Manfaat Kesehatan Mengkonsumsi Rumput Laut dan Nutrisinya Untuk Tubuh
(Rumput Laut, Sumber Foto: flickr.com)

Manfaat Kesehatan Mengkonsumsi Rumput Laut dan Nutrisinya Untuk Tubuh

Diposting pada

Apakah anda sudah mengetahui manfaat dari mengkonsumsi rumput laut? Jika anda penggemar berbagai makanan yang diolah dari rumput laut, saya yakin anda pasti sudah mengetahui bahwa rumput laut ini memiliki berbagai macam manfaat kesehatan bagi tubuh kita.

Rumput laut adalah sejenis tumbuhan algae yang tidak memiliki batang, daun maupun akar serta memiliki berbagai macam bentuk tergantung jenisnya yang memberikan manfaat tersendiri bagi yang mengkonsumsinya.

Banyak sekali yang akan anda dapatkan jika anda bisa mengkonsumsi rumput laut ini secara teratur dan dengan porsi yang cukup, terutama untuk kesehatan tubuh anda.

Salah satu nya adalah ternyata rumput laut bisa membantu mengurangi resiko pengeroposan tulang, mampu mencegah kanker, sampai membantu menurunkan berat badan.

Hmm…ini merupakan manfaat yang luar biasa, bukan?

Jika anda ingin mengetahui manfaat kesehatan dari rumput laut lebih banyak lagi, simak penjelasan saya berikut ini.

Manfaat Nutrisi Yang Terkandung Di Dalam Rumput Laut

Rumput laut bisa dikategorikan sebagai sayuran laut.

Dan tentu saja, menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, sayuran memiliki kontribusi yang besar terhadap kebutuhan asupan makanan harian anda sekitar 17,5 cangkir untuk wanita dan 21 cangkir untuk pria.

Selain itu, seperti kebanyakan sayuran lainnya, rumput laut mengandung rendah kalori mentah. Contohnya rumput laut jenis wakame, rumput laut ini mengandung kurang dari 20 kalori.

Berdasarkan hal tersebut, memakan rumput laut memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh manusia karena rumput laut merupakan sumber makanan yang kaya akan nutrisi penting bagi kesehatan tubuh.

Lalu, apa sajakah nutrisi penting tersebut?

Berikut ini saya paparkan nutrisi penting yang terkandung di dalam rumput laut serta manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita, yang saya kutip dari healthyeating.sfgate.com dan livestrong.com.

Vitamin K

Rumput laut merupakan salah satu sumber vitamin K yang baik bagi kesehatan tulang. Vitamin K ini merupakan nutrisi yang bisa larut di dalam lemak.

Selain itu, vitamin K bisa berkomunikasi dengan tombosit (sel yang membentuk pembekuan darah).

Benarkah vitamin K bisa berkomunikasi dengan trombosit?

Ya, vitamin K bisa berkomunikasi dengan trombosit.

Jika anda mengalami cedera, vitamin k akan membantu mengirim sinyal kimia yang akan memberitahu trombosit untuk mengumpulkan dan membentuk gumpalan darah.

Sehingga, tubuh kita akan bisa menghentikan aliran darah pada luka.

Sungguh luar biasa, bukan?

Ternyata rumput laut memiliki vitamin k yang bisa membantu trombosit dalam menghentikan aliran darah pada sebuah luka di tubuh kita.

Lebih jauh, beberapa jenis rumput laut dapat membantu kita untuk mencapai rekomendasi asupan harian vitamin k, yaitu sekitar 90 mikrogram untuk wanita atau 120 mikrogram untuk laki-laki.

Kalsium

Jika anda menambahkan rumput laut ke dalam makanan, itu akan membantu dalam meningkatkan asupan mineral penting seperti kalsium.

Dan seperti yang anda ketahui bahwa kalsium memegang peranan penting di dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi yang kuat.

Kalsium ini membentuk bagian dari hidroksiapatit (ini merupakan jaringan mineral yang membentuk sebagian besar tulang).

Selain itu, kalsium bisa membantu menjaga otot-otot, membantuk komunikasi antar sel di dalam tubuh dan juga berkontibusi besar terhadap fungsi sistem saraf.

Dan faktanya, 1 porsi rumput laut yang memiliki banyak kalsium, ternyata lebih bermanfaat daripada sayuran brokoli, atau hampir sama dengan protein yang terdapat pada kacang-kacangan.

Zat Besi

Zat besi merupakan salah satu nutrisi penting bagi tubuh kita.

Jika anda memiliki kadar zat besi yang rendah, anda akan mengalami anemia (defisiensi zat besi). Ini merupakan suatu kondisi tubuh yang ditandai dengan menurunnya tingkat energi, kulit pucat dan sesak nafas.

Hampir semua jenis rumput laut memiliki kandungan zat besi yang bagus. Dengan zat besi tersebut, itu akan membantu tubuh kita untuk menghasilkan energi yang sangat diperlukan oleh tubuh untuk menjalani aktifitas anda sehari-hari.

Disamping itu, zat besi bisa membantu menyehatkan sistem peredaran darah dan meningkatkan aliran darah. Dan hal ini sangat bagus untuk aliran darah ke otak anda.

Jadi, memasukan rumput laut ke dalam menu diet anda sehari-hari sangat membantu tubuh untuk mencapai kebutuhan 8 miligram zat besi untuk pria atau 18 miligram zat besi untuk wanita. Selain itu, anda juga akan mendapatkan manfaat dari vitamin B-12, vitamin A dan vitamin C.

Serat Alami

Alginat merupakan serta alami yang ditemukan pada beberapa jenis rumput laut. Serat alami ini bisa membantu tubuh kita untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan dan juga mengurangi penyerapan lemak di dalam tubuh.

Hal ini juga dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan oleh beberapa ilmuwan di Newcastle University yaitu Dr Iain Brownlee dan Profesor Jeff Pearson.

Mereka menemukan bahwa makan rumput laut akan mengurangi pencernaan lemak lebi dari 75%.

Selain itu, serat rumput laut akan membantu tubuh merasa kenyang lebih cepat dan mencegah anda untuk makan secara berlebihan.

Sehingga, penemuan ini menunjukan bahwa menambahkann rumput laut untuk menu diet dapat membantu menurunkan berat badan dan kadara kolesterol tidak sehat dalam darah.

Asam Lemak Omega 3

Tubuh manusia membutuhkan lemak sehat sebagai bagian dari diet seimbang. Dan rumput laut menyediakan lemak sehat tersebut. Lemak tersebut disebut asam lemak omega 3.

Situs The Dr. Oz Show mencatat bahwa dalam selembar rumput laut (nori) memiliki sejumlah asam lemak omega 3 yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Lemak omega 3 ini bisa membantu tubuh kita dalam meningkatkan kadar kolesterol HDL sehat dan menurunkan kadar kolesterol LDL yang berbahaya.

Selain itu, asam lemak omega 3 juga membantu mengurangi peradangan di dalam tubuh.

Jadi, ini merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita dan rumput laut bisa menyediakan asam lemak omega 3 ini.

Yodium

Sebagai salah satu sayuran laut, rumput laut mengandung beberapa mineral dan vitamin penting yang dibutuhkan untuk diet seimbang yang sehat. Salah satunya adalah yodium.

Menurut situs Best Health, satu gram yodium rumput laut ternyata sudah memberikan dosis harian yodium yang dibutuhkan oleh tubuh. Yodium ini merupakan mineral yang sangat dibutuhkan untuk menjaga fungsi tiroid yang sehat.

Disamping itu, terdapat satu jenis rumput laut hitam yang disebut kombu. Kombu ini mengandung fucoxanthin pigmen yang dapat membantu mengubah lemak tubuh menjadi energi.

Melihat semua kandungan rumput laut diatas, sudah jelas bahwa rumput laut ini memiliki berbagai khasiat dan manfaat kesehatan bagi tubuh kita.

Sehingga, jika kita bisa mengkonsumsinya secara teratur dan dalam jumlah yang tepat, kita bisa merasakan khasiatnya bagi tubuh kita.

Manfaat Rumput Laut Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Kesehatan Mengkonsumsi Rumput Laut dan Nutrisinya Untuk Tubuh
(Rumput Laut, Sumber Foto: flickr.com)

Rumput laut bisa memberikan berbagai manfaat yang baik bagi kesehatan. Manfaat tersebut, saya uraikan sebagai berikut :

Pencegahan Pengeroposan Tulang

Rumput laut mengandung kalsium lima kali lebih besar daripada susu. Sehingga, bagi perempuan yang berusia lanjut, mengkonsumsi rumput laut secara teratur bisa mencegah terjadinya gejala penyakit osteoporosis atau pengeroposan tulang.

Pencegahan Kanker

Gejala penyakit kanker bisa dicegah dengan asupan vitamin c secara teratur dan dalam jumlah yang tepat.

Kenapa bisa vitamin c bisa mencegah kanker?

Karena vitamin c biasanya mengandung antioksidan sebagai pencegah gejala kanker. Dan rumput laut menyediakan kandungan vitamin c yang cukup untuk kebutuhan tubuh kita setiap harinya.

Selain itu, vitamin c ini bisa membantu dalam merawat kecantikan kulit.

Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang sedang menjalankan program diet, menambahkan rumput laut sebagai menu diet harian anda merupakan hal yang sangat dianjurkan. Ini karena rumput laut mengandung serat alami yang bisa membantu mengontrol berat badan.

Dan, lagi, jika anda mengkonsumsinya secara teratur, itu akan memberikan efek diet sehat yang menyehatkan tubuh kita.

Mengurangi Gejala Penyakit Hipertensi

Seperti yang kita ketahui bahwa orang yang mempunyai penyakit hipertensi, dokter sangat menyarankan untuk mengurangi sumber makanan yang terlalu gurih ataupun asin, seperti ikan asin dan makanan lainnya yang mengandung kandungan garam berlebih.

Ternyata, rumput laut bisa menggantikan asupan garam tersebut. Karena rumput laut memiliki kandungan garam yang cukup. Sehingga, tekanan darah akan lebih stabil.

Dan hal ini sangat disarankan oleh dokter, bagi mereka yang menderita penyakit hipertensi.

Tips Menambahkan Rumput Laut Dalam Makanan

Bagi anda yang tertarik terhadap kandungan rumput laut ini dan ingin menambahkannya ke dalam menu makanan anda sehari-hari, anda bisa mencoba tips berikut ini.

Ada beberapa cara untuk menambahkan rumput laut ke dalam makanan.

  1. Jika anda penggemar sushi, anda bisa menggunakan lembaran rumput laut yang diratakan (nori) digunakan untuk menggulung sushi.
  2. Anda dapat menambahkan rumput laut ke dalam sandwich atau menambahkan ke dalam salad atau sup.
  3. Jika anda membeli rumput laut coklat atau hijau, anda dapat menambahkannya ke dalam roti, pizza, kentang, pasta, casserole, rebusan dan sup.
  4. Anda bisa membuat chip rumput laut dengan tambahan manfaat minyak zaitun ke potongan rumput laut segar yang dipanggang sampai renyah.

Kesimpulan

Salah satu negara yang mulai banyak memanfaatkan rumput laut sebagai makanan tambahan pada menu harian mereka adalah Indonesia.

Disamping itu, Indonesia merupakan negara dengan wilayah laut yang sangat luas sehingga banyak daerah di Indonesia yang menghasilkan rumput laut yang melimpah.

Masyarakat Indonesia juga memiliki berbagai macam makanan yang diolah dari rumput laut, seperti agar-agar.

Rumput laut sendiri merupakan jenis tumbuhan algae yang tidak memiliki batang, daun ataupun akar. Bentuknya beraneka ragam tergantung jenisnya, yang memberikan manfaat tersendiri bagi yang mengkonsumsinya.

Jika rumput laut dikonsumsi secara teratur dan benar, maka bisa membantu mencegah pengeroposan tulang, mencegah kanker, menurunkan berat badan, serta dapat mengurangi gejala penyakit hipertensi.

Baik, itulah penjelasan saya mengenai manfaat luar biasa yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi rumput laut secara teratur.

Jadi, jelas bahwa ada banyak manfaat kesehatan dari memakan rumput laut bagi kesehatan tubuh kita.

(Visited 35 times, 1 visits today)
Gambar Gravatar
Hai.. Saya Dindin Hendra. Saya adalah seorang Suami, Ayah, Guru Bahasa Inggris dan juga Blogger. Semoga semua informasi yang saya tulis bisa bermanfaat untuk Anda. Selamat Membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.