Tips Bagaimana Cara Menjadi Youtuber Sukses Dari Nol Subscriber
(Ilustrasi Seorang Youtuber, Sumber Foto: shutterstock*com)

Tips Bagaimana Cara Menjadi Youtuber Sukses Dari Nol Subscriber

Diposting pada

Bisnis – Menjadi seorang youtuber merupakan profesi yang sedang naik daun sekarang. Banyak orang, mungkin Anda salah satunya, yang ingin menjadi seorang youtuber sukses.

Dan tidak sedikit pula orang yang sukses dari platform youtube ini. Anda pasti mengenal beberapa youtuber sukses di Indonesia seperti Atta Halilintar dan Ria Ricis.

Mereka adalah salah satu youtuber terkenal dengan penghasilan yang luar biasa per bulannya dari Youtube.

Mereka inilah yang mungkin menginspirasi banyak orang, terutama anak muda, untuk terjun dalam dunia youtube.

Bagaimana tidak, banyak hal yang bisa kita dapatkan setelah kita menjadi youtuber sukses seperti materi dan pamor atau ketenaran.

Berbicara materi, youtube bisa memberikan passive income yang luar biasa jika kita benar-benar menjalankan bisnis ini dengan baik.

Dan untuk pamor, tentu saja, ketika kita sudah menjadi youtuber sukses, semua orang pasti akan mengenali kita. Ya kaya artis-artis gitu deh.

Namun, kebanyakan orang hanya membayangkan manisnya saja dalam menjalankan profesi ini. Mereka tidak pernah membayangkan bagaimana pahitnya ketika video yang sudah kita buat tidak ada yang nonton.

Bahkan yang paling menyakitkan adalah tidak ada orang yang mau subscribe di channel kita.

Intinya, menjadi youtuber sukses itu tidak semudah membalikan telapak tangan, tidak semudah hari ini Anda bikin video kemudian besok uang dan ketenaran datang.

Lebih daripada itu, seorang youtube harus belajar banyak hal agar mereka bisa mencapai titik yang mereka inginkan.

Lalu, apa sih yang harus kita lakukan agar channel yang kita bangun bisa membawa kesuksesan untuk kita?

Di artikel ini, saya akan memberikan beberapa tips tentang bagaimana cara menjadi youtuber sukses di mulai dari nol subscriber.

Saya tidak akan membahas hal-hal teknis seperti membuat akun / channel youtube tetapi saya akan berbicara mengenai proses bagaimana agar channel yang Anda buat bisa berkembang.

10 Tips Bagaimana Menjadi Youtuber Sukses Dari Nol Subscriber

Tips Bagaimana Cara Menjadi Youtuber Sukses Dari Nol Subscriber
(Ilustrasi Seorang Youtuber, Sumber Foto: shutterstock*com)

Nah tips-tips ini saya rangkum dari berbagai sumber termasuk dari pendapat para youtuber yang sudah berada di titik puncak kesuksesan mereka.

Untuk menghemat waktu baca Anda, Anda bisa menggunakan daftar isi dibawah ini.

Yuk kita bahas tipsnya satu per satu.

Definisikan Apa Arti Sukses Bagi Anda

Hal pertama yang harus Anda mulai pikirkan adalah apa arti sukses bagi Anda. Sebenarnya, sukses itu sendiri merupakan hal yang relatif. Sukses bisa memiliki makna yang luas dan bermacam-macam.

Mungkin sebagian besar orang mendefinisikan sukses itu berdasarkan uang, akan tetapi ada yang jauh lebih daripada uang itu sendiri.

Pikirkanlah, jika Anda mampu menghasilkan banyak uang dari pekerjaan yang Anda sendiri tidak suka, pekerjaan yang terpaksa dilakukan atau bahkan mungkin dari pekerjaan yang Anda benci, apakah Anda masih menganggap hal itu sebagai kesuksesan?

Jadi, sukses itu bisa datang menjadi berbagai macam bentuk, terserah diri Anda yang menentukan arti kesuksesan itu sendiri.

Misalnya, kesuksesan bagi Anda adalah ketika channel youtube Anda memiliki jutaan view atau jutaan subscriber dalam satu bulan.

Nah inilah yang seharusnya menjadi fokus Anda dalam membangun channel, materi atau uang merupakan sampingan yang akan Anda dapatkan dengan sendirinya.

Oleh karena itu, tentukanlah arti kesuksesan bagi Anda terlebih dahulu.

Kembangkan Tujuan dan Konten Channel Youtube Anda

Setelah memikirkan arti sukses bagi diri Anda, selanjutnya adalah Anda harus mulai memilikirkan tujuan channel yang Anda bangun.

Untuk mencapai kesuksesan Anda, tentu kita tidak bisa hanya dengan membuat channel, membuat berbagai macam video lalu upload di youtube tanpa Anda peduli apakah penonton mengerti apa maksud channel yang kita buat.

Akan tetapi, ada hal yang lebih penting. Anda harus menentukan tujuan utama channel Anda sendiri itu seperti apa.

Anda bisa melihat salah satu channel dan mulai menganalisis tujuan channel itu lalu Anda menirunya yang disesuaikan dengan kepribadian dan kemampuan Anda sendiri.

Misalnya, channel BaPau yaitu channelnya Baim Wong dan Paula memiliki tujuan sosial atau kemanusiaan, mereka ingin membangunkan rasa kemanusiaan kita terhadap orang sekitar.

Atau pun mungkin bisa melihat ada sebuah channel yang memiliki tujuan untuk mengulas barang-barang seperti smarthphone dan sebagainya dengan tujuan memberikan informasi atau panduan bagi mereka yang ingin membeli smartphone.

Dari sini, Anda pun harus mulai memikirkan apa tujuan utama channel Anda dan bagaimana Anda membuat konten untuk channel Anda itu.

Cara yang paling mudah untuk menentukannya adalah dengan pribadi Anda sendiri, apa minat Anda selama ini, apa yang bisa Anda munculkan dari minat itu di channel Anda.

Dan biasanya menjadi diri sendiri, orang akan lebih mudah mengenal channel kita karena keunikan tujuan dan konten yang kita buat di channel.

Peta-kan / Rencanakan Semuanya

Ketika Anda sudah mendapatkan tujuan channel dan bagaimana konten Anda dibuat, selanjutnya adalah membuat pemetaan atau perencanaan.

Perencanaan merupakan hal yang sangat penting dalam menjalankan suatu bisnis atau usaha, termasuk dalam membangun sebuah channel youtube.

Perencaan disini meliputi berbagai macam hal mulai dari apa saja yang Anda butuhkan untuk membangun channel termasuk semua peralatan yang Anda butuhkan untuk membuat konten yang berkualitas.

Mungkin disini Anda pun bisa berpikir tentang apakah Anda akan menjalankan bisnis ini sendiri ataukah Anda akan membutuhkan orang lain.

Selanjutnya, Anda bisa mulai mengumpulkan topik-topik menarik yang akan Anda bahas di video Anda dan mulai membuat jadwal kapan Anda harus membuat konten, edit dan posting di youtube.

Misalnya apakah Anda ingin memposting video Anda satu hari sekali, atau satu minggu sekali dan seterusnya.

Semuanya itu harus terencana dengan baik dan Anda bisa melihat hasilnya dalam beberapa bulan.

Yang palling penting adalah Anda harus memastikan diri Anda untuk mengikut semua rencana yang telah Anda buat sendiri.

Tentukan Nama Channel Youtube Anda

Kemudian, perencaan sudah ada di tangan Anda dan sekarang Anda harus memikirkan nama channel Anda. Istilahnya adalah branding.

Menurut saya, nama channel atau banding ini bisa membawa kesuksesan tersendiri.

Carilah nama channel yang menarik dan catchy atau mudah diingat oleh orang. Dengan demikian, orang akan mudah kembali ke channel Anda jika mereka ingin mencari informasi yang mereka inginkan.

Jangan membranding channel youtube Anda dengan nama-nama yang aneh, susah diingat bahkan susah untuk di ucapkan.

Anda bisa memulai dengan nama Anda sendiri jika memang isi konten Anda nantinya berupa vlog. Atau mungkin Anda bisa mengkombinasikan nama Anda dengan topik yang akan Anda bahas.

Berkreasilah untuk membranding channel youtube Anda dengan nama yang catchy atau menarik.

Pastikan Halaman Channel Youtube Anda Menarik

Ketika seseorang mengunjungi channel Anda dan Anda tidak melengkapi profil channel Anda dengan baik, maka mungkin mereka akan kehilangan kepercayaan terhadap channel Anda dan mereka tidak akan subscribe bahkan untuk menonton video Anda.

Jadi, lengkapilah semua profil yang harus Anda penuhi di channel Anda.

Buatlah logo profil, banner, dan juga gaya thumbnail video yang sangat menarik agar orang senang dan mau berlama-lama berada di channel youtube Anda menonton semua konten yang Anda suguhkan.

Buatlah semua hal itu dengan ukuran atau dimensi yang tepat. Jika Anda belum mengetahuinya, Anda bisa membaca panduan tentang pembuatan logo, banner dan thumbnail yang youtube berikan.

Berikanlah sesuatu kesan bagi para pengunjung channel Anda.

Buat Konten Video Yang Berkualitas

Conten is the King. Itulah yang harus menjadi pegangan Anda dalam membangun sebuah channel youtube.

Anda harus membuat konten yang berkualitas.

Berkualitas disini meliputi berbagai aspek. Misalnya dari aspek video itu sendiri, kita harus menggunakan kamera yang bisa membuat video dengan resolusi yang baik dan juga audio yang jernih.

Video dengan kualitas gambar dan suara yang jernih akan banyak disukai oleh para penonton. Ya, terkadang kita pun malas nonton video dengan resolusi rendah.

Dari aspek topik, kita harus membuat konten video yang memang bermanfaat untuk penonton. Itu pun yang youtube tegaskan dalam panduannya.

Anda sebagai conten creator harus mampu membuat topik video yang bisa memberikan edukasi atau ilmu sehingga para penonton mempunyai alasan kuat untuk menonton video Anda.

Kedua standar ini haruslah menjadi pegangan untuk Anda agar video Anda bisa bertahan dan mendatangkan banyak view serta subscriber.

Gunakan Kata Kunci Pada Setiap Judul dan Deskripsi Video Anda

Sebagai content creator, Anda pun ditungtut untuk belajar SEO (Search Engine Optimization). Ini adalah ilmu tentang bagaimana agar konten yang kita buat dengan topik tertentu bisa muncul pada halaman pertama di mesin pencari (dalam hal ini di Youtube).

Salah satunya adalah dengan menyisipkan kata kunci pada setiap judul dan deskripsi video. Dengan demikian, mesin pencari atau youtube akan tahu tentang apa yang Anda bahas pada video itu.

Jadi, Anda jangan asal dalam membuat judul video yang Anda buat karena bisa jadi video Anda tidak akan pernah ditonton oleh orang lain.

Mulailah untuk mencari kata kunci untuk setiap topik video yang sudah Anda kumpulkan sebelumnya dan buatlah judul video yang menarik yang bisa mengundang penonton bahkan subscriber.

Promosikan Konten Dan Channel Youtube Anda

Mempromosikan sebuah channel dan konten merupakan hal yang penting yang harus Anda lakukan agar channel Anda bisa mendapat ribuan view dan subscriber.

Dalam menjalankan sebuah bisnis, promosi merupakan kunci kesuksesan agar orang tahu tentang apa yang kita promosikan.

Untuk channel dan konten yang Anda buat, Anda bisa mempromosikannya melalui media sosial.

Berpromosi di media sosial merupakan media promosi yang bisa Anda lakukan secara gratis. Anda bisa mulai dengan membuat akun resmi di berbagai media sosial seperti facebook, twitter, linkedin dan lain-lain.

Teknik promosi di media sosial pun menjadi hal yang penting yang harus Anda kuasai. Di facebook misalnya, Anda bisa membuat fanpage dan memposting beberapa video disana.

Orang akan memperhatikan channel Anda dan akan mengunjunginya.

Jika Anda ingin mendapatkan lebih, Anda bisa belajar facebook ads untuk mengirim banyak pengunjung ke channel youtube Anda.

Mungkin di lain kesempatan saya akan membahas tentang hal ini lebih jauh di artikel lainnya.

Namun, intinya, Anda harus rajin dalam mempromosikan konten dan channel Anda agar bisa cepat berkembang.

Pahami Siapa Kompetitor Channel Anda

Menurut saya, memahami siapa kompetitor channel kita merupakan hal penting lainnya agar kita bisa survive di youtube.

Dengan memahami kompetitor, kita bisa memberikan informasi yang lebih baik yang kita suguhkan untuk para penonton.

Misalnya, kompetitor kita membuat konten tentang ulasan smartphone. Nah, kita harus menganalisa konten yang mereka buat, apa yang kurang dari konten tersebut dan apa pula yang menjadi kelebihannya.

Ketika kita menemukan adanya kekurangan, maka kita harus memberikannya pada video yang kita buat.

Begitupun dengan kelebihan konten mereka, kita bisa tiru untuk menjadi lebih baik dan memang kita harus menjadi lebih baik dari kompetitor kita.

Sehingga, kita bisa survive dan tidak kalah saing di youtube dengan topik yang sama dengan kompetitor kita.

Konsisten Dalam Membuat Konten

Nah di tips yang terakhir ini merupakan kunci sukses dari semua tahap yang kita lakukan untuk mengembangkan sebuah channel youtube.

Konsisten.

Konsistenlah dalam membuat konten baru setiap hari / setiap minggu untuk channel youtube Anda.

Semua pasti setuju, kesuksesan akan cepat kita rasakan hasilnya jika kita konsisten dalam menjalankanya.

Namun, saya pun merasakan bahwa untuk konsisten itu sulit. Terkadang saya dihinggapi rasa malas untuk membuat konten (menulis) dan terkadang juga saya semangat untuk membuatnya.

Jika Anda menghadapi rasa malas, cobalah untuk mengingat apa tujuan dan arti kesuksesan yang ingin Anda capai.

Itu akan membangkitkan semangat kita dalam membuat konten baru.

Kesimpulan

Nah itulah beberapa tips yang bisa saya bagikan di artikel ini. Mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk Anda, terutama youtuber pemula.

Menjadi seorang youtuber sukses bukanlah hal yang mudah karena ada banyak sekali hal yang harus dijalankan.

Orang seringkali melihat hanya kesuksesannya saja akan tetapi mereka tidak melihat proses yang dilakukan untuk mencapai kesuksesan tersebut.

Dan orang-orang pun terkadang melihat kesuksesan itu hanya dari materi, tetapi Anda harus memikiran bahwa kesuksesan itu bisa datang dengan berbagai macam bentuk.

Anda bisa menargetkan untuk mendapatkan jutaan view dan subsciber di channel youtube Anda, maka itu bisa Anda katakan sebagai kesuksesan.

Jadi, buatlah perencanaan yang baik dalam membuat konten, eksekusi dengan aksi yang konsisten maka yakinlah Anda bisa menjadi youtuber sukses dari nol subscriber.

Salam sukses.

(Visited 32 times, 1 visits today)
Gambar Gravatar
Hai.. Saya Dindin Hendra. Saya adalah seorang Suami, Ayah, Guru Bahasa Inggris dan juga Blogger. Semoga semua informasi yang saya tulis bisa bermanfaat untuk Anda. Selamat Membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.