WordPress Theme
(WordPress Theme, Sumber Foto: AdobeStock)

Panduan Lengkap Memilih Theme WordPress Untuk Pemula

Diposting pada

Apakah Anda blogger pemula yang sedang mencari panduan bagaimana cara memilih theme wordpress yang tepat? Atau bahkan Anda sedang mencari inspirasi theme wordpress untuk blog Anda?

Anda berada di artikel yang tepat karena saya akan memberikan panduan secara lengkap mengenai bagaimana memilih theme wordpress untuk blogger pemula.

Dalam dunia blogging, memilih sebuah theme wordpress bisa menjadi sebuah pekerjaan yang sangat berat bagi seorang pemula. Bahkan itu bisa memakan banyak waktu untuk memilih satu theme wordpress yang cocok.

Itu pun yang saya rasakan ketika pertama kali menggunakan platform wordpress. Saya bisa seharian mencari theme yang cocok dan sreg menurut saya serta sesuai dengan topik yang akan saya bahas.

Saya bisa bolak balik puluhan kali dari satu website penyedia theme ke website lainnya hanya untuk memilih satu wordpress theme saja.

Dan saya pun bisa puluhan kali melakukan install, remove dan reinstall untuk tema wordpress yang saya pilih. Pokoknya memilih tema wordpress ini bisa menghabiskan banyak energi.

Setelah beberapa lama saya menggunakan dan belajar mengenai wordpress, ternyata untuk memilih theme wordpress itu memang tidak semudah yang kita bayangkan. Ada beberapa hal yang harus menjadi pertimbangan.

Sebagian para ahli SEO dan Blogger sih mengatakan bahwa memilih theme wordpress itu bisa menentukan kesuksesan blog yang kita bangun.

Dan saya setuju dengan pendapat mereka, karena tampilan website saat kita membaca sebuah artikel bisa menarik perhatian dan membuat kita betah berlama-lama di website tersebut.

Setidaknya itu sih yang saya rasakan.

Mengapa Memilih Theme WordPress Yang Tepat Itu Penting?

WordPress Theme
(WordPress Theme, Sumber Foto: AdobeStock)

Setidaknya ada 3 hal atau alasan kenapa memilih wordpress theme yang tepat itu merupakan hal yang sangat penting.

Tiga alasan tersebut adalah sebagai berikut.

1. Theme WordPress Harus Sesuai Dengan Konten/Niche Website

WordPress adalah sebuah platform blog yang dibuat untuk semua jenis website dengan semua niche/topik. Itulah kenapa setiap tema wordpress yang dibuat disesuaikan untuk pasar yang berbeda-beda.

Jadi, wordpress theme yang Anda pilih harus sesuai dengan konten atau niche website yang akan Anda usung.

Sebagai contoh, jika Anda berniat untuk membuat blog yang akan membahas masalah politik atau isu sosial atau mungkin blog berita, maka Anda harus memilih tema wordpress yang akan meningkatkan keterbacaan artikelnya.

Contoh lainnya, jika Anda ingin membuat blog wallpaper atau semi wallpaper, maka Anda harus memilih theme wordpress yang dibuat khusus untuk blog jenis tersebut.

2. Theme WordPress Memiliki Pilihan Kostumisasi Yang Banyak

Banyak theme wordpress yang memiliki banyak pilihan kostumisasi. Sebuah theme wordpress bisa dikostumsasi dengan kode php/html tertentu sesuai dengan kebutuhan atau apa yang kita inginkan.

Akan tetapi, jika kita memasukan kode yang tidak tepat maka akan sulit untuk dirubah kembali atau mengganti tema yang lain atau bahkan sulit mengganti plugin yang lain.

Anda akan terkunci untuk menggunakan tema wordpress tersebut dan hasilnya Anda harus membayar orang lain untuk mengatasi masalah tersebut.

Jadi, sangat penting sekali Anda memilih tema wordpress yang mudah untuk dikostumisasi bagi seorang pemula.

3. Tampilan dan Performa Theme WordPress Sangat Penting Bagi Pengunjung dan Mesin Pencari

Tampilan dan performa sebuah theme wordpress menjadi hal krusial baik itu bagi pengunjung maupun mesin pencari.

Tampilan yang menarik akan membuat pengunjung betah berlama-lama membaca artikel di blog Anda. Sedangkan, performance theme wordpress yang cepat bisa menjadi sinyal bagi mesin pencari bahwa blog/wesbite Anda layak berada di halaman pertama.

Namun, sayangnya, theme wordpress yang memiliki tampilan menarik tidak selalu memiliki performa yang baik bahkan bisa membuat website Anda berjalan lambat.

Dan website/blog yang lambat tidak akan disukai oleh mesin pencari maupun pengunjung itu sendiri.

Jadi, tampilan muka website/blog Anda memegang peranan penting terhadap bagaimana mesin pencari dan juga pengunjung menilai.

Oleh karena itu, memilih theme wordpress yang tepat merupakan hal yang sangat penting.

Tips Memilih Theme WordPress Yang Tepat

Memilih Theme WordPress
(Memilih Theme WordPress, Sumber Foto: AdobeStock)

Dan saya akan memberikan beberapa tips, yang mudah-mudahan bermanfaat, dalam memilih wordpress theme yang tepat untuk blog Anda.

Ada beberapa hal dibawah ini yang harus menjadi pertimbangan bagi Anda.

1. Theme WordPress Gratis VS Premium

Hal pertama yang harus menjadi pertimbangan adalah harga. Apakah Anda ingin mencari theme wordpress gratis atau theme wordpress premium.

Apakah tema gratisan bisa memenuhi kebutuhan Anda? Ataukah Anda memiliki dana untuk membeli tema premium?

Perlu Anda ketahui bahwa sekarang ada jutaan lebih tema wordpress dari ribuan developer theme seluruh dunia. Dan mereka ada yang membagikannya secara gratis dan ada yang menjualnya di beberapa marketplace.

Jika Anda menggunakan tema wordpress gratisan, maka jangan harap Anda bisa mengkostumisasi tema semau Anda karena biasanya tema gratis ini memiliki keterbatasan fitur dan support dari developernya.

Sehingga Anda harus menggunakan plugin tambahan untuk mendapatkan fitur tersebut. Dan perlu Anda ingat bahwa menginstal banyak plugin bisa mempengaruhi performa website itu sendiri.

Selain itu, theme wordpress gratis tidak selalu diupdate atau bahkan tidak di update sama sekali oleh developernya. Ini memiliki resiko besar terhadap keamanan website itu sendiri.

Berbeda jika Anda menggunakan tema premium, Anda bisa memodifikasi theme tersebut semau Anda sesuai dengan kebutuhan yang Anda inginkan tanpa menginstal plugin tambahan.

Dengan sedikitnya instalasi plugin tentu akan memberikan dampak positif terhadap website/blog Anda.

Lebih jauh lagi, keamanan website akan selalu terjamin karena Anda akan selalu mendapatkan update tema dan support dari developernya.

Jadi, intinya, jika Anda ingin membuat blog/website dengan tampilan seadanya dan hanya posting-posting biasa, atau dengan tujuan belajar, maka Anda bisa menggunakan theme wordpress gratis.

Namun, apabila Anda ingin membangun sebuah blog pribadi/website serius, maka saya sarankan Anda untuk berinvestasi untuk membeli theme wordpress premium yang banyak dijual di marketplace.

2. Tampilan Yang Sederhana

Banyak theme wordpress yang memiliki fitur bermacam-macam seperti pilihan warna, slider, layout yang kompleks, animasi dan lain-lain.

Dari semua fitur tersebut, mungkin ada beberapa fitur yang Anda butuhkan tetapi kebanyakan fitur tersebut sebenarnya tidak Anda benar-benar butuhkan.

Nah dari banyaknya pilihan tema, pilihlah tema yang memiliki desain layout sederhana yang penting bisa mendukung Anda mencapai tujuan yang ingin dicapai.

Carilah theme yang memiliki penampilan menarik tetapi mudah digunakan dan dikostumisasi. Pastikan pula gaya presentasi dari theme nya tidak terlalu rumit.

Ingatlah bahwa tujuan utama dari desain web adalah untuk membantu pengunjung mencari atau mendapatkan informasi yang mereka inginkan dan membantu pemilik blog untuk mencapai tujuan mereka.

Jika sebuah tema wordpress tidak bisa membantu mengembangkan bisnis Anda dan pengunjung pun tidak bisa menemukan informasi yang mereka butuhkan, maka mungkin itu bukanlah theme wordpress yang bagus.

Salah satu contohnya adalah theme wordpress yang saya gunakan di blog dindin.id ini. Theme ini memiliki tampilan yang sederhana dengan performa yang luar biasa cepat.

Anda bisa mengetahui lebih jauh mengenai Theme Superfast dan membelinya disini.

3. Theme Yang Responsive Bukan Lagi Pilihan

Apa yang dimaksud dengan theme yang responsive?

Theme yang responsive artinya theme tersebut bisa menyesuaikan dengan ukuran layar dan alat yang digunakan oleh pengunjung ketika mengakses blog/website Anda.

Sekarang, kebanyakan jumlah pengunjung website berasal dari mobile phone. Hal ini karena hampir semua orang memiliki handphone berbasis android.

Berdasarkan data analytic yang saya punyai, sekitar 60% lebib pengunjung blog dindin.id ini berasal dari mobile devices seperti smartphone atau pun tab. Sisanya adalah pengunjung dari desktop atau komputer/laptop.

Dan Google pun mengemukakan bahwa website yang ‘mobile-friendly’ memiliki kesempatan lebih besar untuk menduduki halaman pertama di mesin pencari.

Sekarang semua theme wordpress mimiliki layout yang responsive. Tetapi, hanya ada beberapa atau sebagian kecil saja yang menjual theme wordpress yang tidak responsive (fixed width layout) dan tidak mobile friendly.

Jadi pastikan ketika Anda memilih sebuah theme, maka theme tersebut haruslah benar-benar responsive dan mobile friendly.

4. Kompatibilitas Browser

Ketersesuaian dengan semua browser menjadi salah satu pertimbangan lainnya bagi Anda ketika memilih sebuah tema.

Mengapa hal ini penting? Karena pengunjung bisa saja berasal / menggunakan berbagai browser misalnya firefox, safari, atau chrome.

Nah, mungkin saja website Anda terlihat bagus dan tidak ada masalah di browser yang Anda gunakan. Tetapi, ada masalah di browser yang lainnya.

Inilah yang dimaksud dengan ketersesusaian atau ketercocokan browser pada theme wordpress yang Anda pilih.

Developer theme mungkin sudah melakukan percobaan atau tes terhadap theme yang mereka miliki di berbagai browser. Namun, tidak ada salahnya jika Andapun melakukan percobaan yang sama untuk memastikan semuanya.

Jangan lupa juga untuk mengetes-nya pada browser berbeda di mobile device Anda.

5. Dukungan Plugin WordPress

Kekuatan sebenarnya dari WordPress berasal dari plugin-plugin yang diinstal. Dengan menggunakan plugin ini, Anda bisa melakukan kostumisasi apapun pada website wordpress.

Itulah salah satu perbedaan dari platform Blogspot dan WordPress. Disinilah kenapa para blogger profesional lebih memilih wordpress dibandingkan blogspot.

Dengan plugin, kita bisa meningkatkan performa sebuah website wordpress.

Ada banyak sekali plugin yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Termasuk ada beberapa plugin wordpress yang harus diinstal oleh sebuah website wordpress.

Contohnya Akismet, Yoast SEO, W3 Total Cache, BBPress atau lainnya. Ini semua adalah beberapa plugin penting yang harus diinstal.

Nah, jika salah satu plugin penting ini tidak bisa diinstal atau bentrok dengan kode dari theme wordpress yang Anda pilih, maka Anda tidak bisa mengoptimallkan performa webiste.

Jadi, pastikan bahwa Theme WordPress mendukung semua plugin populer dan penting. Kalaupun Anda tidak yakin dengan hal tersebut, Anda bisa menanyakan langsung kepada developernya.

6. SEO Friendly

Hal lain yang harus menjadi pertimbangan Anda dalam memilih Tema WordPress adalah SEO Friendly.

SEO (Search Engine Optimization) adalah hal yang penting jika Anda ingin website yang Anda bangun bisa berada di halaman pertama mesin pencari.

Dan theme wordpress memainkan peranan penting dalam hal SEO ini.

Yang perlu menjadi catatan adalah ketika Anda menemukan sebuah tema wordpress yang terlihat bagus dan menarik, itu tidak berarti theme tersebut sudah SEO Friendly. Bahkan terkadang, theme tersebut memiliki HTML yang kurang bagus atau tidak sempurna.

Hal ini tentu saja akan mempengaruhi performa website di mesin pencari.

Akan menjadi sebuah pekerjaan yang berat bagi seorang pemula untuk menganalisa dan memeriksa kode HTML sebuah theme oleh dirinya sendiri.

Bayangkan jika Anda menemukan sebuah tema yang menarik dan gratis tetapi Anda harus mengecek sendiri semua faktor SEO dari sebuah tema. Anda harus memeriksa setiap kode HTML yang mungkin Anda tidak paham.

Oleh karena itu, banyak developer theme wordpress premium yang memberitahu Anda bahwa theme yang mereka buat sudah dioptimalkan untuk SEO.

Itu menjadi salah satu poin keuntungan jika Anda memilih tema wordpress premium.

Dan biasanya, para developer ini akan mempersilahkan Anda untuk memeriksanya sendiri melalui sebuah tool, seperti W3C Markup Validatiion, sebagai bukti bahwa mereka telah mengoptimalkan wordpress theme yang mereka buat.

7. Kecepatan Loading Theme WordPress

Pertimbangan selanjutnya ketika Anda memilih wordpress theme adalah kecepatan loading.

Kenapa kecepatan loading sebuah theme harus menjadi perhatian? Karena hal ini menjadi salah satu faktor SEO dari mesin pencari.

Dan Google pun telah menyatakan bahwa sebuah website harus memiliki kecepatan loading dibawah 3 detik agar bisa bersaing di halaman pertama.

Ya coba bayangkan jika Anda membuka sebuah website yang mengharuskan kita untuk menunggu beberapa detik atau bahkan menit untuk loading. Tentunya hal itu akan membuat kita kesal.

Mungkin Anda akan tertarik dengan wordpress theme yang memiliki tampilan wah dan banyak fitur. Tetapi, biasanya fitur tersebut akan membuat kecepatan loadingnya menurun.

Namun, ini bukanlah sebuah kepastian. Tergantung dari kepintaran sang developer nya. Terkadang ada sebuah theme wordpress yang memiliki banyak fitur tetapi tetap saja memiliki kecepatan loading yang luar biasa cepat.

Developer theme yang handal akan mengoptimalkan performa loading theme yang mereka buat dengan keteraturan coding yang digunakan.

Jadi, Anda harus pandai pandai dalam memilih theme yang memiliki kecepatan loading yang cepat. Ini karena hal tersebut akan mempengaruhi rating blog Anda dan kenyamanan pengguna.

Cara yang paling mudah adalah mengeceknya sendiri melalui beberapa tool yang tersedia.

Ada banyak sekali tool yang bisa digunakan untuk mengecek kecepatan loading website. Dan saya merekomendasikan beberapa tool seperti GTMetrix, Pingdom, Webpagetest dan Google Pagespeed Insight.

Ke-empat tool tersebut biasanya menjadi patokan bagi saya untuk mengecek apakah theme tersebut memiliki kecepatan yang luar biasa.

Dan setelah sekian lama saya mencari theme yang memilki loading super cepat, maka saya menemukan theme superfast dari idtheme ini.

Superfast theme memiliki kecepatan loading yang luar biasa dibawah 3 detik dan hampir 100% di Google Pagespeed Insight.

Anda bisa memeriksa sendiri kecepatan loading blog ini atau blog demo yang mereka sediakan disini.

8. Kelengkapan Fitur

Pastikan theme wordpress yang Anda miliki memiliki fitur yang memang Anda butuhkan. Pada wordpress theme gratis biasanya tidak memiliki fitur share to social media di akhir postingan artikel nya.

Ini juga hal yang pernah saya alami.

Saya merasa sudah menemukan tema yang tepat untuk blog saya tapi ternyata saya menemukan tidak ada fitur share sosial media itu. Alhasil, saya harus menginstal plugin untuk mengkostumisasi theme nya.

Dan hal itu akhirnya membuat blog saya memiliki kecepatan loading yang tidak memuaskan.

Atau contoh lain misalnya, Anda ingin membuat blog yang memiliki fitur rating bintang pada setiap postingannya. Tidak semua theme memiliki hal itu dan Anda harus mencarinya.

Selain itu, beberapa fitur penting lainnya seperti fonts (jenis huruf) atau pun colors (warna) harus jadi perhatian Anda.

Dengan fitur tersebut Anda bisa melakukan modifikasi penuh terhadap tampilan website Anda.

Ya biar tidak terlalu sama dengan blog demo nya.

Jadi, sekali lagi, pikirkan fitur yang Anda butuhkan dan sesuaikan dengan theme yang akan Anda pilih.

9. Sesuaikan Dengan Konten

Selanjutnya adalah menyesuaikan theme yang akan Anda pilih dengan konten yang akan Anda usung. Ini penting sekali agar website atau blog Anda lebih terlihat profesional.

Sebagai contoh, jika Anda ingin membuat website berita. Maka pilihlah theme yang memang dibuat khusus untuk situs berita.

Atau jika Anda ingin membuat website untuk sekolah, maka Anda harus memilih theme yang memiliki fitur yang dibutuhkan untuk menampilkan informasi sekolah.

Begitupun jika Anda ingin membuat blog pribadi, maka Anda harus sesuaikan dengan theme yang dibuat khusus untuk personal blog.

Dengan memilih theme yang tepat, maka blog atau website Anda akan terlihat lebih profesional dan itu akan meningkatkan authority di mata mesin pencari.

10. Rating dan Review Pengguna Lain

Dan hal terakhir yang menjadi pertimbangan adalah review dari pengguna lain. Ketika Anda memutuskan untuk membeli sebuah theme, pastikan terlebih dahulu bagaimana pendapat orang lain yang telah menggunakan theme tersebut sebelumnya.

Apakah mereka puas dengan theme tersebut atau tidak. Bagaimana support dari developer atau pembuat theme itu sendiri apakah memuaskan atau tidak, apakah mereka membantu atau tidak.

Menurut saya ini penting sekali agar tidak memilih theme yang salah.

Misalnya Anda ingin membeli sebuah theme yang mereka klaim sebagai theme tercepat. Bacalah beberapa komentar atau review dari pengguna lain apakah theme tersebut memang benar-benar memilik loading kecepatan seperti yang mereka klaim atau tidak.

Jangan sampai Anda menyesal nantinya.

Mungkin 10 hal itulah yang biasanya menjadi bahan pertimbangan saya dalam memilih sebuah theme untuk blog wordpress yang akan saya bangun.

Selanjutnya, pemula biasanya bingung kemana mereka harus mencari theme tersebut. Memang ada banyak sekali website yang menjual theme wordpress. Mungkin ratusan website yang bergerak di niche ini.

Tetapi ada beberapa tempat atau marketplace yang menjadi rekomendasi banyak blogger profesional.

Tempat Terbaik Untuk Mencari Theme WordPress

Dan berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat atau website untuk mencari tema wordpress yang sesuai dengan keinginan Anda.

1. WordPress Directory

WordPress Directory
(WordPress Directory, Sumber Foto: dindin.id doc)

Tempat pertama yang menjadi rekomendasi dalam mencari theme adalah WordPress Directory itu sendiri. Terutama jika Anda memang tidak memiliki budget untuk membeli theme premium.

WordPress Directory memiliki banyak sekali theme gratis yang bisa Anda coba gunakan.

Saking banyaknya, mungkin Anda bisa bingung sendiri menentukannya. Kalau Anda mulai bingung, ingatlah poin-poin diatas.

Ini pun menjadi pilihan bagi saya ketika saya pertama kali belajar menggunakan wordpress. Saya mencari theme gratis disini dan menurut saya banyak juga yang menarik dan sesuai dengan poin-poin yang saya berikan.

Hanya mungkin perlu usaha ekstra untuk mengoptimalkan performa dan fitur nya saja.

2. Themeforest

ThemeForest
(ThemeForest, Sumber Foto: dindin.id doc)

Tempat selanjutnya adalah Themeforest. Ini adalah tempat rekomendasi saya jika Anda memilik budget khusus untuk membeli theme.

Ada banyak sekali pilihan theme wordpress premium dengan jaminan support dari para developer nya.

Anda bisa mencari theme sesuai dengan berbagai pilihan fitur atau niche. Untuk membeli theme di situs ini, Anda harus memiliki saldo paypal terlebih dahulu karena transaksi dilakukan dengan mata uang dollar.

Beberapa theme yang popular di themeforest contohnya Newspaper dari TagDiv. Ini menjadi theme popular sepanjang tahun dan menjadi best seller beberapa tahun.

Theme tersebut memiliki fitur yang luar biasa dan bisa disesuaikan dengan niche Anda.

Anda bisa melihat theme tersebut disini.

3. Elegant Themes

ElegantThemes
(Elegant Themes, Sumber Foto: dindin.id doc)

Situs lainnya yang bisa Anda jadikan referensi untuk mencari sebuah theme adalah Elegant Themes. Ini adalah salah satu situs terkenal yang menjual theme berkualitas.

Ada beberapa theme rekomendasi saya di situs ini seperti Divi dan Extra. Kedua theme ini adalah produk unggulan mereka. Theme ini bisa dikostumisasi semau kita dengan Divi Builder.

Divi builder ini adalah semacam plugin untuk memodifikasi secara penuh theme yang kita install sesuai dengan keinginan kita. Plugin ini memiliki banyak fitur yang bisa kita gunakan mulai dari modifikasi warna, layout, font dan fitur lainnya.

Pengalaman saya menggunakan Divi Builder ini sangat memuaskan karena mudah digunakan terutama bagi pemula seperti saya.

Selain itu ada beberapa produk mereka lainnya yang menurut saya luar biasa berguna yaitu Plugin Bloom dan Plugin Monarch.

Silahkan Anda buktikan sendiri kemudahan memodifikasi theme Divi atau Extra dengan Divi Builder disini.

4. MyThemeShop

MyThemeShop
(MyThemeShop, Sumber Foto: dindin.id doc)

Selanjutnya, jika Anda kurang puas dengan situs-situs tersebut diatas, Anda bisa mengunjunngi MyThemeShop.

Menurut saya MyThemeShop ini menarik. Kita bisa mendapatkan beberapa theme dan plugin premium yang mereka bagikan secara gratis untuk kita gunakan.

Dan semuanya itu bisa kita dapatkan setelah kita mendaftar secara gratis menjadi member mereka.

Ini cocok sekali bagi pemula yang ingin mencoba theme berkualitas tanpa harus mengeluarkan budget khusus.

Namun, perlu diingat theme dan plugin yang mereka bagikan itu ada keterbatasan fitur. Untuk versi pro nya Anda harus mengupgrade atau membelinya.

Dulu di MyThemeShop inilah saya belajar mencari-cari theme yang cocok untuk blog saya. Dan saya jatuh cinta pada theme Authority yang digunakan oleh Mathew Woodward.

Theme ini sangat cocok sekali digunakan bagi Anda yang ingin membangun blog personal. Ini bisa meningkatkan otoritas Anda atau terlihat lebih profesional.

Pokoknya theme ini super duper bagus dan saya sangat merekomendasikannya.

Ingin melihat seperti apa theme ini? Cek aja disini.

5. MHThemes

MHThemes
(MHThemes, Sumber Foto: dindin.id doc)

Jika Anda ingin membuat website yang memiliki banyak kategori atau rich content website, mungkin Anda bisa mencari theme yang cocok disini.

MHThemes menyediakan produk theme wordpress yang berkualitas. Banyak sekali theme yang memiliki layout sederhana tetapi enak dilihat ditambah dengan kecepatan loading yang cepat.

Saya menemukan situs ini ketika saya ingin membangun sebuah website berita. Saya ingin mencari theme yang sederhana, terlihat profesional namun dengan fitur yang mumpuni.

Dan saya menemukan Theme Newsdesk dan MH Magazine di MHThemes ini.

Kedua theme ini sangat cocok sekali bagi situs-situs berita yang bisa dimodifikasi sesuai dengan personalitas Anda.

Silahkan saja Anda cek sendiri kedua theme tersebut di MHThemes.

6. Studiopress

Studiopress
(Studiopress, Sumber Foto: dindin.id doc)

Selanjutnya adalah situs Studiopress.

Studiopress terkenal dengan Genesis Framework-nya. Ini digunakan oleh banyak blogger profesional di seluruh dunia.

Framework ini memiliki Child Theme yang bisa kita modifikasi secara penuh sesuai dengan selera. Genesis Framework ini banyak digunakan karena aman, sangat cepat, sudah SEO Friendly dan tampilan yang sederhana namun indah.

Yang saya suka dari Studipress ini adalah mereka menyediakan theme yang memang memiliki tampilan sederhana tapi terlihat indah dan profesional.

Apalagi dengan fitur-fitur yang mereka tawarkan kita bisa memodifikasi webiste kita sesuai dengan niche yang akan kita bahas di website tersebut.

Selain itu, Anda pun bisa membeli hosting sekaligus yaitu hosting dari WPEngine. Perusahan WPEngine ini sudah tidak diragukan lagi. Banyak sekali blogger profesional dunia menyarankan untuk membeli hosting disini.

Anda bisa melihat semua theme dan deskripsi produk mereka disini.

7. IDTheme

IDTheme
(IDTheme, Sumber Foto: dindin.id doc)

Kalau sebelumnya semua situs berasal dari luar negeri, maka dua situs selanjutnya berasal dari dalam negeri.

Ini sangat cocok bagi Anda yang tidak mau ribet dengan proses transaksi karena kita bisa transaksi melalui bank-bank lokal.

IDTheme adalah situs yang sudah tidak diragukan lagi menyediakan theme berkualitas dengan berbagai jenis theme yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda ingin membuat blog personal, blog berita ataupun blog wallpaper, saya sarankan untuk mencari theme nya disini.

Produk karya anak dalam negeri pun tidak kalah bagusnya dengan produk luar. Dan ini saya buktikan sendiri dengan theme yang saya pakai disitus ini.

Theme ini sudah SEO Friendly, bisa di modifikasi sesuai dengan selera saya, memiliki layout yang sederhana sehingga meningkatkan readability dari pengunjung dan memiliki kecepatan loading yang luar biasa.

Dan yang terpenting adalah harga-harga dari theme yang mereka tawarkan sangat rasional, tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah juga.

Harganya cocok sekali bagi pemula yang memiliki budget terbatas.

Pokoknya saya sangat puas dan bangga menggunakan produk theme wordpress dari IDTheme ini. Anda bisa membaca informasi selengkapnya di tautan ini.

8. OKETheme

OKETheme
(OKETheme, Sumber Foto: dindin.id doc)

Oke ini adalah tempat rekomendasi terakhir dari saya jika Anda ingin mencari sebuah theme. Situs dalam negeri ini menyediakan theme wordpress premium yang sesuai dengan pasar Indonesia.

Mereka memiliki banyak theme dengan berbagai niche.

Namun, theme-theme yang mereka tawarkan sebagian besar lebih ke toko online. Theme-nya memiliki layout yang sederhana dan dibuat untuk mengoptimalkan pendapatan Anda dari website yang Anda buat.

Salah satunya seperti theme okesense, ngiklan theme, wp zoner dan theme lainnya.

Anda bisa cek sendiri theme yang mereka miliki di link ini.

Kesimpulan

Memilih sebuah theme yang cocok untuk blog atau website wordpress merupakan kegiatan yang gampang gampang susah. Apalagi bagi seorang pemula seperti saya.

Kita mungkin harus mempertimbangkan banyak hal.

Dan di artikel ini saya memberikan panduan secara lengkap berdasarkan pengalaman saya dalam mencari sebuah theme wordpress yang tepat untuk blog/website.

Setidaknya ada 10 hal yang harus Anda pertimbangkan mulai dari tampilan layout, fitur, optimasi SEO, kecepatan loading sampai review atau rating pengguna sebelumnya.

Ke-sepuluh hal tersebut bisa Anda gunakan sebagai acuan untuk mencari theme terbaik.

Nah, kalaupun Anda masih bingung, Anda bisa mencari theme yang Anda inginkan di beberapa situs penyedia theme atau marketplace yang saya rekomendasikan.

Beberapa diantaranya Themeforest, Elegant Themes, MyThemeShop, MHThemes, Studiopress, IDTheme dan OKETheme.

Semua produk theme yang mereka miliki patut Anda coba karena memiliki kualitas terbaik.

Semoga panduan dan tips yang saya berikan di artikel ini bisa membantu Anda dalam memilih theme wordpress yang tepat, terutama bagi para pemula.

(Visited 32 times, 1 visits today)
Gambar Gravatar
Hai.. Saya Dindin Hendra. Saya adalah seorang Suami, Ayah, Guru Bahasa Inggris dan juga Blogger. Semoga semua informasi yang saya tulis bisa bermanfaat untuk Anda. Selamat Membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.