Tutorial Memasang SSL HTTPS Gratis dari Blogger di Blogspot Custom Domain
(Gambar Ilustrasi SSL yang sudah terpasang di Blogspot, Sumber Foto: dindin.id)

Tutorial Memasang SSL (HTTPS) Gratis Dari Blogger di Blogspot Custom Domain

Diposting pada

Memasang SSL (HTTPS) di blogspot dengan custom domain sekarang bukan lagi sekedar mimpi karena akhir tahun kemarin blogger secara resmi telah merilis sertifkat SSL (HTTPS) secara gratis untuk para pengguna blogspot.

Ini merupakan kabar gembira bagi Anda yang menggunakan platform blogger.

Sebelumnya, blogger hanya mendukung SSL untuk blog dengan sub-domain dan untuk custom domain, para blogger harus mencari cara lain untuk memasang SSL.

Biasanya para blogger menggunakan layanan cloudflare untuk memasang SSL (HTTPS) di blog custom domain mereka.

Akan tetapi, hasilnya terkadang tidak memuaskan bahkan bisa berdampak terhadap kecepatan loading blog itu sendiri yang tentu hal ini akan berpengaruh terhadap ranking blog di SERP.

Namun sekarang semua itu bisa teratasi karena blogger menawarkan solusi terbaik bagi mereka yang ingin menggunakan SSL pada blog custom domain.

Blogger akhirnya merilis penggunaan sertifikat SSL (HTTPS) yang bisa di gunakan secara gratis pada blog yang menggunakan custom domain.

Ini merupakan kesempatan luar biasa dan menunjukan bahwa blogger semakin berkembang serta siap bersaing dengan platform blog lainnya.

Nah bagaimana cara nya agar kita bisa menggunakan sertifikat SSL gratis ini?

Saya akan memaparkan tutorial lengkapnya tapi sebelum itu saya ingin membahas terlebih dahulu apa itu sertifikat SSL dan kenapa kita harus menggunakannya pada blog kita.

Dan Anda pun bisa membaca kembali artikel saya sebelumnya tentang tutorial cara termudah setting custom domain blogspot jika Anda belum melakukannya.

Apa itu Sertifikat SSL (HTTPS)?

SSL itu singkatan dari Secure Socket Layer dimana dia berfungsi sebagai pengamanan untuk para pengguna sebuah website.

Di dalam dunia blogging sekarang ini pemasangan ssl sangat disarankan bagi pemilik sebuah situs.

Terkadang kita melakukan sebuah transaksi online melalui sebuah situs, kitapun seringkali mengisi sebuah formulir dimana kita mengisi semua informasi pribadi kita dan mengirimkannya ke server web.

Oleh demikian kita memerlukan sebuah koneksi yang aman untuk mengamankan data yang kita miliki dan disinilah betapa pentingnya sebuah seritifikat SSL.

Dengan seritifikat SSL, sebuah hypertext transfer protocol secure (https) melakuan sebuah koneksi yang ter-enkripsi (merubah sebuah informasi/data menjadi kode kode tertentu).

Ini terjadi antara sebuah server web dan seorang pengguna website itu sendiri sehingga pihak ketiga tidak dapat mengakses informasi tersebut.

Dan kebanyakan sebuah situs memiliki sertifikat SSL yang unik atau berbeda dengan situs lainnya dimana hal ini membantu mengidentifikasi sebuah koneksi yang aman.

Jika Anda mengakses sebuah situs yang tidak menggunakan seritifikat SSL sehingga memiliki koneksi yang tidak aman, maka browser Anda akan memunculkan sebuah pesan peringatan.

Kenapa Kita Harus Menggunakan Seritifikat SSL?

Sebuah pertanyaan yang mungkin dipikirkan oleh setiap blogger kenapa kita harus berpindah menggunakan sebuah Sertifikat SSL pada blog yang kita bangun.

Jika Anda peduli terhadap optimasi atau SEO pada sebuah blog, maka Anda harus benar-benar mulai menggunakan SSL ini, karena sekarang Google memasukan SSL pada salah satu faktor peringkat untuk sebuah situs.

Sehingga Google akan meningkatkan peringkat sebuah situs yang menggunakan SSL dan alhasil situs tersebut akan memiliki pengunjung yang jauh lebih banyak daripada mereka yang tidak menggunakan SSL.

Disamping itu akan membantu situs kita bersaing dengan situs yang lainnya.

Namun perlu diingat beberapa hal sebelum kita memasang atau mengaktifkan SSL di blogger kita.

Pertama adalah pengunjung blog kita yang akan turun untuk beberapa hari sampai Google benar-benar mengindeks semua tautan atau URL https kita secara benar.

Jadi, sangat disarankan ketika Anda melakukan perubahan ini untuk memilih waktu yang tepat misalnya memilih waktu dimana tidak ada atau sedikit saja pengunjung yang sedang mengunjungi blog Anda.

Ini untuk menghindari penurunan lalu lintas atau trafik pengunjung yang sangat drastis.

Kedua, jika Anda memasang beberapa widget yang masih menggunakan non-SSL, maka widget tersebut tidak akan berjalan dengan baik sehingga Anda harus memasang ulang widget tersebut.

Ketiga adalah segera untuk mensubmit ulang blog kita di Google Webmaster, membuat properti baru dengan https tanpa menghapus properti sebelumnya dan kemudian mensubmit kembali peta situs nya.

Lakukan hal tersebut untuk mempercepat proses indeks Google.

Baiklah beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui kini sudah Anda ketahui dan kini saatnya kita benar-benar menggunakan SSL gratis dari Google.

Bagaiman cara menginstal atau mengaktifkan SSL gratis dari Google tersebut di blogger?

Simak penjelasan selanjutnya.

Bagaimana Mengaktifkan Sertifikat SSL Gratis dari Google untuk Blogspot Custom Domain?

Tutorial Memasang SSL HTTPS Gratis dari Blogger di Blogspot Custom Domain
(Gambar Ilustrasi SSL yang sudah terpasang di Blogspot, Sumber Foto: dindin.id)

Pada umumnya sebuah sertifikat SSL untuk sebuat situs dibandrol dengan harga antara $10 per tahun, seperti SSL yang digunakan oleh situs ini.

Tetapi sekarang Google sangat baik sekali memberikan sertifikat ini secara gratis untuk semua pengguna Blogger baik itu blog dengan custom domain ataupun subdomain.

Dan berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Step 1: Masuk ke Blogger.

Step 2: Kemudian, pilihlah blog Anda yang ingin diaktifkan https nya (Jika Anda memiliki blog lebih dari satu).

Step 3: Klik settings/pengaturan kemudian pilih Basic/Dasar dan pilih HTTPS Settings.

Pillih HTTPS Settings di Dashboard
(Pilih HTTPS Settings di Dashboard, Sumber Foto: dindin.id)

Step 4: Pada pilihan “HTTPS Availability/Ketersediaan HTTPS”, pilih Yes dan browser akan merefresh atau reload.

Ini memerlukan waktu untuk mengaktifkan HTTPS (SSL) di blog Anda. Jadi tunggulah beberapa saat dan biarkan pilihan pengalihan HTTPS siap untuk diaktifkan.

Klik Yes pada Https Availability
(Klik Yes pada Https Availability, Sumber Foto: dindin.id)

Step 5: Pengalihan HTTPS akan membantu Anda untuk mengalihkan pengunjung yang masih mengakses HTTP menuju pada koneksi HTTPS Anda yang baru. Jadi tunggulah sebentar untuk mengaktifkannya dan jika sudah tersedia maka aktifkanlah.

Klik Yes pada HTTPS Redirect
(Klik Yes pada Https Redirect, Sumber Foto: dindin.id)

Step 6: Selamat Sertifikat SSL Anda sudah aktif.

Sertifikat SSL Berhasil dipasang
(Sertifikat SSL Berhasil dipasang, Sumber Foto: dindin.id)

Dan sekarang blog Anda sudah memiliki sertifikat SSL yang unik dan SSL tersebut akan membantu meningkatkan peringkat Anda di SERP dan meningkatkan keamanan data pengunjung situs Anda.

Ayo segera nikmati dan manfaatkan layanan SSL gratis dari Google ini.

Kesimpulan

Sebuah website atau blog sekarang memerlukan Sertifikat SSL untuk meningkatkan keamanan data pengunjung dan meningkatkan peringkat blog atau situs tersebut di mesin pencari.

Jika umumnya sebuah sertifikat SSL harus dibeli seharga $10/tahun dan hanya bisa dipasang di platform blog selain Blogger, maka kini Google memberikan sebuah layanan yang luar biasa dengan memberikan seritifikat SSL gratis untuk semua pengguna Blogger.

Tidak memandang blog Anda masih menggunakan subdomain maupun custom domain, Google memberikannya secara gratis untuk digunakan.

Dan hanya dengan beberapa langkah mudah untuk mengaktifkan SSL, maka blog atau situs Anda akan langsung aman, trafik pengunjung akan meroket serta siap bersaing dengan blog lain di SERP.

Semoga tutorial pemasangan SSL gratis blogger ini bisa membantu Anda.

Sekarang saatnya giliran Anda mengutarakan pengalaman menggunakan SSL gratis Blogger di kolom komentar.

(Visited 69 times, 2 visits today)
Gambar Gravatar
Hai.. Saya Dindin Hendra. Saya adalah seorang Suami, Ayah, Guru Bahasa Inggris dan juga Blogger. Semoga semua informasi yang saya tulis bisa bermanfaat untuk Anda. Selamat Membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.