Ilustrasi Determiner atau Limiting Adjectives
(Ilustrasi Adjectives, Sumber Foto: adobestock.com)

Parts of Speech: Adjective – Kata Sifat Dalam Bahasa Inggris

Diposting pada

Di artikel kali ini saya akan membahas mengenai salah satu dari parts of speech bahasa Inggris lainnya yaitu Adjective atau Kata Sifat.

Adjective merupakan salah satu kelas kata atau parts of speech yang harus Anda pahami dalam belajar bahasa Inggris.

Jika Anda sudah memahami materi ini, maka Anda bisa dengan mudah memahami perubahan bentuk sebuah kata atau bahkan dalam memahami sebuah kalimat.

Apa saja saja yang akan saya bahas disini?

Saya akan membahas pengertian Adjective itu sendiri, kemudian dua jenis/kelompok adjectives, dan akhiran apa saja yang bisa membentuk adjective.

Baik tapi sebelumnya, jika Anda belum membaca materi saya sebelumnya mengenai salah satu parts of speech lainnya yaitu Noun/Kata Benda, maka sebaiknya Anda membacanya di postingan saya sebelumnya disini.

Langsung saja kita bahasa materi nya.

Pengertian Adjective

Ilustrasi Pengertian Adjective
(Ilustrasi Pengertian Adjective, Sumber Foto: adobestock.com)

Dalam adjective, sebuah kata kecil tertentu bisa membuat sebuah perbedaan besar terhadap noun dan pronoun.

Lalu apa itu adjective?

Pengertian Adjective
(Pengertian Adjectives, Sumber Foto: dindin.id doc)

Berdasarkan kamus Cambridge Advanced Learner’s Dictionary Third Edition, Adjective is a word that describes a noun or pronoun.

Itu artinya kata sifat adalah sebuah kata yang mendeskripsikan/menggambarkan sebuah kata benda atau kata ganti benda.

Jadi, Adjective itu memiliki fungsi untuk memodifikasi/merubah makna dari sebuah kata benda atau kata ganti benda.

Beberapa contoh yang kata sifat misalnya a, an, the, beautiful, small, young, round, red, American, dan wooden.

Dan perlu Anda ketahui bahwa ada dua kelompok kata sifat yaitu Descriptive Adjective dan Determiners atau Limiting Adjective.

Descriptive Adjectives

Dilihat berdasarkan namanya, kita bisa mengasumsikan bahwa Descriptive Adjective adalah kata sifat yang berfungsi menggambarkan kata benda/pronoun.

Yang dideskripsikan oleh kata sifat disini misalnya bentuk, ukuran atau pun warna dari kata benda tersebut.

Descriptive adjective disebut juga sebagai common adjective. Sebuah kata sifat umum yang biasa digunakan sehari-hari. Mereka mendeskripsikan kata benda secara umum.

Salah satu contoh kata sifat umum ini diantaranya kata soft, blue, sunny, small dan wet.

Secara umum, common adjective ini disimpan sebelum sebuah kata benda yang mereka gambarkan. Sebagai ilustrasinya adalah sebagai berikut.

Ilustrasi Descriptive Adjective

Selain itu, sebuah adjective bisa juga disimpan setelah linking verb to be (kata kerja penghubung to be) ketika kata sifat tersebut menggambarkan subject dalam sebuah kalimat.

Dalam hal ini, kata sifat tersebut bisa disebut sebagai sebuah predicate adjective.

Ilustrasi Descriptive Adjective 2

Di dalam contoh diatas, kata sifat large mendeskripsikan si subject hamburger. Kita bisa menyebutnya “large hamburger” ataupun “the hamburger is large”.

Selanjutnya, descriptive adjective bisa juga dibentuk dari sebuah proper noun. (Jika belum tahu proper noun, baca artikel saya sebelumnya).

Dan sebuah descriptive adjective yang dibentuk dari sebuah proper noun disebut sebagai proper adjective. Dalam penulisannya, kata sifat ini ditulis dengan awalan kapital/huruf besar.

Contohnya sebagai berikut

Ilustrasi Descriptive Adjective 3

Jadi, proper adjective bisa dibentuk dari nama seseorang, tempat, benda atau ide.

Determiners / Limiting Adjectives

Ilustrasi Determiner atau Limiting Adjectives
(Ilustrasi Adjectives, Sumber Foto: adobestock.com)

Kelompok kata sifat yang kedua disebut sebagai Determiners. Kalau kita lihat di dalam kamus, determiners ini adalah penentu/pembatas.

Ini artinya determiner memiliki fungsi membatasi/menentukan pilihan kita. Maksudnya, sebuah determiner membantu kita untuk mengidentifikasi kata benda tertentu daripada mendeskripsikannya.

Dan biasanya determiner ini disimpan sebelum kata benda yang dibatasinya.

Determiner pun memiliki beberapa jenis, yaitu

Articles

Kata sifat yang paling umum digunakan adalah a, an, dan the. Dan ketiga kata sifat tersebut disebut juga sebagai articles.

Articles menentukan apakah sebuah kata benda ditunjuk secara umum atau secara spesifik.

Ada dua jenis article berbeda yaitu indefinite articles dan definite articles.

Article yang termasuk indefinite articles adalah a dan an. Articles a dan an ini menunjuk pada salah satu dari kelompok umum kata benda.

An digunakan sebelum sebuah kata benda yang diawali dengan sebuah vowel dan a digunakan sebelum sebuah kata benda yang diawali dengan sebuah konsonan.

Sebagai contoh A boy dan An Umbrella.

Indefinite Articles

Jenis articles yang kedua adalah definite articles. Yang termasuk jenis articles ini adalah the.

The menyatakan bahwa sebuah kata benda baik itu tunggal maupun jamak menunjuk terhadap seseorang atau sesuatu secara khusus.

Contohnya adalah kata The Friends dimana kata tersebut menunjuk pada sekelompok orang tertentu (yang lebih spesifik).

Definite Articles

Possessive Adjectives

Determiner selanjutnya disebut sebagai possessive adjectives. Determiner ini didasarkan pada subject pronoun dan menunjukan kepemilikan atau keterkaitan/hubungan.

Bisa kita artikan bahwa possessive adjectives ini adalah kata sifat yang berfungsi menjelaskan kepemilikan.

Seperti yang kita ketahui bahwa I, You, He, She, It, We, You dan They disebut sebagai personal pronouns. Dalam istilah ini, kata ‘personal’ berhubungan dengan ‘persons/orang’.

Dan possessive adjectives berasal dari personal pronouns (kata ganti orang) ini yang menunjukan hubungan kepemilikan. (terkecuali kata ‘it’ karena biasanya it merujuk pada benda atau hewan)

Daftar possessive adjectives yang didasarkan pada personal pronoun bisa Anda lihat pada gambar dibawah ini.

Possessive Adjectives

Contoh penggunaannya pada kalimat ‘Anna is my sister’. Pada kalimat itu kata ‘my’ adalah possessive adjectives yang membatasi kata benda ‘sister’ yang menunjukan hubungan.

Demonstrative Adjectives

Determiner selanjutnya adalah yang disebut dengan demonstrative adjectives (kata tunjuk) dimana determiner jenis ini bisa menunjuk pada orang atau benda. Bahkan, mereka bisa menunjuk pada bentuk tunggal maupun jamak.

Yang termasuk ke dalam demonstrative adjectives adalah kata ‘this’ dan ‘that’ (tunggal); ‘these’ dan ‘those’ (jamak). Mereka adalah kata tunjuk yang menunjuk pada kata benda yang spesifik.

Contohnya bisa Anda lihat pada gambar dibawah ini.

Demonstrative Adjectives

Interrogative Adjectives

Interrogative adjectives digunakan untuk membentuk sebuah pertanyaan. Mereka menjelaskan kata benda yang mereka jelaskan.

Interrogative adjectives seperti which, what, dan whose yang ditulis bersamaan dengan noun/kata benda yang mereka jelaskan biasanya digunakan untuk membentuk pertanyaan.

Seperti contohnya

Interrogative Adjectives

Pada contoh kalimat pertama, kata ‘which’ membatasi kata benda ‘life vest’ sedangkan pada contoh kalimat kedua ‘whose’ membatasi kata benda ‘air mattress dan digunakan untuk menunjukan kepemilikan.

Indefinite Adjectives

Indefinite adjectives atau kata sifat tidak terbatas adalah sebuah kata sifat yang menunjuk orang atau hal-hal yang tidak spesifik.

Beberapa contoh dari indefinite adjectives ini adalah some, each, any, many, dan several.

Contohnya

Indefinite Adjectives

Pada kedua contoh diatas, kita tidak yakin tentang pastinya jumlah orang atau benda tersebut. Sebagai kata sifat, kata ‘some’ dan ‘several’ membatasi/memodifikasi kata benda ‘girls’ dan ‘lockers’.

Numerical Adjectives

Determiner selanjutnya adalah numerical adjectives. Numerical Adjectives adalah kata sifat yang menunjukan kuantitas dengan menyatakan jumlah orang atau benda tertentu.

Sebagai contoh Anda bisa lihat dibawah penjelasan dibawah ini.

Numerical Adjectives

Pada contoh diatas, one adalah numerical adjective yang menunjukan angka satu dimana digunakan oleh sebuah kata benda tunggal.

Dan pada contoh kedua, kata ‘two’ menunjukan angka dua dimana kata tersebut digunakan oleh kata benda jamak.

Determiner ini adalah determiner atau limiting adjective terakhir.

Suffixes dan Asal Kata Sifat

Selanjutnya kita akan membicarakan tentang sufiks atau akhiran pada sebuah kata sifat.

Banyak kata sifat yang bisa diidentifikasi dari akhiran-nya (suffixes) dimana biasa akhiran ini disisipkan pada sebuah akar kata untuk membentuk adjective.

Adjective ini aslinya berasal dari jenis kata lain seperti kata benda atau kata kerja.

Dengan kata lain, ada kata sifat yang memang aslinya berkelas kata sifat dan ada juga kata sifat yang dibentuk dari penambahan akhiran pada kata benda atau kata kerja tertentu.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat gambar berikut ini.

Suffixes dan Asal Kata Sifat

Kesimpulan

Kita telah membahas Adjectives atau kata sifat secara mendalam mulai dari pengertian, fungsi, beberapa jenis adjective bahkan sampai pada bagaimana kata sifat itu dibentuk dengan menambahkan suffixes atau akhiran.

Adjective bisa didefinisikan sebagai kata yang berfungsi memberikan sifat atau menggambarkan/menjelaskan bahkan membatasi kata benda (noun) ataupun kata ganti benda (pronoun).

Ada dua jenis umum kata sifat yang utama yaitu descriptive adjectives dan determiner / limiting adjectives.

Descriptive adjectives ini berfungsi untuk mendeskripsikan/menjelaskan kata benda yang dideskripsikannya. Misalnya ‘blue ball’.

Sedangkan determiner/limiting adjectives adalah kata sifat yang membatasi kata benda yang dibatasinya.

Determiner ini diklasifikasikan lagi menjadi beberapa bagian dari mulai articles, possessive adjectives, demonstrative adjectives, interrogative adjectives, indefinite adjectives dan numerical adjectives.

Dan yang terakhir, kita membahas bahwa kata sifat bisa dibentuk dengan melakukan penambahan akhiran dibelakang sebuah kata benda atau kata kerja.

Ada kata sifat yang memang kelas katanya kata sifat dan ada pula kata sifat yang berasal/dibentuk dari penambahan suffixes pada noun (kata benda) atau verb (kata kerja).

Itulah dia penjelasan saya mengenai salah satu parts of speech yaitu Adjectives atau kata sifat dalam bahasa Inggris.

(Visited 123 times, 1 visits today)
Gambar Gravatar
Hai.. Saya Dindin Hendra. Saya adalah seorang Suami, Ayah, Guru Bahasa Inggris dan juga Blogger. Semoga semua informasi yang saya tulis bisa bermanfaat untuk Anda. Selamat Membaca.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.