Oatmeal - Manfaat Oatmeal Untuk Kesehatan Berdasarkan Sains
(Oatmeal, Sumber Foto: pixabay*com)

Manfaat Oatmeal Untuk Kesehatan Berdasarkan Sains

Diposting pada

Kesehatan – Oatmeal adalah sejenis makanan yang terbuat dari gandum (bubur gandum) dimana kita ketahui bahwa gandum memiliki segudang manfaat kesehatan bagi tubuh jika kita rajin mengkonsumsinya secara teratur dengan jumlah yang cukup.

Oatmeal, mungkin bagi sebagian orang Indonesia adalah hal baru karena bukan merupakan makanan pokok. Dan kita ketahui bahwa makanan pokok kita adalah beras atau nasi.

Sedangkan di negara-negara barat sana, oatmeal atau gandum ini sudah tidak asing lagi karena sudah menjadi makanan pokok.

Oatmeal atau bubur gandum sering dijadikan sebagai menu sarapan di pagi hari sebelum mereka beraktifitas. Mereka biasanya menyajikan oatmeal ini dengan buah-buahan segar ataupun kuah sup yang gurih.

Namun sekarang, berbagai macam produk berbahan gandum sudah menjamur di toko atau pasaran Indonesia dari mulai roti gandum sampai produk yang cukup terkenal untuk membuat bubur gandum yaitu Quaker Oats.

Dengan sekejap, oatmeal menjadi trend dan kebiasaan banyak kalangan masyarakat di Indonesia. Bersama itu pula kebutuhan akan gandum terus meningkat.

Rasa nya yang enak dan segudang manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan menjadi salah satu alasan orang mengkonsumsi oatmeal.

Akan tetapi orang hanya mengetahui sedikit saja mengenai manfaat oatmeal.

Oleh karena itu, pada tulisan ini saya akan membahas tuntas mengenai manfaat oatmeal untuk kesehatan yang didukung oleh ilmu pengetahuan atau sains.

Karena pembahasan kita cukup panjang, agar Anda lebih mudah dalam membaca, Anda bisa menggunakan daftar isi artikel berikut ini untuk menuju poin dari pembahasan.

Saya mendapatkan informasi ini dari sebuah situs luar negeri (well-beingsecrets.com) yang saya rangkum dan sadur ke dalam bahasa Indonesia.

Tapi sebelum kita membahas manfaat kesehatan dari oatmeal, tidak ada salahnya bagi kita untuk mengetahui sejarah oatmeal, bagaimana gandum tumbuh, dan beberapa macam jenis gandum.

Selain itu, saya juga akan menyajikan fakta menarik seputar oetmeal dan kandungan oeatmeal itu sendiri.

Baiklah mari kita bahas terlebih dahulu mengenai sejarah oatmeal yang harus Anda ketahui, terutama bagi Anda penggemar oatmeal.

Sejarah Oatmeal

Oatmeal - Manfaat Oatmeal Untuk Kesehatan Berdasarkan Sains
(Oatmeal, Sumber Foto: maxpixel*freegreatpicture*com)

Hanya ada sedikit petunjuk mengenai catatan kapan pertama kali oatmeal dikonsumsi. Beberapa penelitian sejarah menemukan referensi tentang gandum yaitu sekitar 2.000 SM yang lalu.

Akan tetapi, gandum yang dikonsumsi oleh mereka tidak sama seperti gandum yang kita konsumsi sekarang.

Setelah 2000 tahun mengalami proses tanam dan pengolahan, barulah gandum dibawa ke Eropa.

Orang Romawi dan Yunani menganggap gandum sebagai bentuk tepung yang tengik dan berbau anyir. Itulah kenapa beberapa negara percaya bahwa gandum ini lebih cocok sebagai makanan hewan.

Kemudian, pada abad perunggu Eropa, gandum dianggap sebagai hasil bumi yang kedua, kebanyakan mereka menganggap bahwa tanaman gandum itu adalah rumput liar.

Sebelum gandum terkenal sebagai bahan pembuatan kue dan sereal sebagai menu sarapan pagi hari, gandum digunakan sebagai bahan-bahan pembuatan obat.

Namun, pada akhirnya, gandum menjadi sangat terkenal di beberapa negara Eropa seperti Skotlandia, Jerman, Skandinavia dan Irlandia.

Kemudian popularitas dari bubur gandum menjadi sangat tinggi di negara tersebut.

Oatmeal atau bubur gandum menjadi suatu hal yang umum di Skotlandia dan hampir di setiap rumah memiliki wadah tersendiri untuk bubur gandum ini.

Mereka menyimpan bubur gandum pada wadah khusus tersebut sampai bubur menjadi keras sehingga mereka bisa mengkonsumsi nya dalam bentuk batangan seperti coklat batangan.

Orang Skotalndia membentuk banyak tradisi seputar oatmeal dari mulai bagaimana harusnya oatmeal dibuat sampai sebuah aturan bahwa bubur gandum hanya boleh dikonsumsi pada mangkuk kayu.

Kemudian pada akhirnya pada abad ke-17, orang-orang Skotlandia membawa gandum ke Amerika Utara.

Pada tahun 1850, seorang warga jerman, Ferdinand Schumacher mendirikan sebuah perusahan bernama German Mills American Cereal Company di Ohio, Amerika Serikat.

Lalu pada tahun 1877, Quaker Oats menjadi sereal sarapan pertama kali dengan merek dagang yang terdaftar.

Dari sana, bubur gandum atau oatmeal mulai dikenal sebagai sereal sarapan di seluruh Amerika Utara.

Selanjutnya pada tahun 1995, FDA atau badan pangan dunia mulai mempromosikan gandum sebagai makanan yang baik untuk jantung dan bagus untuk menurunkan kolesterol.

Itulah sejarah singkat mengenai oatmeal.

Lalu bagaimana gandum tumbuh? Mari simak penjelasan selanjutnya.

Bagaimana Gandum Tumbuh

Gandum merupakan tanaman tahunan yang artinya gandum hanya bisa dipanen sekali dalam satu tahun. Siklus pertumbuhan mereka habis dalam satu tahun penuh.

Jenis gandum yang paling populer adalah gandum putih dan juga gandum merah atau dikenal sebagai oats. Ada jenis gandum lainnya seperti rye (gandum hitam).

Gandum harus ditanam pada awal musim semi.

Jadi, nampaknya gandum kurang cocok jika dibudidayakan di Indonesia ya karena harus ditanam di awal musim semi.

Tidak seperti rye (gandum hitam), oats memiliki daya tahan yang cukup tinggi terhadap hujan dan membutuhkan sinar matahari yang lebih sedikit.

Namun pada kenyataanya, oats membutuhkan tanah yang basah untuk berkecambah atau berkembang dengan baik.

Oats membutuhkan 7 sampai 20 hari untuk berkecambah dan membutuhkan sinar matahari penuh untuk mendapatkan hasil oats yang terbaik.

Tanaman gandum ini dipanen dengan cara memotong batang kira-kira kurang lebih 10 cm dari tanah. Kemudian gandum akan dibiarkan mengering lalu dibungkus.

Macam-macam Gandum

Gandum mungkin merupakan bahan utama dalam membuat oatmeal / bubur gandum, tapi tahukah Anda bahwa sebenarnya ada beberapa jenis gandum yang berbeda yang bisa kita pilih?

Semua jenis gandum dimulai dari gandum yang sama yaitu gandum giling yang kasar.

Sebelum di proses, gandum kasar dipanggang terlebih dahulu pada suhu rendah atau tidak terlalu panas.

Tingkat pemrosesan gandum kasar menentukan terhadap akan menjadi jenis gandum yang mana nantinya.

Jadi, berikut adalah beberapa jenis gandum yang paling terkenal.

Oats Instan

Oats instan ini kadang juga dikenal sebagai “quick oats” karena jenis gandum ini memiliki proses pemasakan yang cepat dibanding dengan jenis oats lainnya.

Kita hanya perlu menuangkan air panas pada oats instan, biarkan sejenak kira-kira kurang lebih 1 sampai 2 menit dan oatmeal pun sudah siap untuk disantap.

Jenis gandum ini sudah mengalami proses pengukusan sebelumnya lalu kemudian dipotong kecil-kecil.

Oleh karena itu, bubur gandum yang dihasilkan memiliki tekstur yang lebih lembek dan lunak serta sudah memiliki rasa.

Steel-Cut Oats

Steel-Cut Oats adalah istilah untuk gandum yang dipotong menjadi beberapa ukuran berbeda. Disebut steel-cut oats karena gandum ini dipotong menggunakan pemotong besi.

Terkadang jenis gandum ini disebut Scottish Oats (gandum orang Skotlandia) dimana gandum ini memiliki bentuk yang kecil dengan bentuk hampir mirip seperti butir padi.

Untuk memasak gandum ini menjadi bubur gandum, kita akan memerlukan waktu yang cukup lama. Tekstur dari bubur gandum yang dihasilkan sedikit kenyal dan bentuk dari gandumnya tidak akan berubah walaupun sudah dimasak.

Rolled Oats

Rolled Oats adalah istilah untuk jenis gandum yang memiliki ukuran cukup besar, bulat dan datar dalam bentuknya.

Bentuk gandum seperti ini terbentuk selama proses penguapan dan perataan (pengepresan).

Jenis gandum ini sering dikenal sebagai jenis gandum kuno.

Proses memasak bubur gandum dengan menggunakan jenis gandum ini terbilang lebih cepat daripada jenis gandum steel-cut.

Hal ini disebabkan karena kepadatan dan bentuk gandum itu sendiri dimana jenis gandum ini lebih cepat menyerap cairan.

Rolled Oats ini lebih dikenal sebagai bahan pembuatan berbagai jenis makanan yang dipanggang dan juga bubur gandum di pagi hari.

Itulah ketiga jenis gandum yang cukup terkenal yang sudah terbiasa digunakan sebagai bahan makanan seperti bubur gandum atau oatmeal.

Selanjutnya kita akan membahas fakta menarik seputar gandum dan juga oatmeal.

Fakta Menarik Seputar Gandum dan Oatmeal

Seperti kita ketahui bahwa gandum sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Dan oatmeal atau bubur gandum menjadi salah satu menu sarapan terfavorit di seluruh dunia.

Namu, ada beberapa fakta menarik seputar gandum dan oatmeal yang perlu Anda ketahui.

  • Russia, Kanada dan Polandia merupakan tiga negara teratas pernghasil gandum. Namun, perusahaan yang memproduksi gandum paling banyak berada di Cedar Rapids, Iowa, Amerika Serikat yang merupakan penghasil produk gandum terkenal di dunia Quaker Oats.
  • Hari Oatmeal Nasional jatuh pada tanggal 29 Oktober. Akan tetapi, bulan Oatmeal Nasional jatuh pada bulan Januari dimana penjualan Oatmeal paling tinggi terjadi di bulan itu.
  • Maskot dari Quaker Oats telah mengalami perubahan sebanyak 3 kali semenjak pertama kali pembuatannya.
  • 18 ons bubur gandum / oatmeal mengandung lebih dari 26.000 butir gandum.
  • Di Amerika Serikat, oatmeal hanya dijual 15 sen per mangkuk.
  • Tanaman gandum merah merupakan tanaman asli dari China.
  • Pesepeda Gunung dan Pembalap BMX lebih memilih bubur gandum sebagai sumber karbohidrat yang sehat dari pada yang lainnya untuk menjaga energi mereka selama seharian penuh.
  • Sebuah kamus bernama “The New Food Lover’s Companion” yang dikeluarkan tahun 1755 menyebutkan bahwa bubur gandum adalah makanan yang cocok untuk kuda di Inggris dan cocok untuk dikonsumsi oleh manusia di Skotlandia.
  • Dalam membuat oatmeal orang-orang lebih menyukai beberapa toping yang cukup terkenal seperti sirup mapel, pisang, susu, mentega kacang dan gula merah.
  • Orang-orang Yunani lah yang pertama kali menggunakan oatmeal sebagai sereal sarapan.
  • Dikabarkan bahwa hanya sekitar 5 % oatmeal yang dikonsumsi oleh manusia, selebihnya hanya dijadikan sebagai stok makanan.
  • Setiap tahun sering diadakan kompetisi membuat bubur gandum oleh The World Prridge Making Championship.
  • Selain sereal, ternyata kue gandum merupakan resep pertama yang menggunakan gandum sebagai bahannya.

Fakta menarik tersebut merupakan hal-hal yang tidak pernah kita pikirkan sebelumnya. Dan tentu akan menambah wawasan Anda seputar gandum dan oatmeal.

Selain beberapa menarik diatas, saya akan mengulas tentang kandungan nutrisi dari gandum itu sendiri pada penjelasan selanjutnya.

Kandungan Gizi

Gandum tentu saja memiliki kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Apalagi setelah dilakukan berbagai penelitian lebih lanjut mengenai gandum itu sendiri.

Gandum organik memiliki nilai kandungan gizi yang lebih daripada gandum kemasan yang kita kenal.

Gandum organik memiliki kandungan kalori sekitar 68 kalori per 100 gram penyajian sedangkan gandum kemasan seperti Quaker Oats mengandung 367 kalori per 100 gram penyajian.

Selain itu, gandum kemasan memiliki kandungan gula dan lemak yang cukup tinggi.

Jadi, kalau Anda ingin mendapatkan manfaat luar biasa dari gandum ini usahakan untuk mencari dan memilih gandum organik.

Selanjutnya, gandum sering dipertimbangkan sebagai sumber protein yang murah.

Oleh karena itu gandum sangat cocok dijadikan sebagai sereal sarapan untuk Anda yang memiliki gaya hidup yang sehat dan aktif.

Berikut ini beberapa kandungan gizi dari gandum per 100 gram penyajian.

Daftar berikut merupakan kandungan untuk gandum organik.

Kandungan Gizi Gandum - Manfaat Oatmeal Untuk Kesehatan Berdasarkan Sains
(Kandungan Gizi Gandum, Sumber Foto: nutritiondata*com)

Lemak Total – 1.4 g

Sodium – 49 mg

Lemak Jenuh – 0.2 g

Lemak Tak Jenuh – 0.4 g

Lemak Trans – 0 g

Kalium – 61 mg

Karbohidrat Total – 12 g

Serat Makanan – 1.7 g

Gula – 0.5 g

Protein – 2.4 g

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian Anda, gandum juga mengandung:

Vitamin A – 8%

Vitamin C – 0%

Kalsium – 8%

Zat Besi – 33%

Vitamin D – 0%

Vitamin B-6 – 15%

Vitamin B-12 – 0%

Magnesium – 6%

Dari semua kandungan gizi yang dimiliki oleh Gandum atau Oatmeal, maka kita bisa mendapatkan manfaat kesehatan bagi tubuh.

30 Manfaat Kesehatan Oatmeal Berdasarkan Sains

Oatmeal - Manfaat Oatmeal Untuk Kesehatan Berdasarkan Sains
(Oatmeal, Sumber Foto: pixabay*com)

Jika Anda masih berpikir bahwa Oatmeal atau bubur gandum adalah sereal sarapan encer yang sering dikonsumsi hanya oleh orang tua, nampaknya Anda harus merasakan sendiri manfaat kesehatan dari Oatmeal ini.

Kita bisa membuat oatmeal dengan rasa manis maupun asin / gurih dan ada beragam macam manfaat kesehatan yang kita bisa dapatkan jika kita rajin mengkonsumsi oatmeal sebagai menu makan setiap harinya.

Berikut ini adalah 30 manfaat kesehatan Oatmeal yang telah diteliti berdasarkan ilmu pengetahuann yang ada.

1. Kaya Akan Anti-Oksidan

Anti-oksidan adalah zat yang sangat penting untuk menjada kesehatan tubuh kita dan gandum menyediakan zat anti-oksidan ini dalam jumlah yang cukup tinggi.

Mereka memberikan perlindungan terhadap molekul berbahaya yang sering disebut sebagai radikal bebas (oksidan).

Oksidan diproduksi oleh tubuh kita untuk melawan virus dan mikroba yang berbahaya.

Akan tetapi jika Oksidan ini diproduksi secara berlebih maka mereka akan mulai menyerang sel-sel tubuh kita.

Dan disinilah peran anti-oksidan, mereka akan menghentikan proses ini dan menjaga sel-sel tubuh dari kerusakan.

Selain itu, zat anti-oksidan ini mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh kita seperti vitamin E, C, mineral dan selenium.

2. Membantu Mengatasi Sembelit

Bubur gandum yang kita konsumsi ternyata bisa mengatasi sembelit karena kandungan serat nya.

Serat sangat dibutuhkan untuk memperlancar proses pencernaan di usus kita.

Dan orang-orang yang mengeluh akan masalah perut seperti sembelit akan menemukan solusinya dengan mengkonsumsi bubur gandum secara rutin.

Per cangkir gandum memiliki 8 gram serat larut dan serat tidak larut.

Serat tidak larut akan menyerap air dan akan melancarkan kotoran yang mengendap di dalam usus kita.

Ketika kotoran menyerap air, maka kotoran akan dengan mudahnya keluar.

Jadi untuk mengatasi sembelit, mulailah untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi serat seperti bubur gandum / oatmeal.

Maka Anda akan terhindar dari berbagai macam masalah perut seperti kembung, begah dan diare.

Dan pastikan juga Anda untuk rajin mengkonsumsi air minum.

3. Memperbaiki Sensitifitas Insulin

Insulin adalah sebuah hormon yang diproduksi oleh kelenjar pankreas yang memiliki berbagai macam tujuan di dalam tubuh.

Salah satu tujuannya adalah merubah karbohidrat menjadi energi.

Dan oatmeal memperbaiki sensitifitas tubuh terhadap insulin tersebut.

Insulin juga memberikan fungsi penting di dalam metabolisme tubuh.

Memiliki sensitifitas insulin berarti Anda memiliki daya tahan yang kurang terhadap insulin.

Hal ini merupakan hal yang sangat bagus apalagi jika Anda memiliki masalah diabetes.

Oatmeal memiliki indeks glycemic yang rendah sehingga bisa membantu memelihara kadar gula dalam darah.

Mengkonsumsi oatmeal bisa menurunkan jumlah insulin yang Anda butuhkan walaupun hal ini tidak berlaku untuk gandum kemasan dan gandum yang sudah memiliki rasa.

Jadi, jika Anda memiliki penyakit diabetes, sudah saatnya Anda mengkonsumsi bubur gandum mulai dari sekarang.

4. Membantu Mencegah Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang berhubungan dengan metabolisme tubuh atau pencernaan dimana akan meningkatkan kadar gula dalam darah, membawa penglihatan menjadi kabur, intensitas kencing yang sering dan juga kelelahan.

Bahkan diabetes bisa membawa dampak negatif terhadap kesehatan yang lebih parah seperti kerusakan saraf dan ginjal, masalah kardiovaskular, stroke dan gangguan pendengaran.

Gandum memiliki kandungan serat yang tinggi.

Dan sebuah penelitian menunjukan bahwa diet tinggi serat bisa mengurangi resiko terkena penyakit diabetes sekitar 30%.

5. Memberikan Tambahan Energi

Oatmeal merupakan menu sarapan yang sangat disukai oleh para atlet dan mereka yang suka berolahraga berat untuk membentuk tubuh.

Hal ini karena gandum memiliki kemampuan untuk memberikan tambahan energi yang dibutuhkan.

Gandum memiliki karbohidrat kompleks dan kaya akan protein sehingga bisa mengisi tubuh dengan energi.

Gandum utuh akan diserap atau dicerna secara perlahan di dalam tubuh sehingga hal ini akan memberikan efek kenyang lebih lama.

Manfaat ini sangat dibutuhkan untuk mereka yang sering melakukan olahraga fisik secara rutin sehingga mereka tidak akan merasa terlalu lelah walaupun setelah selesai berolahraga.

Perlu Anda ketahui bahwa gandum juga mengandung thiamin, niacin, dan folat.

Dan vitamin-vitamin B ini membantu mencerna energi dan memberikan tubuh tambahan energi sehingga selalu merasa semangat dan termotivasi sepanjang hari.

6. Membantu Pembentukan Hemoglobin

Setiap penyajian oatmeal mengandung dosis zat besi yang sehat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan hemoglobin.

Hemoglobin adalah protein yang terdapat pada sel darah merah.

Dan molekul ini akan membantu membawa oksigen ke seluruh tubuh melalui darah.

Tingkat hemoglobin yang rendah bisa membawa kita ke berbagai macam masalah kesehatan.

7. Menurunkan Tingkat Kolesterol

Tingkat kolesterol yang tinggi merupakan masalah kesehatan yang harus menjadi perhatian bagi setiap orang.

Hal ini akan membawa Anda ke berbagai macam kondisi kesehatan yang sangat serius seperti serangan jantung, stroke, penyakit jantung dan bahkan kematian.

Dan gandum yang kaya akan serat larut akan membantu menurunkan LDL atau kolesterol jahat.

Selain itu, serat larut akan membantu mengurangi penyerapan kolesterol pada aliran darah.

8. Membantu Memperbaiki Masa Otot

Jika Anda ingin memperbaiki penampilan Anda atau sederhananya Anda ingin meningkatkan masa otot (bagi pria), Anda bisa memulai hari Anda dengan semangkuk bubur gandum.

Oatmeal merupakan sumber karbohidrat sehat karena mengandung kandungan indeks glycemic yang rendah.

Hal ini berarti akan mendorong penurunan berat badan dan memelihara masa otot selama berolahraga.

Dan yang menggembirakan adalah hanya dengan setengah cangkir gandum, Anda akan mendapatkan 5 gram protein, 27 gram karbohidrat, 2 gram lemak dan banyak serat.

Luar biasa bukan?

9. Membantu Menurunkan Berat Badan

Gandum diklasifikasikan sebagai sumber karbohidrat. Oleh karena itu beberapa orang merasa gandum harus dihindari ketika kita ingin menurunkan berat badan.

Akan tetapi hal itu tidak benar.

Oatmeal memiliki kandungan nilai gizi yang tinggi, meningkatkan energi dan bisa membantu Anda dalam menurunkan berat badan.

Serat larut pada gandum membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna di dalam tubuh jika kita bandingkan dengan menu sarapan lainnya.

Oatmeal memiliki kandungan karbohidrat yang sehat sehingga bisa membantu Anda untuk merasa kenyang lebih lama.

Selain itu, oatmeal tidak memiliki pengaruh terhadap kadar gula dalam darah Anda.

Apa yang membuat oatmeal menjadi makanan pendukung yang tepat dalam menurunkan berat badan adalah daya tahan nya terhadap zat tepung.

Dengan kata lain, tubuh kita akan memicu pelepasan asam pencernaan yang mempercepat pembakaran kalori selama melakukan aktifitas.

Disamping itu, oatmeal juga bisa memberikan stimulus terhadap sistem pencernaan kita sehingga bisa membantu proses penurunan berat badan.

10. Membantu Proses Penyembuhan Otot

Karbohidrat dan protein merupakan zat penting untuk membentuk dan menyembuhkan otot.

Dan kabar baiknya adalah oatmeal mempunyai protein dan karbohidrat kompleks tersebut.

Tubuh menggunakan karbohidrat ini untuk membentuk otot.

Disamping itu, di dalam oatmeal juga mengandung zat besi yang sangat bermanfaat untuk membantu menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh melalui aliran darah.

Karbohidrat yang ditemukan di oatmeal akan berubah menjadi energi dan tubuh akan membakar energi ini selama berolahraga dan membentuk otot serta memperbaikinya.

11. Menurunkan Resiko Asma Pada Anak-anak

Asma merupakan penyakit kronis yang memiliki efek langsung terhadap saluran pernapasan dan paru-paru.

Di Amerika saja, setidaknya ada 22 juta orang yang memiliki penyakit asma dan sebagian besar menimpa anak-anak.

Efek samping dari penyakit ini contohnya seperti sensitif nya pernapasan kita terhadap udara baik itu udara yang terlalu panas maupun udara yang terlalu dingin, batuk, nyeri pada dada dan nafas yang pendek.

Sebuah penelitian dilakukan dan menemukan bahwa mengkonsumsi oatmeal pada anak-anak sebelum 6 bulan bisa mengurangi resiko penyakit asma ini dikemudian hari.

12. Kaya Akan Protein

Protein merupakan zat yang sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia.

46 sampai 57 gram per hari merupakan asupan protein yang direkomendasikan per harinya berdasarkan pada umur dan jenis kelamin.

Semua organ tubuh atau bagian tubuh kita dari mulai kuku, rambut, tulang, kulit, darah dan otot memerlukan asupan protein yang cukup.

Selain itu, protein juga dibutuhkan untuk membantu memperbaiki struktur jaringan tubuh dan produksi hormon dan enzim.

Protein ini membantu kinerja setiap sell di dalam tubuh kita.

12 gram protein yang ada pada satu cangkir gandum kering merupakan tambahan protein yang cukup untuk tubuh kita.

13. Membantu Menyeimbangkan Estrogen

Penurunan kualitas atau tidak seimbangnya hormon bisa kita lihat dengan beberapa gejala seperti gangguan mental, rendahnya libido, pandangan kabur, rasa cemas, depresi, peningkatan berat badan dan juga kelelahan.

Oatmeal merupakan sumber makanan yang kaya akan serat. Serat ini mengikat dirinya pada estrigen dan membuang hormon yang berlebih atau hormon yang tidak perlu.

Jadi, Anda bisa menambahkan oatmeal ke dalam menu harian Anda untuk menyeimbangakn hormon di dalam tubuh.

14. Meningkatkan Kemampun Penglihatan Mata Menjadi Lebih Baik

Perlu Anda ketahui bahwa Vitamin A terbentuk dari senyawa antioksidan. Dan senyawa ini sangat penting untuk pembentukan tulang, penglihatan dan juga sistem imun tubuh.

Ada bagian dari mata kita yang dilindungi oleh vitamin A yaitu bagian kornea. Jadi, jika kita kekurangan asupan vitamin A perlahan kornea kita akan mengalami kerusakan.

Vitamin A ini membuat penghalang untuk melawan bakteri dan virus yang bisa menyebabkan infeksi pada mata.

Vitamin A juga bisa menjadi perawatan yang tepat untuk mata kering.

Disamping itu, beberapa penelitian menyatakan bahwa vitamin A memainkan peranan penting dalam kesehatan mata. Vitamin A bisa menurunkan resiko penurunan kemampuan penglihatan bahkan bisa menghilangkan kemampuan melihat.

15. Membantu Meningkatkan Mood

Penelitian menunjukan bahwa menu makanan yang Anda konsumsi bisa mempengaruhi mood Anda.

Mengkonsumsi makanan cepat saji bisa menyebabkan depresi.

Akan tetapi, Oatmeal bisa melawan depresi dan meningkatkan mood Anda.

Oatmeal mengandung karbohidrat sehat yang bisa menstimulasi produksi serotonin.

Serotonin adalah sebuah neurotransmitter yang diproduksi oleh tryptophan. Dan transmitter ini mempengaruhi secara langsung terhadap nafsu makan, tidur dan mood.

16. Menghindari Masalah Otot

Oatmeal mengandung 61 miligram potasium per 100 gram pernyajian.

Sama halnya dengan pisang, yang mengandung potasium yang cukup tinggi.

Potasium ini dibutuhkan konstraksi otot yang sehat, dan ion yang dilepas oleh potasium bisa ditemukan di sel-sel otot.

Ion-ion ini membantu fungsi reflek otot, fungsi otak dan sistem yang berkaitan dengan otot.

17. Menghilangkan Zat Karbon Dioksida Berlebih

Jumlah karbon dioksida di dalam tubuh yang berlebih memiliki dampak buruk terhadap kesehatan tubuh.

Dampak buruk tersebut bisa berupa gangguan sistem pernapasan, merusak sistem syaraf, hypercapnia, dan bisa merusak sel-sel di tubuh Anda.

Untuk mengurangi jumlah kandungan zat karbon dioksida, tubuh memerlukan zat sodium.

Asupan sodium bagi orang dewasa yang disarankan adalah sebanyak 1500 mg per hari.

Dan oatmeal memiliki kandungan sodium sebanyak 49 gram per 100 gram penyajian oatmeal.

Dengan kata lain, Anda bisa mengurangi jumlah atau kandungan zat karbon dioksida yang berbahaya tersebut hanya dengan rutin mengkonsumsi oatmeal.

18. Membantu Mencegah Migrain

Jangan Anda anggap sepele masalah sakit kepala sebelah (migrain) karena bisa memberikan masalah kesehatan yang buruk pada tubuh.

Sebuah penelitian menunjukan bahwa orang yang sering mengalami sakit kepala sebelah atau mirgain memiliki kandungan magnesium yang lebih rendah daripada orang yang tidak pernah mengalami masalah kesehatan ini.

Oleh karena itu, salah satu solusi bagi Anda yang sering mengalami migrain adalah dengan melakukan diet magnesium yang seimbang.

Perlu Anda ketahui juga bahwa magnesium ini merupakan 5 mineral terbanyak yang ada di dalam tubuh sehingga sangat penting sekali untuk menjaga fungsi syaraf yang baik.

Dan satu mangkuk oatmeal mengandung 15% asupan magnesium yang direkomendasikan per harinya.

19. Membantu Dalam Reproduksi

Vitamin A memiliki peran yang penting dalam proses reproduksi terutama bagi pria.

Kekurangan vitamin A bisa mengurangi kualitas indung telur pada rahim dan penurunan produksi hormon baik itu pada pria maupun wanita.

Selain itu, kekurangan vitamin A bisa mengurangi kualitas sperma dan penyusutan testis.

Oatmeal memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi sehingga bisa membantu Anda memberikan tubuh Anda libido, organ, dan kelenjar reproduksi yang lebih sehat.

20. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi merupakan masalah kesehatan yang serius dimana sekarang penyakit ini sudah banyak menjangkiti banyak orang di dunia.

Gaya hidup dan makanan yang tidak sehat yang dikonsumsi merupakan sumber dari penyakit ini.

Tekanan darah tinggi ini bisa membawa kita kepada masalah kesehatan yang lebih serius seperti serangan jantung, gagal jantung, pengendapan di arteri dan masalah jantung lainnya.

Bahkan banyak kasus meninggal dari mereka yang memiliki masalah tekanan darah tinggi ini.

Sudah lebih dari 20 penelitian dilakukan mengenai pengaruh serat dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

Dan mereka menemukan bahwa melakukan diet yang tinggi serat bisa menurunkan tekanan darah tinggi secara siginifikan.

Kabar baiknya, oatmeal merupakan sumber serat yang baik dengan jumlah yang cukup tinggi.

Anda pun bisa membaca lebih lanjut mengenai hipertensi atau cara menurunkan tekanan darah tinggi secara alami pada artikel-artikel saya sebelumnya.

21. Melawan Anemia

Anemia adalah kondisi dimana tubuh kita kekurangan sel darah merah di dalam tubuh.

Gejala anemia yang bisa kita rasakan contohnya seperti kelelahan, kulit terlihat pucat, lidah yang bengkak, perasaan geli pada kaki, pernafasan yang pendek, pusing dan sakit kepala.

Untuk mengatasi masalah ini tubuh memerlukan asupan zat besi yang cukup.

Oatmeal yang kaya akan zat besi merupakan salah satu solusi bagi Anda yang memiliki masalah anemia.

22. Mencegah Makan Terlalu Banyak

Makan terlalu banyak merupakan awal dari kelebihan berat badan atau obesitas.

Dan tubuh obesitas memiliki resiko terkena berbagai penyakit serius lebih besar daripada mereka yang tidak memiliki kondisi seperti itu.

Jika Anda memiliki kondisi dimana tubuh ini terasa ingin sekali makan terus atau makan secara berlebih, maka oatmeal bisa menjadi jawaban atas masalah ini.

Oatmeal bisa mencegah Anda untuk makan secara berlebihan karena oatmeal mengandung senyawa yang disebut beta-glucan.

Senyawa ini memberikan stimulus terhadap hormon yang disebut cholecystokinin.

Hormon inilah yang bertanggung jawab untuk memberikan sinyal rasa kenyang pada tubuh Anda.

Karena Oatmeal kaya akan protein dan serat sehingga oatmeal akan memberikan dampak rasa kenyang lebih lama terhadap tubuh kita.

Dampak ini akan mencegah tubuh kita untuk makan berlebih karena tubuh akan merasa masih kenyang dan berenergi.

23. Memperbaiki Mood Saat Menstruasi

Vitamin B-6 merupakan zat yang bisa mengurangi gejala-gejala yang sering timbul pada saat menstruasi.

Vitamin ini membantu tubuh dalam memproduksi transmitter asam amino seperti dopamine dan melatonin.

Kedua zat inilah yang menentukan sikap dan mood Anda.

Oleh karena itu, vitamin B-6 sangat penting untuk mengatasi masalah ini.

Oatmeal memiliki kandungan vitamin B-6 yang artinya oatmeal bisa dijadikan sebagai treatment atau perawatan untuk menstruasi.

Sehingga asupan vitamin B-6 harian Anda bisa mengurangi rasa malas dan depresi yang biasanya muncul pada saat menstruasi.

24. Perawatan Jerawat Yang Sangat Efektif

Mungkin Anda bisa melakukan berbagai macam perawatan untuk masalah jerawat Anda.

Tetapi kebanyakan perawatan tersebut hanya bisa mengatasi masalah jerawat dari luar saja.

Mereka tidak mampu melawan akar masalah jerawat yaitu produksi minyak berlebih pada kulit wajah.

Dan perlu Anda ketahui bahwa oatmeal bisa mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah tanpa harus menutupi pori-pori wajah Anda.

Oleh karena itu, oatmeal merupakan perawatan efektif untuk melawan jerawat.

25. Mengatur Keseimbangan Cairan Elektrolit Tubuh

Jika Anda suka sekali dengan olahraga, tentu Anda pasti mengetahui bahwa cairan elektrolit sangat penting untuk menjaga tubuh agar tetap segar.

Kekurangan cairan elektrolit atau sering dikenal dengan istilah dehidrasi merupakan kondisi yang cukup serius karena Anda bisa merasakan kelelahan, irama detak jantung yang tidak teratur dan juga sakit kepala.

Elektrolit dibentuk dari beberapa zat seperti magnesium, potassium, sodium, kalsium, klorida, dan fosfat.

Dan oatmeal mengandung senyawa potassium yang cukup tinggi sehingga bisa membantu mengatur keseimbangan cairan elektrolit.

26. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung Koroner

Ternyata kandungan beta-glucan pada oatmeal tidak hanya bisa melawan perasaan ingin makan berlebih tetapi juga bisa mengurangi resiko terkena penyakit jantung koroner.

Ini telah dibuktikan oleh 19 tahun penelitian yang dilakukan oleh Archives of Internal Medicine. Mereka menyatakan bahwa makanan yang kaya akan serat bisa mencegah penyakit jantung.

Objek penelitian menunjukan penurunan resiko terkena penyakit jantung koroner secara signifikan.

27. Mengobati Penyakit Eksema

Eksema atau eksim merupakan kondisi kulit dimana kulit mengalami peradangan kronis.

Eksema dikenal juga sebagai atopic dermatitis dalam istilah kesehatan. Kulit memiliki ruam merah dan terasa gatal merupakan ciri dari penyakit ini.

Dan mereka yang mempunyai penyakit ini sudah dipastikan memiliki bekas luka di mana saja di tubuh mereka.

Gandum tidak hanya bagus untuk dikonsumsi, tetapi juga memiliki manfaat kesehatan jika diaplikasikan langsung terhadap kulit.

Gandum akan memberikan efek sejuk terhadap kulit yang bermasalah baik itu kulit yang memiliki reaksi alergi maupun beberapa kondisi kulit lainnya.

Unsur antimikroba yang ditemukan pada gandum bisa menghambat pertumbuhan bakteri.

Anda bisa mencampur gandum dengan air hangat lalu membasuhkannya pada bagian kulit yang bermasalah tersebut.

Untuk mengurangi iritasi akibat eksema / eksim, Anda perlu mengkombinasikan beberapa bahan diantaranya 1/3 mangkuk gandum, ½ mangkuk air panas, satu sendok makan madu, dan satu sendok makan yoghurt yunani.

Campurkan semua bahan tersebut ke dalam mangkuk besar sampai merata lalu aplikasikan terhadap bagian kulit yang bermasalah.

28. Menurunkan Resiko Stroke

Banyak sekali orang yang melakukan diet, akan tetapi kebanyak dari mereka melakukan diet dengan asupan potassium yang sangat sedikit.

Padahal potassium ini bisa memproteksi tubuh dengan cara mencegah kerusakan pembuluh darah akibat proses oksidasi, dan menjaga ketebalan pembuluh darah agar tetap stabil.

Selain itu, potassium bisa mengurangi efek yang garam miliki di dalam tubuh kita.

Salah satu contohnya, potassium ini bisa mencegah tekanan darah tinggi yang akan membawa penderita memiliki penyakit stroke.

Dan salah satu penelitian yang telah dilakukan mengatakan bahwa mengurangi asupan garam ke dalam tubuh dan meningkatkan asupan potassium bisa mengurangi resiko terkena stroke lebih dari 21 %.

Potasium bisa Anda temukan dalam gandum ini.

29. Mengurangi Resiko Kanker Usus

Oatmeal merupakan musuh besar dalam melawan kanker usus.

Oatmeal mengandum selenium, sebuah zat yang bisa memperbaiki dan memproteksi sel-sel tubuh dari kerusakan.

Antioksidan ternyata bisa membantu memperbaiki DNA dan melawan sel-sel kanker.

Oleh karena itu, oatmeal bisa mengurangi resiko kanker terutama kanker usus.

30. Membantu Fungsi Otak

Seperti yang kita ketahui bahwa 6 mg zat besi bisa kita dapatkan dari 100 gram penyajian.

Zat besi merupakan zat penting untuk kesehatan fungsi otak karena bisa menyuplai oksigen to aliran darah.

Oksiden ini disebar ke seluruh tubuh, dari sel satu ke sel yang lain di dalam tubuh, untuk memperbaiki fungsi dasar tubuh.

Otak menggunakan 20 % oksigen untuk menjalankan fungsi nya.

Oleh karena itu, zat besi bisa membantu otak agar tetap siap dan meningkatkan kemampuan fisik tubuh.

Disamping itu, zat besi memiliki kontribusi terhadap kesehatan otak dalam masa pertumbuhan janin.

Jadi, oatmeal juga sangat baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil.

Kesimpulan

Kita sudah mengenal berbagai macam oatmeal melalui sejarah dan perkembangannya sampai sekarang.

Oatmeal sangat baik dikonsumsi secara teratur oleh siapa saja baik itu pria atau wanita, tua atau muda.

Oatmeal tidak hanya enak namun memiliki banyak nutrisi luar biasa bagi tubuh yang bagus untuk kesehatan tubuh dan pikiran kita.

Bagi mereka yang memiliki gaya hidup yang sehat dan rajin mengkonsumsi oatmeal akan merasakan manfaat oatmeal untuk kesehatan.

Oatmeal mampu bertahan lama selama Anda menyimpannya dengan baik pada tempat atau wadah kedap udara.

Sehingga mengkonsumsi oatmeal atau bubur gandum sangat layak untuk Anda jadikan gaya hidup jika kita melihat manfaat oatmeal untuk kesehatan yang didukung oleh ilmu pengetahuan dan penelitian yang ada.

Mudah-mudahan informasi yang saya sajikan mengenai oatmeal dan manfaatnya untuk kesehatan bisa memberikan Anda wawasan baru.

(Visited 77 times, 1 visits today)
Gambar Gravatar

Hai.. Saya Dindin Hendra. Saya adalah seorang Suami, Ayah, Guru Bahasa Inggris dan juga Blogger. Semoga semua informasi yang saya tulis bisa bermanfaat untuk Anda. Selamat Membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *