Kanker Payudara - Pengertian, Jenis, Gejala, Penyebab, Pengobatan dan Pencegahan
(Ilustrasi Kanker Payudara, Sumber Foto: pixabay*com)

Kanker Payudara – Pengertian, Jenis, Gejala, Penyebab, Pengobatan dan Pencegahan

Diposting pada

Pengobatan Kanker Payudara

Setidaknya ada 4 metode pengobatan yang bisa kita lakukan jika kita sudah terlanjur terkena penakit kanker payudara ini.

1. Kemoterapi

Kemoterapi mungkin metode yang sudah tidak asing lagi bagi anda.

Kemoterapi ini merupakan sebuah metode dimana pasien kanker diberikan beberapa obat anti kanker atau sitokina dalam bentuk pil cair, kapsul ataupun melalui infus dengan tujuan membunuh sel-sel kanker di dalam tubuh melalui mekanisme kemotaksis.

Kemoterapi ini tidak hanya fokus pada kanker payudara saja akan tetapi sel-sel kanker yang ada di seluruh tubuh.

Namun, ada efek samping dari metode ini yaitu pasien akan mengalami, mual, muntah bahkan sampai rambut rontok.

2. Radiasi

Jika tadi kita berbicara bahwa radiasi bisa menimbulkan pertumbuhan sel kanker yang abnormal, maka ada sebuah metode dimana radiasi digunakan pula sebagai pengobatan kanker.

Metode pengobatan kanker ini menggunakan paparan sinar X dan sinar gamma pada daerah yang masih memiliki sel kanker yang tersisa setelah proses operasi.

Seperti kemoterapi, metode ini pun memiliki dampak atau efek negatif bagi pasien nya seperti leukosit dan hemoglobin dalam darah menurun, warna kulit sekitar payudara menjadi hitam, tubuh menjadi lemah serta berkurangnya nafsu makan.

3. Mastektomi

Metode selanjutnya adalah dengan jalan operasi. Operasi pengangkatan payudara inilah yang disebut masektomi dalam istilah kedokteran.

Dimana secara sederhana, jaringan-jaringan payudara diangkat dari tubuh untuk menghilangkan sel-sel kanker tadi.

Dan masektomi dibagi lagi kepada 3 jenis, yaitu

Radical Mastecktomy

Radical Mastecktomy atau disebut juga sebagai Lumpectomy merupakan langkah operasi dimana dokter hanya mengangkat sebagian jaringan payudara dimana terdapat sel kanker tersebut.

Operasi ini direkomendasikan bagi mereka yang memiliki tumor atau benjolan tidak lebih dari 2 sentimeter dengan posisi terletak dipinggir jaringan payudara.

Modified Radical Mastecktomy

Sedangkan pada modified radical matecktomy ini semua jaringan payudara diangkat dari mulai jaringan payudara pada daerah dada, tulang selangka dan tulang iga.

Bahkan sebuah benjolan di daerah ketiakpun tidak luput dari proses pengangkatan ini.

Total (Simple) Mastectomy

Namun, untuk simple mastectomy ini operasi hanya dilakukan untuk seluruh jaringan payudara saja tanpa benjolan di daerah ketiak.

Dokter akan menentukan metoda mastectomy mana yang tepat untuk pasiennya tergantung letak dan ukuran sel kanker serta tingkat keparahannya.

4. Melalui Lintasan Metabolisme

Metode selanjutnya, pasien akan diberikan asupan berupa asam bifosfonat yaitu sebuah senyawa yang digunakan untuk menghambat aktifitas osteoklas dan resorpsi tulang dengan tujuan menurunkan tingkat perkembangan sel kanker payudara menuju tulang.

Walaupun asam bifosfonat ini bisa ditoleransi oleh tubuh, akan tetapi pemakaian jangka waktu lama bisa menimbulkan efek samping seperti menurunnya fungsi hati.

Dan itulah ke-empat cara yang bisa dilakukan bagi pasien penderita kanker payudara. Tentu saja metode yang akan dilakukan harus berdasarkan pertimbangan dan kosultasi dokter.

Anda pun harus memikirkan efek samping yang ditimbulkan dari pengobatan tersebut.

Sebuah pepatah mengatakan bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati, untuk itu alangkah baiknya kita melakukan beberapa langkah pencegahan agar kita tidak terkena penyakit ini.

Lalu, strategi pencegahan apa yang bisa kita lakukan? Berikut penjelasannya.

(Visited 35 times, 1 visits today)
Gambar Gravatar
Hai.. Saya Dindin Hendra. Saya adalah seorang Suami, Ayah, Guru Bahasa Inggris dan juga Blogger. Semoga semua informasi yang saya tulis bisa bermanfaat untuk Anda. Selamat Membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.