Kanker Payudara - Pengertian, Jenis, Gejala, Penyebab, Pengobatan dan Pencegahan
(Ilustrasi Kanker Payudara, Sumber Foto: pixabay*com)

Kanker Payudara – Pengertian, Jenis, Gejala, Penyebab, Pengobatan dan Pencegahan

Diposting pada

Penyebab Kanker Payudara

Apa yang menyebabkan Kanker Payudara?

Berbicara mengenai penyebab kanker payudara, terdapat tiga faktor yang mempengaruhinya yaitu faktor genetik, lingkungan dan gaya hidup.

Faktor Genetik

Faktor ini mungkin merupakan faktor yang tidak mungkin untuk dihindari karena berkaitan dengan genetik tubuh manusia.

Faktor-faktor genetik tersebut adalah sebagai berikut:

1. Jenis Kelamin

Sudah pasti kita pahami bahwa wanita memiliki resiko terkena kanker payudara 100 kali lipat daripada laki-laki.

Hal ini tentu saja karena jika kita lihat dari bentuk dan ukuran, payudara wanita lebih besar daripada laki-laki yang memungkinkan sel-sel kanker tumbuh dan berkembang pada setiap jaringan.

2. Ras

Berdasarkan data dari National Breast Cancer, jika dibandingkan dengan orang Indonesia, orang-orang “Bule” lebih rentan terkena kanker payudara.

3. Usia

Seiring bertambahnya usia, maka kanker payudara dapat timbul dan berkembang.

Dan sebuah situs bernama nhs.uk memposting sebuah hasil studi dimana 8 dari 10 kasus kanker payudara terjadi pada wanita dengan usia lebih dari 50 tahun dengan sebagian besar mengalami menopause.

Data ini menunjukan bahwa usia memiliki pengaruh terhadap penyebab kanker payudara.

4. Menstruasi dan Reproduksi

Wanita yang sudah mengalami menstruasi pada usia kurang dari 12 tahun ataupun mengalami masa manepause terlambat yakni lebih dari 55 tahun, maka memiliki resiko terkena kanker payudara lebih tinggi daripada mereka yang tidak.

Selain itu, melahirkan di usia yang sudah cukup tua serta tidak memiliki anak merupakan faktor lainnya dimana kanker payudara bisa terjadi.

5. Kepadatan Payudara

Pada wanita, payudara memiliki jaringan kelenjar yang dapat menghasilkan susu. Jaringan tersebut memiliki banyak sekali sel-sel payudara.

Dengan demikian, resiko tumbuhnya sel kanker pada payudara menjadi lebih tinggi dikarenakan banyaknya sel-sel payudara tadi.

Namun dari kelima penyebab genetik kanker payudara, ada beberapa penyebab genetik yang benar-benar tidak bisa kita hindari yaitu ras, usia, riwayat kesehatan dan menstruasi dini serta manepause telat.

Faktor Lingkungan dan Gaya Hidup

Untuk faktor lingkungan, dalam hal ini, khusus bagi mereka yang pernah melakukan beberapa pengobatan penyakit yang menggunakan paparan radiasi seperti sinar X, CT Scan ataupun radioterapi lainnya.

Apabila sinar radiasi ini mengenai daerah sekitar payudara, maka sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter karena dengan demikian faktor resiko terkena kanker payudara menjadi sangat tinggi.

Sedangkan untuk faktor gaya hidup, terdapat beberapa macam faktor diantaranya berikut ini:

1. Mengkonsumsi Alkohol

Sudah jelas bahwa mengkonsumsi alkohol tidak akan memberikan manfaat apapun pada tubuh kita, yang ada malah akan membuat tubuh kita terkena berbagai penyakit.

Salah satu penyakit yang bisa timbul dari kebiasaan mengkonsumsi alkohol yaitu kanker payudara.

Alkohol bisa memicu pertumbuhan sel kanker yang abnormal di dalam tubuh kita.

Hal ini didukung oleh sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli di Kanada.

Data menunjukan bahwa dari sekitar 200 orang wanita yang secara rutin mengkonsumsi alkohol, 3 diantara nya memiliki penyakit kanker payudara.

Jadi, mulai dari sekarang katakan tidak untuk minuman yang satu ini.

2. Implan Payudara

Terkadang seorang wanita ingin terlihat lebih memikat secara penampilan dan banyak dari mereka yang melakukan implan payudara.

Mereka berpikir bahwa dengan melakukan hal tersebut, penampilan mereka menjadi lebih menarik.

Akan tetapi ada bahaya yang sedang mereka hadapi sebagai akibat dari implan tersebut.

Data dari peneliti Kanada yang di publikasikan pada British Medical Journal pada tahun 2013 menunjukan bahwa wanita yang melakukan implan paydara memiliki resiko terkena penyakit kanker payudara lebih tinggi daripada mereka yang tidak.

3. Kelebihan Berat Badan

Jumlah estrogen di dalam tubuh memiliki peran yang sangat penting terhadap berkembangnya sel kanker di dalam tubuh.

Orang yang memiliki berat badan berlebih serta manepause telat beresiko tinggi memiliki penyakit kanker di dalam tubuh nya termasuk kanker payudara.

Jika Anda memiliki berat badan yang berlebih mungkin Anda bisa membaca artikel saya sebelumnya mengenai cara menghilangkan lemak perut secara cepat.

4. Pekerjaan Tertentu

Ada beberapa pekerjaan tertentu, seperti bekerja di bar, bengkel, perusahaan kemasan makanan, perusahaan plastik, yang memiliki hubungan erat dengan berkembangnya sel kanker di dalam tubuh.

Lagi-lagi peneliti Kanada telah membuktikan adanya hubungan pekerjaan yang dilakukan dengan penyakit kanker payudara ini.

Dan menurut saya, ke-empat gaya hidup tersebutlah yang memang memberikan dampak negatif terhadap berkembangnya sel-sel kanker di dalam tubuh.

Untuk itu, jika Anda melakukan hal-hal yang telah saya sebutkan diatas, alangkah baiknya Anda mulai berpikir kembali terhadap apa yang Anda lakukan.

Karena bisa saja apa yang Anda lakukan berkontribusi besar sebagai penyebab terhadap penyakit yang mematikan ini.

Lalu apa yang harus kita lakukan jika kita sudah terindikasi memiliki penyakit kanker payudara?

Tentu saja kita harus cepat melakukan pengobatan.

Dan metode pengobatan yang saya bahas dibawah ini mungkin bisa membantu Anda.

(Visited 35 times, 1 visits today)
Gambar Gravatar
Hai.. Saya Dindin Hendra. Saya adalah seorang Suami, Ayah, Guru Bahasa Inggris dan juga Blogger. Semoga semua informasi yang saya tulis bisa bermanfaat untuk Anda. Selamat Membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.