Tutorial Cara Termudah Setting Custom Domain Blogspot
(Tutorial Setting Custom Domain Blogspot, Sumber foto: dindin.id doc)

Tutorial Cara Termudah Setting Custom Domain Blogspot

Diposting pada

Custom domain blogspot merupakan hal yang tidak asing lagi bagi seorang blogger profesional. Namun, bagi seorang blogger pemula ini mungkin merupakan hal baru yang belum pernah mereka lakukan.

Di artikel ini saya akan memberikan sebuah tutorial tentang bagaimana cara termudah melakukan setting custom domain blogspot.

Sebuah tutorial yang mungkin akan menjadi langkah awal kesuksesan Anda di dunia blogging.

Tutorial ini bisa dilakukan tidak hanya oleh seorang profesional blogger, akan tetapi juga bisa dilakukan oleh seorang blogger pemula.

Dan jika Anda seorang blogger pemula, maka saya sarankan untuk segera membeli domain dan mulai meng-custom alamat blog Anda dengan domain milik Anda sendiri.

Mulai berinvestasi dengan membeli domain sendiri untuk kesuksesan bisnis Anda di situs yang sangat saya rekomendasikan dengan pertimbangan harga yang masuk akal se-indonesia.

Anda bisa cek disini.

Baiklah, sebelum saya membahas langkah-langkahnya, saya akan membahas sekilas terlebih dahulu tentang apa itu custom domain dan apa pentingnya untuk blog kita.

Apa itu custom domain blogspot?

Custom domain blogspot adalah sebuah istilah untuk blog yang merubah alamat blog nya dari subdomain blogspot (bloganda.blogspot.com) menjadi domain (bloganda.com) yang kita beli sendiri.

Blogspot custom domain bisa dibilang cocok sekali bagi seorang pemula yang ingin mencoba berkarir di dunia blogging menggunakan nama domain sendiri dengan budget yang tidak terlalu mahal.

Seperti diketahui jika kita ingin membuat blog wordpress selfhosted kita harus memikirkan tidak hanya domain tetapi juga hosting atau rumah dimana blog kita dibangun yang harganya tidak murah.

Jadi blog dari blogspot dengan custom domain merupakan alternatif pilihan terbaik bagi pemula yang ingin terlihat lebih profesional.

Seperti saya dahulu mengenal dunia blogging dari blogspot dan memutuskan untuk merubah nya menggunakan domain sendiri.

Dan ada beberapa manfaat yang saya rasakan ketika merubah blog blogspot yang saya miliki dengan top level domain.

Apa saja manfaat custom domain blogspot?

Yang pertama adalah blog kita menjadi lebih mudah untuk diingat.

Bagaimana tidak. Blog yang tadinya bersubdomain blogsaya.blogspot.com yang cukup panjang berubah menjadi blogsaya.com yang lebih pendek.

Sehingga pengunjung blog kita akan lebih mengingatnya dengan baik.

Yang kedua, blog kita menjadi terlihat lebih profesional.

Dengan lebih profesionalnya blog kita maka kepercayaannya akan meningkat di mata pengunjung.

Alhasil, mereka akan menjadi pengunjung setia dan akan kembali lagi mengunjungi blog kita.

Lalu yang ketiga, dengan menggunakan top level domain (TLD), seperti domain ber-ekstensi .com, .net. dan .info, akan meningkatkan peringkat blog kita di SERP karena nilai SEO kita di mesin pencari menjadi lebih baik.

Hal ini dikuatkan pula oleh Google bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi SEO sebuah blog.

Dengan nilai SEO blog yang lebih baik maka tidak dipungkiri bahwa pengunjung akan terus meningkat setiap harinya karena banyak dari artikel yang kita tulis masuk ke halaman satu Google.

Sebenarnya masih banyak manfaat lainnya dari meng-custom domain blogspot kita.

Namun, dari ketiga manfaat itu saja kita sudah bisa membayangkan bahwa merubah alamat blog blogspot kita akan memberikan manfaat yang luar biasa terhadap blog itu sendiri.

Anda bisa membaca lebih jauh tentang manfaat atau alasan kenapa Anda harus menggunakan custom domain blogspot di artikel saya selanjutnya berikut ini.

Baca juga: Alasan Kenapa Anda Harus Menggunakan Custom Domain Blogspot.

Cara Termudah Setting Custom Domain Blogspot

Tutorial Cara Termudah Setting Custom Domain Blogspot
(Tutorial Setting Custom Domain Blogspot, Sumber foto: dindin.id doc)

Nah sekarang saatnya saya menjelaskan kepada Anda bagaimana caranya men-setting domain yang sudah kita beli ke blog blogspot kita.

Tidak harus terburu-buru membacanya dan Anda pun bisa membaca sambil mempraktikkannya.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan.

Step 1: Log in ke Akun Blogger Anda, pilih blog yang akan Anda ganti domainnya.

Step 2: Pilih menu Settings/Pengaturan lalu pilih Dasar/Basic.

Step 3: Pada submenu Publishing (Blog Address), klik “Set up a third-party URL for your blog”.

Klik Set up a third party URL for your blog
Klik Set up a third party URL for your blog

Step 4: Ketikan nama domain Anda pada kolom yang tersedia menggunakan www pada awal domain. Lalu klik simpan/save.

Step 5: Maka akan muncul CNAME yang harus disimpan di pengaturan domain Anda. Silahkan biarkan terlebih dahulu. Lanjut ke tahap selanjutnya.

CName Domain dari Blogspot
CName Domain

Step 6: Log in ke hosting/domain provider dimana Anda membeli domain.

Step 7: Di dashboard, pilihlah menu domain dan pilihlah domain yang akan Anda custom ke blogspot.

Step 8: Pilih menu manage domain atau gambar obeng di pengaturan nama domain Anda.

Manage Domain
Manage Domain

Step 9: Di dalam menu manage, ada beberapa menu.

Manage Domain Menu

Sekarang , terdapat dua cara untuk mengatur custom domain blogspot Anda, yang pertama adalah menggunakan menu Setting DNS dan yang kedua adalah menggunakan menu khusus yang telah disediakan oleh provder untuk men-setting custom domain blogspot secara langsung dan lebih mudah.

Sebagai pengetahuan saya akan memberitahu bagaimana cara melakukan kedua proses tersebut.

Berikut adalah untuk cara yang PERTAMA menggunakan menu Setting DNS.

Step 10: Untuk mengatur DNS, silahkan klik atau pilih menu Setting DNS Anda.

Step 11: Maka akan muncul beberapa kategori isian yaitu A Records, MX Records, TXT Records dan CNAME Records.

Setting DNS
Setting DNS

Step 12: Pilihlah A Records lalu masukkan beberapa A Records dibawah ini pada isian destionation atau target.

216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21

Step 13: Kemudian masukan CNAME yang ada di blogger Anda ke menu CNAME Records lalu isikan pada kolom isian nya. Dan selesai

CName Records
CName Records

Selanjutnya adalah dengan cara yang KEDUA menggunakan menu khusus Setting Blogspot yang telah disediakan.

Step 14: Klik menu Setting Blogspot dan masukan CNAME record pada isian yang telah ada lalu klik simpan dan selesai.

Setting Blogspot

Jika sudah selesai, maka tunggu waktu propagasi domain sekitar kurang lebih 5-10 menit lalu kembali lagi ke blogger lalu klik simpan jika berhasil maka pesan peringatan harus mengisikan CNAME record akan hilang. Setelah itu, lanjutkan pada proses selanjutnya.

Step 15: Ceklist pada kotak Redirect lalu klik simpan. Ini berfungsi untuk mengalihkan jika ada pengunjung yang mengunjungi domainanda.com diarahkan menjadi www.domainanda.com.

Ceklis Kotak Redirect
Ceklis Kotak Redirect

Step 16: Proses Custom Domain Blogspot pun berhasil dan selesai.

Custom Domain Berhasil
Custom Domain Blogspot Berhasil

Dan dengan selesainya semua langkah, maka selesai sudah tahapan yang harus Anda lakukan jika ingin merubah alamat subdomain blogspot menjadi domain sendiri.

Ada beberapa catatan yang harus Anda pikirkan sebelum Anda melakukannya.

Jika blog Anda masih baru, artinya blog baru dibuat kemudian Anda memutuskan untuk meng-custom alamat domainnya, maka Anda bisa melakukan tutorial ini dengan aman tanpa perlu ada langkah-langkah selanjutnya selain menuli artikel.

Namun, apabila blog Anda sudah berumur, memiliki banyak postingan artikel, maka Anda perlu melakukan beberapa langkah selanjutnya.

Karena blog berumur pasti memiliki artikel yang sudah terindeks mesin pencari maka jika pengunjung mengakses artikel tersebut, maka pengunjung akan dialihkan ke domain yang sudah Anda setting karena url artikel pasti akan berubah.

Untuk mempercepat perubahan tersebut di mesin pencari, maka Anda sebaiknya membuat properti baru di google webmaster dengan domain baru Anda, tanpa menghapus properti sebelumnya, kemudian mensubmit ulang peta situs.

Kemudian, Anda perlu mengecek kembali blog Anda seperti mengupdate atau merubah link yang ada di postingan, mengecek widget yang Anda pasang karena beberapa kasus ada widget yang tidak berjalan dengan baik setelah melakukan perubahan.

Semua hal-hal ini perlu Anda lakukan secepatnya agar pengunjung Anda tetap stabil karena efek dari perubahan subdomain ke domain ini tentu saja adalah penurunan jumlah pengunjung.

Saya sarankan Anda untuk melakukan update postingan sesegera setelah men-setting custom domain blogspot agar penurunan jumlah pengunjung tidak terlalu siginifikan.

Kesimpulan

Merubah alamat blog blogspot menggunakan top level domain akan memberikan berbagai macam manfaat kepada blog itu sendiri.

Bahkan blog custom domain blogspot bisa menjadi langkah awal kesuksesan Anda di dunia blogging.

Untuk melakukannya, ada dua langkah mudah yaitu mensetting DNS domain dan mensetting nya di menu khusus yang telah disediakan oleh penyedia domain.

Cara yang kedua merupakan cara termudah dan sederhana karena kita hanya perlu menambahkan CNAME record yang muncul di blogspost kita.

Akan tetapi, kedua cara tersebut bisa dilakukan oleh blogger profesional maupun blogger pemula.

Jika blog yang di setting masih baru, maka tidak ada hal-hal yang perlu Anda lakukan kembali.

Namun, jika blog Anda sudah berumur dan sudah banyak artikel yang terindeks Google maka akan harus membuat properti baru, mensubmit ulang peta situs dan mengecek blog serta mengedit setiap link yang ada.

Di samping itu meningkatkan intensifitas update artikel sesegera mungkin setelah Anda melakukan perubahan pada domain untuk meminimalisir penurunan pengunjung blog.

Jadi, blog dengan Top Level Domain akan meningkatkan kepercayaan serta keprofesionalitasan blog Anda di mata pengunjung.

Apalagi jika ditambah dengan penggunaan SSL atau https, maka green bar di alamat situs Anda bisa membuat pengunjung Anda semakin royal atau percaya kepada blog kita.

Dan jumlah pengunjung pun akan semakin meningkat.

Ingin tahu bagaimana cara menggunakan SSL di blogspot?

Anda bisa membaca artikel saya selanjutnya tentang bagaimana cara memasang SSL atau https gratis di blogspot.

Dan jika Anda berpikir untuk membeli domain, Anda bisa membelinya di situs yang saya rekomendasikan disini.

Harganya masuk akal dan yang terpenting adalah support tim nya yang luar biasa.

Nah itu saja untuk kali ini, saya ucapkan terima kasih banyak dan mudah-mudahan artikel tutorial ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Salam sukses dari dindin.id.

(Visited 30 times, 1 visits today)
Gambar Gravatar
Hai.. Saya Dindin Hendra. Saya adalah seorang Suami, Ayah, Guru Bahasa Inggris dan juga Blogger. Semoga semua informasi yang saya tulis bisa bermanfaat untuk Anda. Selamat Membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.