Nama-nama Hari dalam Bahasa Inggris
Nama-nama Hari dalam Bahasa Inggris

Nama-Nama Hari Dalam Bahasa Inggris

Diposting pada

Bahasa Inggris (Basic) – Kali ini saya akan membahas mengenai nama-nama hari dalam bahasa Inggris lengkap dengan gambar penjelasan dan cara membacanya. Ini merupakan materi dasar yang pastinya wajib harus Anda kuasai sebagai pembelajar bahasa Inggris.

Materi ini terlihat sederhana, tetapi jangan salah, terkadang kita mudah sekali melupakannya loh.

Lalu, Apakah Anda pernah keliru menyebutkan hari selasa dengan “Thursday” atau sebaliknya hari kamis dengan “Tuesday”?

Kalo pernah coba angkat tangannya deh hehe

Nah itu dia, terlihat sederhana tapi ada saja hal kecil yang bisa membuat Anda keliru.

Jangan khawatir!

Setelah membaca tulisan saya ini, Anda dijamin tidak akan bingung-bingung lagi karena saya akan membagikan beberapa tips ampuh untuk mengingat dan menguasai days of the week ini.

Tapi sebelumnya, cek dulu tabel nama hari dalam bahasa Inggris berikut arti dan cara pengucapannya (berdasarkan kamus Cambridge Advanced Learner’s Dictionary – Third Edition).

Nama-Nama HariArtiCara Pengucapan
SundayMinggu/ˈsʌn.deɪ/
MondaySenin/ˈmʌn.deɪ/
TuesdaySelasa/ˈtjuːz.deɪ/
WednesdayRabu/ˈwenz.deɪ/
ThursdayKamis/ˈθɜːz.deɪ/
FridayJum'at/ˈfraɪ.deɪ/
SaturdaySabtu/ˈsæt.ə.deɪ/

Tahukah Anda bahwa urutan nama-nama hari itu ada dua versi?

Di beberapa negara muslim, israel, kalender yahudi dan kalender kristen, hari pertama itu diawali oleh hari minggu. Hal ini karena hari libur berada pada hari jumat dan sabtu.

Sedangkan, berdasarkan International Organization for Standardization (ISO) 8601, hari pertama itu harusnya diawali oleh hari Senin yang mana libur jatuh pada hari sabtu dan minggu.

Jadi, urutan nama hari yang saya tulis di tabel atau mungkin yang selama ini kita pelajari adalah urutan nama hari berdasarkan beberapa kalender-kalender agama tadi.

Kini jika Anda menemukan urutan nama-nama hari yang berbeda di kalender, Anda tidak perlu bingung karena memang ada dua versi.

Mau menggunakan versi yang mana saja pun boleh-boleh saja.

Selanjutnya, ada beberapa istilah mengenai hari dalam bahasa Inggris yang harus Anda ketahui. Ada istilah Weekdays dan Weekends.

Nama-nama Hari dalam Bahasa Inggris
(Nama-nama Hari dalam Bahasa Inggris, Sumber Foto: dindin.id doc)

Apa itu Weekdays dan Weekends?

Weekdays adalah istilah untuk hari-hari kerja yaitu Monday, Tuesday, Wednesday, Thursday, dan Friday. Sedangkan, Weekends adalah istilah untuk hari-hari di akhir pekan seperti Saturday dan Sunday.

Tentu saja jika kita terapkan pada masing-masing negara pengertian kedua istilah tersebut bisa berbeda-beda.

Misalnya di negara-negara muslim, weekends itu adalah untuk hari jumat dan sabtu dan weekdays atau hari kerja di mulai dari hari minggu sampai kamis.

Agar Anda lebih memahami materi ini, saya akan membahas nama-nama hari dalam bahasa Inggris ini lebih dalam.

1. Sunday /ˈsʌn.deɪ/ (Minggu)

Sunday/Minggu adalah hari antara hari Saturday (Sabtu) dan Sunday (Senin). Di beberapa negara barat, hari minggu menjadi bagian dari weekend.

Bagi umat kristiani, hari Minggu merupakan harinya peribadatan atau sering disebut harinya Tuhan. Sedangkan di beberapa negara Muslim dan Israel, hari Minggu merupakan hari pertama kerja, begitupula pada kalender yahudi dan kristiani.

Akan tetapi berdasarkan International Organization for Standarization ISO 8610, hari Minggu di tetapkan sebagai hari ketujuh dalam satu minggu.

2. Monday /ˈmʌn.deɪ/ (Senin)

Monday/Senin merupakan hari diantara Sunday (Minggu) dan Tuesday (Selasa) dan cukup unik jika melihat asal mula kata Monday ini.

Kata “Monday” diambil dari Bahasa Inggris kuno yaitu “Monandæg” dan Bahasa Inggris Pertengahan yaitu “Monenday” yang aslinya di terjemahkan dari bahasa latin yaitu “dies lunae” artinya hari Bulan.

Jadi Monday itu mungkin diambil dari kata moon ya tadinya.

Nah berdasarkan ISO 8601 Standar Internasional, Monday (Senin) ini merupakan hari pertama di dalam satu minggu.

3. Tuesday /ˈtjuːz.deɪ/ (Selasa)

Tuesday/Selasa adalah hari di antara Monday (Senin) dan Wednesday (Rabu).

Berdasarkan Standar Internasiona ISO 8601, Tuesday merupakan hari kedua dalam satu minggu. Akan tetapi, berdasarkan kalender yang umumnya digunakan terutama di Negara Amerika Serikat, Tuesdya merupakan hari ketiga.

Jika dilihat dari asal muasal katanya, Tuesday berasal dari Bahasa Inggris Kuno yaitu Tiwesdæg dan Bahasa Inggris Pertengahan yaitu Tewesday yang berarti “Tiw’s Day” atau harinya Tiw / Tyr, seorang Dewa Perang, Hukum dan Keadilan dalam Mitology Norse.

Nama Tuesday itu sendiri merupakan terjemahan dari Bahasa Latin yaitu Dies Martis.

4. Wednesday /ˈwenz.deɪ/ (Rabu)

Wednesday/Rabu merupakan hari diantara Tuesday (Selasa) dan Thursday (Kamis).

Berdasarkan ISO 8601 Standar Internasional, Wednesday merupakan hari ke tiga dalam satu minggu. Sedangkan, di beberapa negara yang menggunakan “Sunday-first convention” dan kalender orang yahudi, Wednesday disebut sebagai hari ke empat.

Nama Wednesday itu sendiri berasal dari Bahasa Inggris Kuno “Wodnesdæg” dan Bahasa Inggris Pertengahan “Wednesdei”, sebuah refleksi dari agama sebelum kristen yang dipraktikkan oleh bangsa Anglo-Saxons.

5. Thursday /ˈθɜːz.deɪ/ (Kamis)

Thursday/Kamis adalah hari diantara Wednesday (Rabu) dan Friday (Jumat).

Berdasarkan Standar Internasional ISO 8601, Thursday merupakan hari ke-empat dalam satu minggu.

Nama Thursday itu sendiri diambil dari Bahasa Inggris Kuno yaitu Dunresdæg dan Bahasa Inggris Pertengahan Thuresday yang berarti “Thor’s Day/Hari Thor”, seorang Dewa Halilintar dalam Mithology Norse.

Yang suka dengan film Thor sekarang kalian tahu ternyata dalam mitologi Norse itu Hari Kamis merupakan Harinya Thor.

6. Friday /ˈfraɪ.deɪ/ (Jum’at)

Friday/Jumat adalah hari diantara Thursday (Kamis) dan Saturday (Sabtu).

Di beberapa negara yang menggunakan Hari Senin / Monday sebagai hari pertama, maka Friday ini merupakan hari ke lima. Sedangkan, negara-negara yang menggunakan hari Minggu / Sunday sebagai hari pertama maka Friday merupakan hari ke enam.

Ada yang unik, khususnya Negara Arab Saudi dan Maldives, Friday / Jum’at merupakan hari pertama dimana Saturday / Sabtu adalah hari keduanya. Kemudian di Afghanistan, Friday / Jumat merupakan hari libur terakhir dimana Saturday / Sabtu merupakan hari pertama untuk bekerja.

7. Saturday /ˈsæt.ə.deɪ/ (Sabtu)

Saturday / Sabtu adalah hari diantara Friday (Jum’at) dan Sunday (Minggu).

Saturday berasal dari Bahasa Inggris Kuno yaitu Sæterndæg. Sedangkan dalam kebudayaan Romawi, Saturday disebut sebagai Saturni Dies (Saturn Day) atau harinya Dewa Saturnus.

Akan tetapi jika kita melihat kitab Suci Injil, Sabtu merupakan Hari Sabbath bagi orang-orang Yahudi atau hari dimana orang-orang yahudi beristirahat dan berdoa.

Cara Pengucapan Nama-nama Hari dalam Bahasa Inggris

Setelah, Anda memahami asal muasal dari nama-nama hari yang digunakan, selanjutnya saya akan memberikan penjelasan bagaimana cara pengucapan nama-nama hari dalam Bahasa Inggris yang baik dan benar.

1. Sunday

Jika kita melihat kamus, maka simbol bunyi atau phonetic transcription untuk kata tersebut adalah /ˈsʌn.deɪ/.

Sunday memiliki stres atau penekanan pada bunyi Sun /ˈsʌn/ yang digambarkan dengan tanda petik (‘). Sehingga, Anda harus memberikan sedikit tekanan ketika mengucapkan Sunday.

Kata Sun /ˈsʌn/ diucapkan seperti pada kata Sandal dan /dei/ diucapkan seperti biasa saja d, e, i.

2. Monday

Phonetic transcription dalam kamus untuk Monday adalah /ˈmʌn.deɪ/.

Monday memiliki stres atau penekanan pada Mon /ˈmʌn/ sehingga untuk pengucapannya Anda harus lebih ditekankan pada bagian tersebut.

Dan Monday bisa diucapkan seperti pada kata Mandi.

Mungkin Monday lebih mirip dengan kata Mandi. Hanya saja ujung kata tersebut memiliki bunyi yang berbeda.

3. Tuesday

Tuesday memiliki phonetic transcription /ˈtjuːz.deɪ/, memiliki stres atau penekanan yang sama seperti kata sebelumnya yaitu pada bunyi Tues /ˈtjuːz/.

Tues /ˈtjuːz/ bisa diucapkan seperti pada kata becus.

4. Wednesday

Tulisan fonetik untuk kata Wednesday adalah /ˈwenz.deɪ/.

Memiliki stres pada awal kata dan perlu Anda ingat walaupun dalam kata Wednesday ada huruf ‘d’, tetapi dalam pengucapan huruf d ini tidak dibunyikan seperti pada kata Wendi.

Hanya ada penambahan huruf z sehingga menjadi /ˈwenz/.

5. Thursday

Untuk Thursday, tulisan fonetik nya adalah /ˈθɜːz.deɪ/ dimana Thursday masih sama memiliki stres atau penekanan pada suku kata pertama yaitu /ˈθɜːz/.

Untuk belajar mengucapkannya mungkin di Bahasa Indonesia tidak ada kata yang memiliki pengucapan yang sama. Namun disini bunyi /ɜː/ sama seperti kita mengucapkan huruf e pada kata ‘benar’.

Selain itu, huruf ‘r’ pada kata tersebut tidak benar-benar dibunyikan atau bisa dibilang samar-samar.

6. Friday

Friday memiliki phonetic transcription yaitu /ˈfraɪ.deɪ/.

Dari tulisan fonetik tersebut tekanan atau stres masih berada pada suku kata pertama /ˈfraɪ/.

Untuk pengucapan suku kata pertama ini sangatlah mudah, kita tinggal mengikuti tulisan fonetik yang ada yaitu /ˈfraɪ/.

7. Saturday

/ˈsæt.ə.deɪ/ adalah phonetic transcription untuk kata Saturday dimana memiliki stress atau penekanan pada suku kata pertama.

Untuk cara pengucapannya, huruf tersebut memiliki bunyi ‘æ’ seperti mengucapkan a tetapi dibarengi dengan bunyi e.

Dan bunyi ə dilafalkan seperti pada kata ide.

Nah itulah cara pengucapan nama-nama hari dalam Bahasa Inggris yang baik dan benar sesuai dengan phonetic transcription yang ada di kamus Cambridge Advanced Learner’s Dictionary.

Selanjutnya kita akan membahas tentang pertanyaan-pertanyaan yang umumnya ditanyakan seputar nama-nama hari dan bagaimana cara kita menjawabnya.

Pertanyaan Umum Seputar Nama-nama Hari dalam Bahasa Inggris

Nah saya yakin sebagai pembelajar bahasa Inggris, Anda pasti sudah mendengar beberapa pertanyaan seputar waktu atau nama-nama hari.

Misalnya menanyakan hari ini hari apa, bentuk pertanyaannya yaitu “What day is today? / What day is it?”.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut merupakan bentuk pertanyaan WH-Question. Namun kata tanya yang berkaitan dengan menanyakan waktu / nama hari, kita bisa menggunakan kata tanya What, When atau Which.

Seperti dalam beberapa contoh kalimat berikut ini.

  1. Q: What day is today?
    A: Today is Sunday.
  2. Q: What day is it?
    A: It is Monday.
  3. Q: Which day of the week are you free?
    A: I am free on Friday.
  4. Q: When do you usually visit your parents?
    A: I usually visit them on Sunday.
  5. Q: When will you go to Bandung?
    A: I will go to Bandung on Saturday.

Kalimat tersebut diatas hanyalah sebuah contoh sebagai gambaran bagi Anda beberapa pertanyaan seputar waktu atau lebih tepatnya nama-nama hari.

Pertanyaan bisa bervariasi tergantung konteks kalimat dan topik yang dibacarakan.

Preposition (Kata Depan) dan Nama-nama Hari

I am going to go to Jakarta in Sunday.’

Kalimat tersebut mungkin jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia tidak akan mengalami kendala atau masalah.

Akan tetapi penggunaan kata depan ‘in’ sebelum kata Sunday merupakan hal yang kurang tepat bahkan bisa dibilang fatal.

Oleh karena itu, penting bagi seorang pembelajar Bahasa Inggris untuk mengetahui sebuah makna kata depan / preposition yang digunakan pada nama-nama hari.

Selain itu, penggunaan kata depan yang tepat akan sangat membantu Anda dalam membuat kalimat yang baik dan bermakna.

Tidak semua kata depan bisa digunakan pada nama-nama hari. Tepatnya ada kata depan yang khusus digunakan untuk nama-nama hari seperti penggunaan kata depan ‘on’ pada kalimat sebelumnya merupakan hal yang tepat.

Lalu apa saja kata depan yang umumnya berkaitan dengan nama-nama hari?

Berikut ini adalah beberapa kata depan yang berkaitan dengan nama-nama hari.

1. On

On ini bisa dimaknai ‘pada’ dalam bahasa Indonesia. Dan biasanya suka terbalik penggunaannya dengan kata depan ‘in’. Padahal kata depan on lah yang tepat untuk digunakan.

Misalnya on Wednesday seperti dalam kalimat ‘He is going to pick me up on Wednesday.”.

2. By

Kata depan selanjutny adalah ‘by’ contohnya ‘by Tuesday’ dalam kalimat ‘You should finish your homework by Tuesday.’.

Dalam kaimat tersebut ‘by’ memiliki makna sebelum sehingga kalimat tersebut bisa diartikan ‘Kamu harus menyelsaikan pekerjaan rumahmu sebelum hari Selasa.’.

3. Until

Until Saturday merupakan contoh penggunaan kata depan pada nama hari. Contoh kalimatnya ‘I have to work from Monday until Saturday.’ atau ‘I have to work in Bali until Saturday.’.

Until pada kalimat tersebut memiliki makna sampai.

Dan jika diartikan menjadi ‘Saya harus bekerja dari Senin sampai Sabtu.’ dan ‘Saya harus bekerja di Bali sampai Sabtu.’.

4. Next

Next artinya nanti atau depan. Contoh penggunaannya misalnya next Friday.

Dan contoh dalam kalimatnya adalah My Father is going to visit me next Friday dimana makna kalimat tersebut ‘Ayah saya akan mengunjungi saya hari Jum’at depan.’.

5. This

Dan this berarti ini seperti pada this Monday.

Contoh kalimatnya ‘I am going to marry her this Monday’ (Saya akan menikahinya hari Senin ini).

6. Every

Untuk menyatakan kegiatan rutin atau rutinitas yang biasa Anda lakukan biasanya kita menggunakan kata depan ‘every’ seperti pada ‘every Sunday’.

I play Badminton every Sunday (Saya bermain Badminto setiap hari Minggu).

Jadi every disana bermakna setiap.

7. Last

Last bisa diartikan lalu atau sebelumnya. Misalnya last Thursday dalam kalimat “She called me last Thursday. (Dia meneleponku hari Kamis lalu.).

8. Morning

Morning umumnya selalu berkaitan dengan nama hari misalnya Sunday Morning. Bahkan grup Band Maroon 5 membuat lagu Sunday Morning yang asyik ditelinga.

Sunday morning berarti minggu pagi.

Contoh kalimatnya “Sunday morning is the greatest time for doing sport. (Minggu pagi merupakan waktu yang paling luar biasa untuk melakukan olahraga.).

9. Afternoon

Afternoon berarti sore, contohnya adalah Monday afternoon.

Untuk kalimatnya “I will finish my work on Monday afternoon.” (Saya akan menyelesaikan pekerjaan saya pada Minggu Siang.).

10. Evening

Evening bisa diartikan sore seperti Wednesday evening pada kalimat “She come to my house on Wednesday evening.” (Dia datang ke rumah ku pada hari rabu sore.).

11. Night

Dan night artinya malam seperti Saturday Night pada kalimat “We are going to watch a movie on Saturday night.” (Kami akan menonton sebuah film pada sabtu malam.).

Sebenarnya masih banyak lagi kata depan lainnya yang umumnya sering digunakan bersama dengan nama-nama hari.

Contoh Kalimat Menggunakan Nama-Nama Hari dalam Bahasa Inggris

Dengan mengetahui kata depan atau preposition apa saja yang biasanya digunakan bersama dengan nama-nama hari, Anda bisa membuat kalimat sederhana baik menggunakan Simple Present Tense maupun Simple Past Tense.

Berikut adalah beberapa contoh kalimat yang menggunakan nama-nama hari.

  1. I always pick up my sister on Monday morning. (Saya selalu menjemput saudara perempuan saya pada Senin pagi.)
  2. She takes Music class every Sunday. (Dia mengambil kelas Musik setiap Minggu.)
  3. My boss asks me to finish the job by Friday. (Atasan saya meminta saya untuk menyelesaikan pekerjaannya sebelum hari Jum’at.)
  4. Johny went to Jogjakarta last Thursday. (Johny pergi ke Jogjakarta hari Kamis lalu.)
  5. Do you go shopping this Sunday evening? (Apakah kamu pergi berbelanja hari Minggu sore ini?)
  6. My father will be out of town until Saturday. (Ayahku akan berada di luar kota sampai hari Sabtu.)
  7. Are you free on Saturday night? (Apa kamu memiliki waktu luang pada Sabtu malam?)
  8. You should not go to Bali on Tuesday. (Kamu tidak harus pergi ke Bali pada hari Selasa.)
  9. They play football every Sunday. (Mereka bermain sepakbola setiap Minggu.)
  10. She loves drinking coffee on Monday morning. (Dia suka meminum kopi pada Minggu pagi.)

Masih banyak contoh kalimat lainnya yang bisa kita buat. Jika kalian punya contoh kalimat lainnya, kalian bisa menulisnya di kolom komentar ya.

Tips Super Ampuh Mengingat Nama-nama Hari dalam Bahasa Inggris

Pernahkah Anda lupa bahasa Inggrisnya hari Minggu? Atau bahkan niat nya ingin mengucapkan hari minggu tapi ko yang disebut adalah Monday bukannya Sunday.

Pernahkah kalian mengalami hal tersebut?

Ini mungkin sedikit aneh tapi memang kejadian seperti itu bisa saja terjadi.

Itu pun yang pernah saya alami ketika pertama kali belajar Bahasa Inggris. Terkadang ketika ditanya hari apa sekarang, saya harus mengingat lagi bahkan menguurutkan terlebih dahulu nama-nama hari tersebut.

Tapi itu dulu, sekarang saya sudah punya kuncinya bagaimana mengingat nama-nama hari dalam bahasa Inggris tanpa lupa-lupa lagi.

Mau tahu bagaimana caranya?

Yuk kita bahas saja tips bagaimana supaya kita bisa mengingat nama-nama hari dalam Bahasa Inggris dengan baik.

Tips yang pertama adalah mengingat suku kata pertama saja pada setiap nama hari. Hal ini karena suku kata kedua itu semuanya sama yaitu ‘day’.

Jadi dengan demikian, Anda bisa mengingatnya lebih mudah Sun, Mon, Tues, Wednes, Thurs, Fri, Satur.

Tips yang kedua adalah untuk mengatasi jika Anda sering tertukar antara Tuesday dan Thursday.

Untuk mengingatnya, Anda cukup pahami bahwa Tuesday adalah hari sebelum Wednesday sehingga hari setelah itu adalah pasti Thursday.

Disamping itu, Tuesday memiliki pengucapan yang unik sehingga ingat-ingatlah Tuesday itu hari Selasa.

Tips yang ketiga adalah bagi Anda yang sering tertukar hari senin antara Sunday atau Monday.

Monday adalah hari senin dimana hari kita bekerja untuk mencari uang. Oleh karena itu kita bisa umpamakan Monday sebagai Money Day sehingga Anda bisa mengingatnya lebih mudah.

Tips yang ke empat adalah bagaimana cara untuk mengingat Wednesday itu hari rabu.

Gampang sekali.

Wednesday ini memiliki huruf yang banyak dan ingat pula bahwa Wednesday itu merupakan tengah-tengah minggu.

Tips yang ke lima adalah menggunakan lagu.

Ada banyak sekali lagu yang bisa kita gunakan sebagai media untuk mengingat nama-nama hari dalam bahasa Inggris.

Anda bisa memilih lagu mana yang enak dan cocok dengan selera musik Anda kemudian mulai lah menghafalkan liriknya.

Nah itulah kelima tips supe ampuh bagaimana mengingat nama-nama hari dalam Bahasa Inggris dengan baik.

Yang terpenting adalah ketika Anda memahami ini, praktikkanlah atau gunakanlah dalam kehidupan sehari-hari sehingga Anda tidak akan mudah lupa bahkan cenderung terbiasa.

Kesimpulan

Di artikel ini kita telah belajar mengenai nama-nama hari dalam bahasa Inggris mulai dari asal muasal nama-nama tersebut, cara pengucapannya, pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan nama hari, kata depan yang biasanya digunakan, contoh kalimat sampai bagaimana cara kita agar lebih mudah dalam mengingatnya.

Intinya jika Anda ingin menguasai materi dasar ini, yang perlu Anda lakukan adalah ketika Anda sudah paham dengan susunan nama hari beserta cara pengucapannya, praktikkanlah dan gunakanlah dalam kehidupan sehari-hari Anda.

Mudah-mudahan penjelasan saya ini tidak membosankan dan bisa menambah wawasan Anda mengenai Nama-nama Hari dalam Bahasa Inggris.

(Visited 19 times, 1 visits today)
Gambar Gravatar
Hai.. Saya Dindin Hendra. Saya adalah seorang Suami, Ayah, Guru Bahasa Inggris dan juga Blogger. Semoga semua informasi yang saya tulis bisa bermanfaat untuk Anda. Selamat Membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.