Wisata Pantai di Tasikmalaya - Pantai Sindangkerta
(Pantai Sindangkerta, Sumber Foto: traveller*com)

Pantai Sindangkerta berlokasi di daerah Sindangkerta Cipatujah Tasikmalaya. Lokasi pantai ini tidak jauh dari pantai Cipatujah.

Pantai Sindangkerta terkenal akan pantainya yang memiliki keanekragaman bahari. Pesona pantai yang memikat dengan pasir putihnya, karang-karang serta ombak yang landai akan membaut Anda betah menghabiskan waktu liburan bersama keluarga disini.

Disini, Anda bisa menemukan taman lengser dimana taman ini terbentuk secara alami dari hamparan terumbu karang.

Dan Anda pun bisa melihat berbagao macam biota laut yang menarik seperti batu karang, lumut dan rumput laut yang memecah parit.

Ini merupakan daya tarik tersendiri, selain disini Anda pun bisa mengunjungi konservasi penyu. Ini adalah sebuah tempat yang edukatif untuk anak-anak Anda.

Jadi, jika suatu saat nanti Anda berlibur ke Tasikmalaya dan ingin menikmati indahnya wisata pantai yang ada, Anda bisa memilih salah satu dari pantai yang saya rekomendasikan.

Wisata Alam di Tasikmalaya

Selanjutnya, saya akan membahas beberapa tempat wisata alam di Tasikmalaya yang menarik dan wajib untuk Anda kunjungi.

Atas beberapa pertimbangan, dari 30 lebih tempat wisata alam yang ada, saya hanya akan memberikan rekomendasi beberapa tempat saja.

Ya kurang lebih 10 tempat wisata alam yang menarik di Tasikmalaya yang harus Anda kunjungi. Tempat-tempat ini merupakan tempat wisata yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan baik lokal maupun internasional karena keindahan alamnya.

Langsung saja berikut ini, saya akan ulas satu per satu tempat wisata alam rekomendasi saya.

Gunung Galunggung

Tempat Wisata Alam di Tasikmalaya - Gunung Galunggung
(Gunung Galunggung, Sumber Foto: traveller*com)

Siapa yang tidak kenal dengan Gunung Galunggung. Setiap wisatawan yang ingin berlibur di Tasikmalaya, pasti tidak ingin melewatkan kesempatan untuk mengunjungi Gunung fenomenal ini.

Gunung Galunggung bisa dikatakan gunung fenomenal karena gunung ini pernah meletus dengan letusan yang dahsyat pada tahun 1982.

Letusan yang dahsyat inilah yang memberikan kepopuleran Gunung Galunggung di Tasikmalaya.

Tidak jarang pelancong yang datang ke Tasikmalaya mengidentikan Tasikmalaya dengan Gunung Galunggung.

Dan sekarang, Gunung Galunggung menjadi obyek wisata yang tidak pernah sepi dikunjungi oleh para wisatawan.

Gunung Galunggung terletak di daerah Linggawangi, Leuwisari, Tasikmalaya. Gunung ini merupakan gunung berapi aktif yang berada di ketinggian 2.167 mdpl dengan luas sekitar 120 hektar.

Dan gunung ini sekarang dikelola oleh pihak pemerintah, tepatnya oleh Perum Perhutani. Untuk menuju gunung ini, kita harus menempuh sekitar 17 km dari pusat Kota Tasikmalaya.

Beberapa daya tarik wisatawan terhadap Gunung Galunggung ini terletak pada keindahan alamnya.

Untuk mencapai puncak, terdapat anak tangga yang sangat banyak dan tinggi dan apabila kita telah sampai di puncaknya kita akan melihat betapa indahnya pemandangan disana.

Di dalam kawah Gunung Galunggung itu sendiri terdapat danau dengan air dingin yang jernih. Selain itu, ada air terjung yang turun di salah satu sisi bukitnya.

Jika kita berada di sana pada pagi atau sore hari, air terjun ini seakan turun dari langit karena awan mampu menutupi bagian salah satu bukit/tebing tersebut.

Sungguh indah jika kita melihatnya.

Tak jarang, banyak para wisatawan yang rela menggelar tenda di kawah tersebut untuk merasakan pengalaman indah bermalam di kawah Gunung Galunggung dengan pemandangan air terjun dan danau yang menakjubkan.

Bagi Anda yang tidak membawa makanan, di puncak Gunung Galunggung sana terdapat beberapa warung makanan jadi Anda tidak perlu khawatir akan kelaparan.

Tetapi, saya menyarankan Anda dan keluarga untuk membawa bekal dari rumah kemudian makan bersama disana.

Adapun harga tiket masuk ke kawasan Gunung Galunggung ini berkisar antara Rp. 10.000 sampai Rp. 20.000. Ini merupakan harga sebuah tiket yang relatif murah untuk pemandangan yang begitu indah.

Jadi, jika Anda sedang berlibur ke Tasikmalaya, sempatkanlah untuk mengunjungi Gunung Galunggung ini.

Kampung Naga

Tempat Wisata Alam di Tasikmalaya - Kampung Naga
(Kampung Naga, Sumber Foto: traveller*com)

Wisata alam selanjutnya yang saya rekomendasikan adalah Kampung Naga. Kampung Naga berada di daerah Neglasari, Salawu, Tasikmalaya.

Kampung ini berada di lembah / tengah hutan cagar alam seluas lebih dari 1,5 hektar. Kampung ini memiliki tofografi berbukit dan sebagian besar terdapat perumahan, pekarangan dan kolam.

Selain itu, terdapat juga sawah yang bisa masyarakat panen sekitar 2 kali dalam setahun.

Meskipun demikian, akses menuju kampung ini tidaklah sulit karena berada di pinggir jalan utama / jalan raya yang menghubungkan Tasikmalaya dan Garut.

Dari arah Kota Tasikmalaya, kampung ini berjarak sekitar 30 kilometer. Sedangkan, dari arah Kota Garut, kampung ini berjarak sekitar 26 kilometer atau sekitar 1 jam perjalanan.

Dari jalan utama ini kita hanya perlu berjalan kaki menuruni bukit tidak terlalu jauh agar bisa sampai ke lokasi.

Meskipun nama kampung ini adalah Kampung Naga, bukan berarti disana banyak Naga atau Ular Naga ya. Itu hanya sebuah nama saja.

Tidak ada yang tahu pasti kenapa kampung ini dinamakan demikian tetapi ada beberapa pendapat bahwa nama Naga itu sendiri berasal dari kata “Na Gawir” yaitu bahasa sunda yang artinya di jurang.

Hal ini masuk akal juga karena lokasi kampung ini tepatnya berada di lereng lembah sungai Ciwulan dimana sumber air sungai inin berasal dari Gunung Cikuray, Garut.

Kampung Naga merupakan sebuah kampung adat dimana masyarakatnya dalam menjalankan kehidupannya masih memegang adat istiadat yang diwariskan oleh nenek moyang mereka dengan penuh kesehajaan dan tradisional.

Konon kampung ini ada berawal dari seorang tokoh bernama Sembah Dalem Eyang Singaparana yang merupakan murid dari Sunan Gunung Jati yang ditugaskan untuk menyebarkan agama Islam ke Barat pada masa Hindu-Budha.

Oleh karena itu, tempat ini seringkali dijadikan objek studi tentang kehidupan masyarakat Sunda yang ada pada masa peralihan dari Hindu menuju pengaruh Islam di Jawa Barat.

Kehidupan masyarakatnya yang unik sampai sekarang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Masyarakat Kampung Naga masih hidup dalam suasana tradisional dari mulai tempat tinggal, cara memasak, cara bertani / bercocok tanam dan bahkan peneranganpun mereka tidak menggunakan listrik.

Namun, sepanjang yang saya lihat bahwa sekarang mereka sedikit terpengaruh oleh dunia luar dimana ada beberapa penduduk yang menggunakan aki/batre untuk penerangan.

Merekapun sekarang memiliki keahlian lain yaitu membuat cinderamata yang menarik.

Jika Anda ingin mengunjungi Kampung Naga, pastikan Anda bersikap sopan karena mereka masih memegang adat istiadat yang kuat dalam kehidupan sosial mereka.

Keunikan lainnya terdapat pada bangunan perumahan mereka yang memilik desain, ukuran dan arah bangunan yang sama. Bahkan, bangunan rumah mereka ini, konon katanya, tidak boleh bertambah.

Sehingga, ketika jumlah masyarakat mereka bertambah, sebagian mereka harus keluar kampung.

Jadi, jika Anda sedang berada di Tasikmalaya dan ingin merasakan kehidupan orang Sunda zaman dahulu, sebaiknya Anda mengunjungi Kampung Naga ini.

Ada banyak keindahan alam dan souvenir yang bisa Anda beli untuk buah tangan bagi sanak saudara.

Taman Mangkubumi Indah

Tempat Wisata Alam di Tasikmalaya - Taman Mangkubumi Indah
(Taman Mangkubumi Indah, Sumber Foto: traveller*com)

Tempat wisata alam ketiga yang saya rekomendasikan adalah Taman Mangkubumi Indah. Taman Mangkubumi Indah ini berlokasi di Jl. Jendral AH. Nasution KM. 7, Mangkubumi, Tasikmalaya.

Anda tidak akan kesulitan menemukan tempat ini karena lokasinya yang berada di jalan utama / jalan raya yang menghubungkan Kota Tasikmalaya dan Kota Garut.

Di jalan raya ini memang terdapat beberapa lokasi wisata, seperti sebelumnya yaitu Kampung Naga dan ini yaitu Taman Mangkubumi Indah.

Tempat ini merupakan tempat yang cocok bagi Anda yang ingin menghabiskan liburan bersama keluarga karena menawarkan beberapa keindahan alam.

Taman Mangkubumi Indah menawarkan fasilitas kolam renang super besar dengan udara yang sejuk dimana terdapat fasilitas lainnya yang bisa kita gunakan yaitu sepeda air.

Jika Anda suka dengan permainan yang memicu adrenalin, taman ini pun menyediakan permainan flying fox.

Di pinggir kolam kolam besar ini terdapat gazebo yang bisa Anda gunakan untuk berkumpul bersama keluarga.

Selain permainan air yang mereka tawarkan, Anda pun bisa berjalan di daerah perbukitan dengan suasana hutan dan udara yang sejuk.

Dan bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu lebih lama di tempat wisata ini, Anda bisa menginap di Hotel yang mereka sediakan dengan harga yang pas dikantong serta fasilitas panggung hiburan yang asyik.

Dijamin liburan Anda dengan keluarga pun menjadi lebih asyik dan berkesan.

Kebun Teh Taraju

Tempat Wisata Alam di Tasikmalaya - Kebun Teh Taraju
(Kebun Teh Taraju, Sumber Foto: traveller*com)

Tempat wisata alam selanjutnya adalah Kebun Teh Taraju. Tempat ini adalah tempat yang pas bagi Anda yang ingin menikmati agrowisata di Tasikmalaya.

Kebun Teh Taraju ini berjarak 33 kilometer dari pusat Kota Tasikmalaya yang dapat dijangkau dengan kendaraan umum dan pribadi. Tepatnya berada di Jalan Raya Taraju, Deudeul, Singaparna, Tasikmalaya.

Kebun teh ini memiliki luas sekitar 2.062 hektar yang meliputi 1.329 hektar sebagai hak milik rakyat dan 732 hektar sebagai hak milik swasta.

Kebun Teh Taraju menawarkan eksotika pemandangan yang indah dengan hamparan kebun teh yang hijau. Pemandangan ini bisa membuat mata Anda rileks dan segar kembali.

Selain itu, Anda pun akan disuguhi pemandangan luar biasa dari Gunung Cikuray di sebelah barat perkebunan.

Disini, Anda bisa menikmati segarnya olahan teh yang dipetik langsung dari perkebunan. Berlibur di Kebun Teh Taraju ini akan memberikan pengalaman yang menarik bagi Anda dan keluarga.

Pasir Kirisik

Tempat Wisata Alam di Tasikmalaya - Pasir Kirisik
(Pasir Kirisik, Sumber Foto: traveller*com)

Pasir Kirisik adalah salah satu tempat wisata alam yang wajib Anda kunjungi, terutama bagi Anda yang sangat menyukai fotografi karena disini banyak sekali spot foto yang bisa kamu jumpai hampir di setiap sudut lokasi.

Pasir Kirisik ini terbilang merupakan tempat wisata alam terbaru di Tasikmalaya. Awalnya, tempat wisata yang memiliki luas sekitar 7 hektar ini dibangun hanya untuk kebutuhan pribadi dengan fasilitas villa, kolam renang dan juga gazebo.

Akan tetapi, beberapa tahun belakang ini, Pasir Kirisik dibuka untuk umum dan menjadi objek wisata baru terfavorit.

Lalu apa saja yang ditawarkan oleh Pasir Kirisik ini?

Anda bisa menikmati pemandangan pegunungan layaknya pemandangan di puncak Bogor dengan segala fasilitas yang disediakan oleh Pasir Kirisik.

Selain Villa, kolam renang dan gazebo, Anda bisa menikmati indahnya taman-taman bunga yang bisa Anda jadikan sebagai latar belakang spot foto Anda.

Bagi Anda yang berani dengan ketinggian, dipinggiran jurang itu terdapat beberapa spot foto berbentuk menarik seperti ayunan, kapal / perahu, rumah burung dan sarang burung.

Dan jika Anda berfoto disana, Anda akan terlihat melayang di udara. Pokoknya menarik dan instagramable deh.

Selain itu, di beberapa jalan, pengelola membuat gambar 3 dimensi yang unik.

Yang terpenting adalah Anda jangan takut kelaparan karena terdapat kantin dan cafe dimana Anda bisa menikmati berbagai macam kuliner enak disini.

Daripada penasaran, lebih baik Anda datang langsung deh ke Pasir Kirisik yang berada di Desa Guranteng, Kecamatan Pagerageung, Kabupaten Tasimalaya.

Goa Malawang

Tempat Wisata Alam di Tasikmalaya - Goa Malawang
(Goa Malawang, Sumber Foto: traveller*com)

Destinasi wisata alam selanjutnya di Tasikmalaya adalah Goa Malawang. Tempat wisata alam ini sangat cocok bagi Anda yang ingin belajar peninggalan sejarah selain menikmati pemandangan indah di goa ini.

Goa Malawang merupakan sebuah goa yang terletak di sebuah perkebunan berupa sekumpulan goa dan ceruk. Dengan kata lain, ini bisa disebut juga sebagai komplek goa karena terdapat beberapa goa.

Masyarakat setempat menamai tempat ini dengan berbagai nama. Ada yang menyebutnya Malawang, Batu Masigit, Keraton, Oyod dan bahkan Gorin.

Aneh-aneh ya mereka kasih nama tempat ini.

Tapi yang pasti, komplek goa ini menawarkan keindangan alam yang menarik. Selain itu, ternyata, di komplek goa ini ditemukan berbagai macam artefak kuno.

Balai Arkeologi Bandung pernah melakukan penelitiannya di tempat ini dan mereka menemukan berbagai macam artefak kuno seperti fragmen gerabah, keramik, perkutor (sejenis alat dari batu), kapak batu dan tulang-belulang binatang.

Kalau Anda mengunjungi tempat ini mungkin yang terbayang adalah zaman purba. Ya, mungkin seperti itulah.

Manawah Batu Mahpar

Tempat Wisata Alam di Tasikmalaya - Manawah Batu Mahpar
(Manawah Batu Mahpar, Sumber Foto: traveller*com)

Wisata alam Manawah Batu Mahpar adalah destinasi wisata alam selanjutnya yang saya rekomendasikan untuk Anda.

Manawah Batu Mahpar ini terletak di daerah Sukamulih, Sariwangi, Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya.

Ini adalah tempat wisata alam yang cocok bagi Anda yang suka dengan air terju atau curug dalam bahasa Sunda.

Disana terdapat sungai dengan dasar batu yang terhampar sangat besar, luas dan lebar sepanjang sungai.

Batu-batu ini merupakan batu-batu alam yang terbentuk dari lava yang mengeras. Uniknya, aliran sungai ini adalah aliran sungai kering yang hanya ada airnya ketika musim hujan saja. Itupun hanya ada di beberapa titik saja.

Namun, keindahan air terjun dan sungai yang mengalir merupakan ketertarikan tersendiri.

Situ Sanghyang

Tempat Wisata Alam di Tasikmalaya - Situ Sanghyang
(Situ Sanghyang, Sumber Foto: traveller*com)

Destinasi wisata alam ke delapan yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Situ Sanghyang. Situ berasal dari Bahasa Sunda yang artinya Danau.

Situ Sanghyang ini merupakan destinasi wisata alam terbaru yang sedang populer di Tasikmalaya. Bagaimana tidak, masyarakat yang pernah datang menyebut bahwa tempat ini merupaka tempat yang romantis, nyaman dan bersih.

Situ Sanghyang memilik luas sekitar 37 hektar dan memiliki berbagai macam fasilitas seperti penginapan, area memancing, tempat makan, outbond, camping ground dan masih banyak lagi fasilitas lainnya yang masih dikembangkan oleh pengelola.

Situ ini berjarak sekitar 25 kilometer dari pusat kota Tasikmalay, tepatnya berada di Jalan Raya Cibalanarik, Cilolohan, Tanjungjaya, Tasikmalaya.

Kalau Anda ke tempat ini, pastikan Anda datang dengan orang terkasih atau orang yang Anda sayangi.

Situ Gede

Tempat Wisata Alam di Tasikmalaya - Situ Gede Tasikmalaya
(Situ Gede Tasikmalaya, Sumber Foto: traveller*com)

Situ Gede berlokasi di Jalan Situ Gede, Mangkubumi, Tasikmalaya, dari Bundaran Bypass Kota hanya berjarak sekitar 500 meter saja. Ini merupakan tempat wisata alam yang cocok untuk Anda dan keluarga.

Situ atau danau ini memiliki luas sekitar 47 hektar. Disini selain keindahan danau dan berbagai macam tanaman yang tumbuh di sekitar kawasan, Anda bisa menikmati berbagai macam fasilitas yang menarik.

Situ Gede menawarkan berbagai macam fasilitas seperti wahana rekreasi, jogging track, area memancing, perahu wisata, dan bahkan tempat meeting pun ada.

Tempat ini cocok bagi Anda dan keluarga yang ingin menghabiskan liburan dengan pemandangan danau yang indah dan udara yang sejuk.

Tonjong Canyon

Tempat Wisata Alam di Tasikmalaya - Tonjong Canyon
(Tonjong Canyon, Sumber Foto: traveller*com)

Destinasi wisata alam terakhir yang menjadi rekomendasi saya adalah Tonjong Canyon. Bagi Anda yang berjiwa petualang, tempat ini menjadi tempat yang sangat cocok untuk Anda kunjungi.

Tonjong Canyon merupakan sungai dengan tebing-tebing batu disamping sungainya seperti Green Canyon yang ada di Amerika Serikat sana.

Kita tidak perlu pergi jauh-jauh untuk melihat canyon di luar negeri karena ternyata di daerah kita pun ada tempat yang tidak kalah menariknya.

Meskipun, akses menuju lokasi disana cukup sulit. Akan tetapim banyak para wisatawan yang rela pergi kesana.

Dan memang susahnya akses jalan ini akan terbayar dengan keindahan tempat yang akan Anda rasakan.

Disana Anda bisa menikmati pemandangan indah itu dengan perahu atau rafting. Dan bahkan Anda bisa mencoba meloncat dari tebing-tebing batu di samping sungai kemudian berenang.

Ini merupakan kegiatan yang bisa kita lihat jika Anda berkunjung disini dan memang mengasyikan.

Jika Anda penasaran dengan Tonjong Canyon, Anda bisa langsung datang saja ke daerah Setiawargi, Tamansari, Tasikmalaya.

Kesimpulan

Nah Traveller, itulah dia beberapa tempat wisata di Tasikmalaya yang seru dan wajib Anda kunjungi.

Tasikmalaya merupakan daerah yang tidak kalah menarik dengan daerah lainnya untuk dikunjungi selama berlibur karena memiliki berbagai macam tempat wisata.

Tasikmalaya memiliki wisata air, wisata pantai dan wisata alam yang indah.

Dan sebenarnya, masih banyak lagi tempat wisata lainnya yang belum saya tulis disini misalnya wisata alam curug karena tasikmalaya memiliki banyak wisata alam curug yang indah. Mungkin saya akan tulis mengenai itu dilain kesempatan.

Jadi, jika Anda mengunjungi Tasikmalaya, pastikan Anda mengunjungi tempat-tempat yang saya rekomendasikan diatas.

Dijamin, Anda akan mendapatkan pengalaman tak terlupakan berlibur di daerah Tasikmalaya.

Terima kasih sudah membaca artikel saya ini dan saya berharap semoga artikel ini bisa memberikan inspirasi bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu liburan bersama keluarga tercinta.

Tulis di kolom komentar tempat-tempat yang menjadi favorit Anda dan keluarga ya.

(Visited 17 times, 1 visits today)
Gambar Gravatar
Hai.. Saya Dindin Hendra. Saya adalah seorang Suami, Ayah, Guru Bahasa Inggris dan juga Blogger. Semoga semua informasi yang saya tulis bisa bermanfaat untuk Anda. Selamat Membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.