Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan Jantung
(Ilustrasi Air, Sumber Foto: pixabay*com)

Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan Jantung

Diposting pada

Kesehatan – Di artikel ini saya akan membahas mengenai manfaat yang bisa kita dapatkan dari meminum air putih untuk kesehatan jantung. Bagaimana hubungan air putih dengan jantung yang sehat yang didukung oleh beberapa penelitian yang dilakukan para ahli di berbagai negara.

Jantung merupakan sebuah organ tubuh yang sangat penting bagi kelangsungan hidup seorang manusia.

Jantung dapat memberikan pemenuhan kebutuhan nutrisi dan oksigen yang diperlukan oleh tubuh kita.

Ini sungguh luar biasa.

Dan faktanya, jantung berdetak sekitar 75 kali dalam satu menit dan 100.000 kali dalam sehari.

Saking vitalnya, banyak orang yang ingin berusaha dan melakukan berbagai cara untuk mendapatkan jantung yang sehat.

Hal ini ditambah dengan kabar buruk bahwa setiap 34 detik seseorang meninggal dikarenakan oleh penyakit jantung.

Menurut laporan Asosiasi Jantung Amerika bahwa penyakit jantung menjadi salah satu penyebab utama kematian baik itu laki-laki dan perempuan di Amerika.

Sehingga, banyak orang berlomba-lomba untuk memiliki jantung yang sehat.

Selain itu, para peneliti di Asosiasi Jantung Amerika menyebutkan bahwa terdapat 6 faktor resiko yang memiliki kontribusi terhadap berkembangnya penyakit jantung tersebut.

6 faktor ini bersifat dapat dikendalikan sehingga meminimalisir faktor-faktor ini menjadi jelas sangat penting untuk menjaga jantung Anda tetap sehat dan kuat.

6 faktor tersebut adalah sebagai berikut

  1. Tekanan Darah Tinggi
  2. Kolesterol
  3. Merokok
  4. Diabetes
  5. Kurang Beraktifitas dan Kegemukan
  6. Stress

Ke-enam faktor tersebut ternyata sangat erat kaitannya dengan peran air putih.

Untuk mengetahui kaitannya, mari kita bahas terlebih dahulu bagaimana penyakit jantung itu timbul.

Bagaimana Penyakit Jantung Bisa Terjadi?

Penyempitan pembuluh darah, atau atherosclerosis, merupakan penyebab utama penyakit jantung.

Proses penyempitan pembuluh darah ini terjadi secara perlahan dalam kurun waktu yang cukup lama dan gejala tidak akan muncul sampai seseorang berumur matang atau berumur tua.

Akan tetapi, beberapa tahun terakhir, peneliti menemukan enam dari sepuluh remaja memiliki penumpukan lemak pada pembuluh darah mereka bahkan hampir menutupinya.

Jadi, penyakit jantung bisa saja terjadi pada saat kanak-kanak dan perkembangannya ditentukan oleh dua hal yaitu makanan yang kita konsumsi dan air yang kita minum.

Sehingga kita bisa menarik sebuah catatan bahwa pola makan yang tidak sehat serta dehidrasi merupakan faktor penyebab penyakit jantung.

Untuk memahami kenapa meminum air dan mengkonsumsi makanan sehat bisa memiliki dampak yang signifikan terhadap jantung, kita harus memahami terlebih dahulu penyebab dasar dari penyempitan pembuluh darah tersebut.

Pada umumnya dimulai ketika terjadi sebuah luka atau celah pada dinding pembuluh darah yang dekat dengan jantung.

Selanjutnya tubuh memiliki kemampuan alamiahnya untuk memperbaiki sendiri kerusakan tersebut dengan zat lemak, seperti kolesterol, untuk menutupi luka atau celah tersebut di dalam pembuluh darah.

Dari waktu ke waktu, lemak-lemak ini menumpuk dan menutup pembuluh darah dan penyebabkan serangan jantung atau stroke.

Lalu apa penyebab luka-luka ini di pembuluh darah?

Penyebab utamanya adalah radikal bebas dan racun lainnya yang terkumpul di dalam tubuh kita.

Tubuh manusia menyerap berbagai macam racun mulai dari banyaknya polusi, berbagai macam pengobatan, makanan siap saji serta gaya hidup yang tidak sehat atau kurang beraktifitas.

Semua faktor ini bisa berkontribusi terhadap terciptanya sistem kardiovaskular yang tidak sehat.

Dari sisi nutrisi, penyakit jantung terjadi karena dehidrasi kronis, konsumsi makanan siap saji secara berlebihan, konsumsi karbohidrat dan gula yang berlebihan pula.

Dari pembahasan diatas, maka jelaslah bahwa kekurangan asupan air putih bisa memicu terjadinya penyakit jantung.

Meminum Air Putih Yang Cukup Untuk Kesehatan Jantung

Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan Jantung
(Ilustrasi Air, Sumber Foto: pixabay*com)

Selain membantu mendorong makanan masuk ke dalam lambung, banyak sekali peran air putih lainnya yang dapat kita rasakan.

Ini diperkuat oleh sebuah penelitian yang di lakukan di California Amerika Serikat yang menyatakan bahwa air dapat membantu memperlancar peredaran darah, pernapasan, dan memperkuat otot-otot terutama otot jantung.

Dengan mengkonsumsi air putih, pembuluh darah menjadi melebar, sirkulasi darah dan oksigen juga meningkat sehingga kekakuan otot bisa dicegah.

Selain itu, air putih bisa memberikan efek rileks dan menghilangkan rasa nyeri pada tubuh.

Pada intinya, penelitian tersebut menjelaskan bahwa orang-orang yang meminum air putih secara cukup memiliki tubuh yang lebih sehat dan bugar dibanding mereka yang kekurangan asupan air putih.

Penelitian lainnya yang dilakukan oleh Loma Linda University di Amerika Serikat.

Penelitian tersebut menyatakan bahwa orang yang meminum 5 gelas air putih per harinya memiliki resiko penyakit jantung yang jauh lebih rendah dibanding mereka yang minum hanya dua gelas atau kurang.

Dari dua penelitian tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa untuk mendapatkan jantung yang sehat kita harus memiliki asupan air yang cukup setiap harinya.

Itulah fungsi air putih untuk kesehatan jantung.

Jangan sampai kita mengalami dehidrasi.

Dehidrasi kronis merupakan kontributor yang signifikan terhadap penyakit serangan jantung.

Lebih spesifik, dehidrasi berkontribusi besar terhadap dua penyakit yaitu tekanan darah tinggi dan kolesterol.

Ketika tubuh kita terpenuhi asupan cairan yang cukup, maka 94% darah kita merupakan air.

Sebaliknya jika tubuh kita mengalami kekurangan cairan, khususnya dalam jangka waktu yang lama, darah kita menjadi lebih tebal dimana ini menjadi penghalang aliran darah dan meningkatkan tekanan darah.

Disamping itu, kekurangan cairan ini akan meningkatkan produksi kolesterol yang akan digunakan untuk mencegah kekurangan air lebih jauh dari sel-sel tubuh.

Oleh karena itu, tubuh kita secara alami akan menggunakan kolesterol sebagai penyumbat agar sel-sel tubuh tidak kehilangan cairan terlalu banyak ketika tubuh mengalami dehidrasi.

Mengkonsumsi air putih dengan cara yang tepat akan memberikan dampak kesehatan yang luar biasa dalam jangka waktu yang lama bagi tubuh kita.

Dan perlu Anda ketahui bahwa tidak ada jenis minuman apapun yang dapat menggantikan manfaat air putih.

Namun pastikan air putih Anda tidak tercemar oleh zat-zat kimia serta kuman-kuman yang bisa merugikan tubuh kita.

Sebuah penelitian tentang air putih kembali di lakukan di New York, Amerika Serikat.

Hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa meminum air putih yang bebas dari berbagai zat kimia dan kuman secara teratur dengan kuantitas yang cukup bisa mengefektifkan kerja dari usus besar.

Mucousal Fold di usus besar dan usus kecil akan menjadi aktif dan darah segar baru pun akan mudah untuk di produksi olehnya.

Apabila usus kita bersih dan terbebas dari zat kimia serta kuman-kuman, maka gizi dari makanan yang kita konsumsi akan lebih mudah terserap dan dengan cara kerja mucousal fold ini, gizi makanan tersebut akan diubah menjadi darah segar yang baru.

Darah tidak kalah pentingnya dalam penyembuhan penyakit serta memelihara kesehatann tubuh.

Darah yang sehat akan membuat jantung kita lebih sehat dan kerja jantung yang mudah bisa membantu seluruh aktifitas tubuh kita sehari-hari.

Kesimpulan

Untuk mendapatkan jantung yang sehat, kita bisa melakukan hal yang sangat sederhana yaitu meminum air putih yang bebas dari zat kimia serta kuman-kuman dengan kuantitas yang cukup secara teratur.

Apabila meminum air putih, tubuh akan bekerja secara maksimal serta tubuh akan mudah membuat sel-sel darah merah segar yang baru.

Darah yang sehat bisa membuat jantung sehat serta bekerja optimal.

Selain itu, asupan cairan yang cukup ini tidak akan membuat tubuh kita menjadi dehidrasi dimana itu merupakan faktor utama penyakit tekanan darah tinggi, kolesterol serta stroke.

Ketiga penyakit tersebut erat kaitannya dengan sistem peredaran darah tubuh kita.

Dengan demikian, kunci untuk mendapatkan jantung yang sehat adalah menyehatkan terlebih dahulu sel-sel darah kita dengan cara meminum air putih yang cukup.

(Visited 85 times, 1 visits today)
Gambar Gravatar
Hai.. Saya Dindin Hendra. Saya adalah seorang Suami, Ayah, Guru Bahasa Inggris dan juga Blogger. Semoga semua informasi yang saya tulis bisa bermanfaat untuk Anda. Selamat Membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.